20 Tempat Wisata di Purbalingga yang Harus Kamu Kunjungi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, City Tour, Desa Wisata

20 Tempat Wisata di Purbalingga yang Harus Kamu Kunjungi

Desa Wisata Karangbanjar

Desa Wisata Karangbanjar - foto @tentang_fendy

Purbalingga merupakan salah satu daerah Kabupaten yang berada di  Provinsi Jawa tengah. Ada banyak tempat wisata di Purbalingga yang bisa kamu kunjungi saat kamu berada dikota Purbalingga. Meski beberapa diantaranya tak setenar dengan objek wisata di daerah lainya di Purbalingga namun menurut saya cukup menarik untuk dikunjungi.

Oh ya Purbalingga ini wilayah utaranya berbatasan dengan Kabupaten Pemalang. Di wilayah sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, Nah sisi sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga ya :

Desa Wisata Karangbanjar

Desa Wisata Karangbanjar – foto @tentang_fendy

Seperti yang kita tahu jika purbalingga merupakan sebuah daerah perbukitan yang banyak sekali menyimpan potensi wisata. Untuk itu saya mencoba merangkum beberapa tempat destinasi wisata yang keceh yang ada di Kabupaten Purbalingga.

1. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren adalah salah satu destinasi wisata di Purbalingga Jawa Tengah yang menawarkan pemandangan alam perbukitan dengan konsep wisata spot foto unik. Meskipun puncak Senderan bukan wisata baru di Purbalingga, namun salah satu spot fotonya yakni spot jembatan Puncak sendaran di sana selalu hits apalagi di instagram dan masih menjadi buruan para pengunjung.

Puncak Sendaren

Puncak Sendaren – foto @maudilask

2.Kutabawa Flower Garden

Kutabawa Flower Garden terletak di bawah kaki gunung Slamet, Kabupaten Purbalingga. Taman bunga ini menawarkan pemandangan alam khas dataran tinggi berupa wisata alam pegunungan yang sangat indah. Sekilas Kutabawa Flower Garden ini mirip seperti kawasan taman bunga di Lembang Bandung.

Kutabawa Flower Garden Purbalingga

Kutabawa Flower Garden Purbalingga – foto @wisnudrone

Tempat wisata di Purbalingga Kutabawa Flower Garden ini berada di Jalan gunung Slamet, Kelurahan Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah Indonesia dan kode posnya 53357.  Jika kalian tahu taman cinta Talagening, nah jarak dari taman cinta Purbalingga ke tempat wisata ini sekitar 17 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 35 menitan.

3. Jembatan Cinta Pring Wulung

Dari sekian banyak tempat wisata di purbalingga atau wisata spot foto kekinian di purbalingga, mungkin bisa dibilang Jembatan Cinta Pring Wulung ini adalah yang paling ngehits dikalangan wisatawan terutama anak muda. Jembatan Cinta Pring Wulung bahkan sudah sering sekali menjadi incaran wisatawan dari berbagai kota disekitarnya hingga dari Jakarta atau Bandung sekalipun.

Jembatan Cinta Pring Wulung purbalingga

Jembatan Cinta Pring Wulung purbalingga – foto @mussfirohh95

Untuk menuju kawasan wisata Jembatan Cinta Pring Wulung ini kita harus menuju Kabupaten Purbalingga atau tepatnya berada di Desa Panusupan RT 03 RW 04 Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Patokanya sih Desa Panusupan saja karena begitu kalian tiba didesa ini sudah banyak sekali papan petunjuk yang mengarahkan kita ke lokasi wisata Pring Wulung.

4. Bukit Mertelu Purbalingga

Destinasi wisata kekinian yang ada di Purbalingga lainnya selain puncak Senderan adalah wisata Bukit Mertelu. Tempat wisata ini merupakan destinasi baru di Purbalingga yang dibuka sekitar pertengahan tahun 2017 lalu. Bukit Mertelu mulai ngehits setlah banyak anak muda purbalingga yang datang ketempat ini dan memperlihatkan keindahan pemandangan alam disekita Bukit Mertelu.

wisata Bukit Mertelu Purbalingga

wisata Bukit Mertelu Purbalingga – foto ?

Lokasi Bukit Mertelu ini berada dikawasan Sangkanayu, Mrebet, Area Gnunung Sangkanayu, Mrebet Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Bukit Mertelu berada di ketinggian 913 Mdpl dan berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Purbalingga.

5. Rumah Kampung Kurcaci

Mungkin kalian sering melihat Kurcaci dan rumah atau perkampunganya hanya di televisi atau film-film luar sana. Atau jika ingin melihat bekas tempat syutingnya kita harus pergi ke New Zeland di Australia sana Jauh banget kan, nah tenang saja karna sekarang di Indonesia juga ada, namanya Kampung Kurcaci Purbalingga.

Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci – foto @inggunprensidana

Kampung Kurcaci Purbalingga menawarkan pemandangan alam hutan pinus & Hutan Damar dilahan seluas 3.5 hektar. Selain itu keunikan lainya adalah ada beberapa bentuk rumah mini, sama halnya rumah kurcaci sebagai spot foto pengunjung.

6. Puncak Sibarat

Kawasan Purbalingga yang merupakan perbukitan dan pegunungan tentunya memiliki keuntungan tersendiri terutama mengenai wisata alamnya. Sejak lama Purbalingga sudah dikenal sebagai salah satu kawasan wisata spot foto kekinian yang meyuguhkan spot foto unik dan berpadu dengan alam. Salah satunya adalah Puncak Sibarat.

tempat wisata di purbalingga Puncak Sibarat

Tempat wisata di purbalingga Puncak Sibarat – foto @wisatagunungwuled

Leave a Reply