Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, City Tour, Desa Wisata

20 Tempat Wisata di Purbalingga yang Harus Kamu Kunjungi

Desa Wisata Karangbanjar

Desa Wisata Karangbanjar - foto @tentang_fendy

Purbalingga merupakan salah satu daerah Kabupaten yang berada di  Provinsi Jawa tengah. Ada banyak tempat wisata di Purbalingga yang bisa kamu kunjungi saat kamu berada dikota Purbalingga. Meski beberapa diantaranya tak setenar dengan objek wisata di daerah lainya di Purbalingga namun menurut saya cukup menarik untuk dikunjungi.

Oh ya Purbalingga ini wilayah utaranya berbatasan dengan Kabupaten Pemalang. Di wilayah sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, Nah sisi sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga ya :

Desa Wisata Karangbanjar

Desa Wisata Karangbanjar – foto @tentang_fendy

Seperti yang kita tahu jika purbalingga merupakan sebuah daerah perbukitan yang banyak sekali menyimpan potensi wisata. Untuk itu saya mencoba merangkum beberapa tempat destinasi wisata yang keceh yang ada di Kabupaten Purbalingga.

1. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren adalah salah satu destinasi wisata di Purbalingga Jawa Tengah yang menawarkan pemandangan alam perbukitan dengan konsep wisata spot foto unik. Meskipun puncak Senderan bukan wisata baru di Purbalingga, namun salah satu spot fotonya yakni spot jembatan Puncak sendaran di sana selalu hits apalagi di instagram dan masih menjadi buruan para pengunjung.

Puncak Sendaren

Puncak Sendaren – foto @maudilask

2.Kutabawa Flower Garden

Kutabawa Flower Garden terletak di bawah kaki gunung Slamet, Kabupaten Purbalingga. Taman bunga ini menawarkan pemandangan alam khas dataran tinggi berupa wisata alam pegunungan yang sangat indah. Sekilas Kutabawa Flower Garden ini mirip seperti kawasan taman bunga di Lembang Bandung.

Kutabawa Flower Garden Purbalingga

Kutabawa Flower Garden Purbalingga – foto @wisnudrone

Tempat wisata di Purbalingga Kutabawa Flower Garden ini berada di Jalan gunung Slamet, Kelurahan Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah Indonesia dan kode posnya 53357.  Jika kalian tahu taman cinta Talagening, nah jarak dari taman cinta Purbalingga ke tempat wisata ini sekitar 17 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 35 menitan.

3. Jembatan Cinta Pring Wulung

Dari sekian banyak tempat wisata di purbalingga atau wisata spot foto kekinian di purbalingga, mungkin bisa dibilang Jembatan Cinta Pring Wulung ini adalah yang paling ngehits dikalangan wisatawan terutama anak muda. Jembatan Cinta Pring Wulung bahkan sudah sering sekali menjadi incaran wisatawan dari berbagai kota disekitarnya hingga dari Jakarta atau Bandung sekalipun.

Jembatan Cinta Pring Wulung purbalingga

Jembatan Cinta Pring Wulung purbalingga – foto @mussfirohh95

Untuk menuju kawasan wisata Jembatan Cinta Pring Wulung ini kita harus menuju Kabupaten Purbalingga atau tepatnya berada di Desa Panusupan RT 03 RW 04 Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Patokanya sih Desa Panusupan saja karena begitu kalian tiba didesa ini sudah banyak sekali papan petunjuk yang mengarahkan kita ke lokasi wisata Pring Wulung.

4. Bukit Mertelu Purbalingga

Destinasi wisata kekinian yang ada di Purbalingga lainnya selain puncak Senderan adalah wisata Bukit Mertelu. Tempat wisata ini merupakan destinasi baru di Purbalingga yang dibuka sekitar pertengahan tahun 2017 lalu. Bukit Mertelu mulai ngehits setlah banyak anak muda purbalingga yang datang ketempat ini dan memperlihatkan keindahan pemandangan alam disekita Bukit Mertelu.

wisata Bukit Mertelu Purbalingga

wisata Bukit Mertelu Purbalingga – foto ?

Lokasi Bukit Mertelu ini berada dikawasan Sangkanayu, Mrebet, Area Gnunung Sangkanayu, Mrebet Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Bukit Mertelu berada di ketinggian 913 Mdpl dan berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Purbalingga.

5. Rumah Kampung Kurcaci

Mungkin kalian sering melihat Kurcaci dan rumah atau perkampunganya hanya di televisi atau film-film luar sana. Atau jika ingin melihat bekas tempat syutingnya kita harus pergi ke New Zeland di Australia sana Jauh banget kan, nah tenang saja karna sekarang di Indonesia juga ada, namanya Kampung Kurcaci Purbalingga.

Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci – foto @inggunprensidana

Kampung Kurcaci Purbalingga menawarkan pemandangan alam hutan pinus & Hutan Damar dilahan seluas 3.5 hektar. Selain itu keunikan lainya adalah ada beberapa bentuk rumah mini, sama halnya rumah kurcaci sebagai spot foto pengunjung.

6. Puncak Sibarat

Kawasan Purbalingga yang merupakan perbukitan dan pegunungan tentunya memiliki keuntungan tersendiri terutama mengenai wisata alamnya. Sejak lama Purbalingga sudah dikenal sebagai salah satu kawasan wisata spot foto kekinian yang meyuguhkan spot foto unik dan berpadu dengan alam. Salah satunya adalah Puncak Sibarat.

tempat wisata di purbalingga Puncak Sibarat

Tempat wisata di purbalingga Puncak Sibarat – foto @wisatagunungwuled

Lokasi Puncak Sibarat ini berada di Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah. Puncak ini termasuk salah satu dataran tingggi yang cukup terjal jadi kalian harus extra hati-hati saat mengunjungi Puncak Sibarat.

7. Wisata Alam Gua Lawa

Salah satu destinasi yang menurutku amat sangat wajib kalian kunjungi di Purbalingga adalah Gua Lawa Purbalingga. Selain karena memiliki pemandangan yang indah di dalam goanya, baik itu ada stalagtit maupun ada stalagmit, Gua Lawa Purbalingga juga memiliki hal unik lainnya yang bisa dilakukan.

Gua Lawa

Gua Lawa – foto @elisabetmeilita

Pernah kebayang gak, kita bisa Ngopi didalam goa. Nah terdengar sedikit aneh kan karena goa kan identik dengan pengap, bau dan juga kotor. Nah itulah yang menjadi salah satu ciri khas Gua Lawa Purbalingga ini yakni ada sebuah cafe atau kedai kopi didalam goa yang bisa dinikmati semua pengunjung.

8. Puncak Batur Purbalingga

Berkunjung ke puncak batur memang tidaklah mudah, kita harus berjalan untuk mendaki bukit ini. Selama pendakian kamu akan mendapati 3 pos utama yang dijadikan tempat istrahat. Butuh sekitar 2 ½ jam untuk mencapai puncak. Namun, rasa lelahmu akan berkurang bila tiba di puncak.

Udara sejuk dengan hembusan angin turut menemani rasa lelahmu, juga hamparan hijau dengan awan putih di sekelilingnya seolah menyatu dengan alam. Kamu pun seolah tertarik memainkan kamera untuk menghasilkan foto dengan pemandangan cantik. Lokasi: Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

9. Purbasari Pancuran Mas

Objek wisata hits ini mengusung konsep edukasi dengan berbagai permainan yang menyenangkan, tidak heran jika di akhir pekan banyak dikunjungi wisatawan. Permainan seru dan suasana alam yang sejuk, menjadi daya tarik utama tempat ini. Beberapa objek andalan lokasi ini seperti kolam renang dan waterboom, taman bermain, wisata praon menggunakan perahu, kolam terapi ikan dan juga theater 3 dimensi.

Bukan hanya sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan, objek wisata ini juga menyajikan wahana pendidikan yang mengedukasi sesuai dengan konsep yang diusung. Wahana tersebut berupa dunia air dengan tiga akuarium unik yang terisi dengan berbagai macam jenis ikan. Yaitu Akuarium eksotik, Akuarium Nusantara dan Planet Akuarium Toyoshuka.

Selain itu juga terdapat Taman Unggas, taman buah naga dan juga tempat konservasi rusa yang menjadi daya tarik tambahan wisata ini. Konsep wisata ini juga ditunjang dengan berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap.

Mulai dari aula serba guna yang bisa dimanfaatkan untuk seminar, pernikahan, dan pertemuan, homestay dengan tarif yang terjangkau, tempat parkir yang luas, kios suovenir dan juga restoran dengan menu lezat yang akan memanjakan lidah para wisatawan. Lokasi: Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

10. Pemandian Situ Tirta Marta

Jika di Klaten ada Umbul Ponggok yang fenomenal dan di Magelang ada Kolam Sendang, maka di Purbalingga ada Pemandian Situ Tirta Marta yang tak kalah jernihnya. Objek wisata ini memiliki spot foto di bawah permukaan air yang tak kalah uniknya dengan kondisi air yang sangat jernih. Lokasi: Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

11. Desa Wisata Gunung Wuled

Desa Gunungwuled adalah desa tersembunyi dan tidak terlalu terekspos di media. Bahkan kalah populer dengan Desa Serang dan desa Panusupan. Selain jauh dari kota Purbalingga, Gunungwelud juga belum tercatat sebagai daerah tujuan wisata. Meski nyaris tidak pernah diperbincangkan. Tapi bukan berarti Gunungwelud tanpa potensi.

Bahkan belakangan foto gardu pandang puncak Sibarat dan lampion tengah sawah di sekitar lokasi mulai hits di instagram. Selain kedua wisata hits di atas, ada beberapa objek wisata lain yang bisa dijadikan alternatif liburan untuk sekedar hunting foto. Seperti curug Bawahan, curug Kalipete, Kali Panyatan, air panas kalianget, dan watu Geong.

12. Agrowisata Lembah Asri

Agrowisata lembah Asri memiliki kebun buah strawberry sebagai objek wisata unggulan. Tempat ini sangat rekomended untuk dikunjungi saat liburan. Selain suasana alam yang segar, di lokasi agrowisata ini kamu bisa memetik strawberry langsung dari pohonnya. Selain petik strawberry, juga terdapat area ATV, berkuda, permainan outbound, paint ball, trecking dan kids farm.

13. Lembah Asri Serang Purbalingga

Hawa sejuk dengan pemandangan yang cantik, tempat ini cocok juga kamu jadikan sebagai tempat huntung foto koeren di purbalingga. Lokasi: Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

14. Owabong

Owabong merupakan objek wisata hits dengan berbagai macam permainan menyenangkan, kamu bisa berikunjung ke sini sekitar jam 06.00 WIB – 18.00 WIB setiap harinya dengan tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu Rp 20.000 pada hari Senin – Jum’at dan Rp 25.000 di hari Minggu atau hari libur lainnya.

Dengan biaya tersebut kamu bebas menikmati berbagai wahana permainan air yang seru dan menyenangkan. Seperti waterboom, kolam renang olympic, lazy river, dan ember tumpah.

Untuk permainan seperti flying fox, theater 4 dimensi, anjungan wisata dirgantara, jet coaster, terapi ikan, gokart dan permainan lainnya dikenakan biaya tersendiri dengan nominal yang bervariasi. Fasilitas yang tersedia di Owabong cukup lengkap, mulai dari mushola, food court, kamar ganti dan kamar bilas, toilet, area parkir, tribune dan juga cottage bagi kamu yang ingin menginap. Lokasi: Jl. Raya Owabong, Bojongsari, Kabupaten Pubalingga, Jawa Tengah.

15. Puncak Igir Wringin

Lokasi: Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

16. Bendungan Slinga

Lokasi: Slinga, Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

17. Desa Wisata Karangbanjar

Desa Wisata Karangbanjar merupakan daerah pedesaan dengan budaya yang cukup kental dengan keramahtamahannya. Di desa ini, kamu bisa bersantai sambil memancing ikan di kolam pemancingan. Hasil tangkapanya pun bisa kamu masak di warung yang ada di sekitar lokasi.

Keberadaan kebun sayur dan buah di ladang warga semakin menambah keunikan menjelajahi desa karang banjar. Selain berfoto ria, kamu juga bisa berkemah di camping ground yang disediakan. Salah satu kerajinan penduduk yang begitu ikonik di desa ini adalah rambut palsu, sapu dari bunga glagah, dan kerajinan dari tempurung kelapa yang bervariasi.

Kamu bisa membeli hasil kerajinan tangan tersebut sebagai souvenir yang dibuat secara handmade oleh warga setempat. Selain itu, tersedia juga berbagai jajanan khas pedesaan bisa kamu nikmati, bahkan acapkali disuguhi atraksi kesenian Calung Banyumasan yang sangat menarik dan menghibur. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bareng keluarga. Lokasi: Bojongsari, Desa Wisata Karangbanjar, Purbalingga, Jawa Tengah.

18. Highland Serang

Lokasi: Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

19. Puncak Telkom Pratin

Obyek wisata dengan pemandangan bukit hijau dari ketinggian, bisa kamu dapati di Puncak Telkom Pratin. Ditambah, suasana sejuk cenderung dingin membuat gardu pandang ini bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk rehat sejenak melepas penat.

Nah, bila kamu ingin nongkrong di sore hari, coba datang kesini. Di sini kamu bisa menyambut matahari yang tersembunyi di barat, menikmati udara segar, lalu menghayati deru angin yang mulunturkan luka hatimu. Paling tidak kamu bisa menghasilkan foto instagenik dengan panorama landcsape yang cantik.

Suasana berbeda pun bisa kamu dapati saat berkunjung di malam hari, cocok bagi kamu yang ingin mencari suasan romantis. Lokasi: Kutabawa, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Leave a Reply