Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gua

Uniknya Gua Lawa Purbalingga, Bisa Ngopi didalam Goanya

Gua Lawa

Gua Lawa - foto @elisabetmeilita

Salah satu destinasi yang menurutku amat sangat wajib kalian kunjungi di Purbalingga adalah Gua Lawa Purbalingga. Selain karena memiliki pemandangan yang indah di dalam goanya, baik itu ada stalagtit maupun ada stalagmit, Gua Lawa Purbalingga juga memiliki hal unik lainnya yang bisa dilakukan.

Gua Lawa Purbalingga

Gua Lawa Purbalingga – foto @ghinoo_8893

Pernah kebayang gak, kita bisa Ngopi didalam goa. Nah terdengar sedikit aneh kan karena goa kan identik dengan pengap, bau dan juga kotor. Nah itulah yang menjadi salah satu ciri khas Gua Lawa Purbalingga ini yakni ada sebuah cafe atau kedai kopi didalam goa yang bisa dinikmati semua pengunjung.

Baca Juga ya :

ngopi didalam Gua Lawa Purbalingga

ngopi didalam Gua Lawa Purbalingga – foto @larasayuni_Biasanya Para pengunjung yang lelah sehabis mengelilingi gua, bisa beristirahat sambil menyeruput kopi di dalam gua ini tepatnya di Lava Coffee. Harga yang ditawarkan pun standar seperti kafe-kafe lainnya berkisar diatas 10.000an. Bahkan ada beberapa menu cemilan yang bisa menemani seruput kopi.

Gua Lawa

Gua Lawa – foto @elisabetmeilita

Soal kebersihan jangan khawatir karena pengelola sudah sangat baik merawat area goa. Bahkan pengunjung yang meminum kopi didalam gua inipun tak merasa mecium aroma kelalawar. Jadi kita bisa menikmati kopi kita sembari melihat pemandangan goa yang indah.

Baca Juga ya :

Lava Kopi di Gua Lawa Purbalingga

Lava Kopi di Gua Lawa Purbalingga – foto @merajut.kisah

Oh ya, Gua ini dinamaka Gua Lawa karena di dalamnya terdapat banyak hewan kelelawar. Gua Lawa (Golaga) merupakan gua vulkanik yang terbentuk dari lava pegunungan aktif yang meleleh dan mengalami pendinginan selama ribuan hingga jutaan tahun. Pada proses pendinginan inilah terbentuk stalgtit dan stalagmit yang indah.

Lokasi Gua Lawa Purbalingga & Rute ke Goa Lawa

Gua Lawa Purbalingga ini Berlokasi di Desa Siwarak, RT 1, Karangreja, Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Letak gua bukan berada di lereng gunung seperti pada umumnya melainkan berada di bukit.

lokasi Gua Lawa Purbalingga

Tanggal keluar Gua Lawa Purbalingga – foto @ajengdi.a

Gua Lawa Purbalingga ini memiliki panjang sekitar 1,5 km dengan ketinggian sekitar 900 Mdpl sehingga udaranya terasa sejuk. Di dalam gua juga terdapat 14 gua kecil seperti Gua Pancuran Slamet, Gua Sendang Slamet, Gua Dada Lawa, dan lain-lain.

Semakin ramainya Gua Lawa Purbalingga dikunjungi wisatawan, maka tempat ini dikunjungi tak hanya datang dari sekitaran Purbalingga saja namun sekitar kota-kota di Jawa tengah Lainnya. Bahkan wisatawan yang datang tak hanya berwisata saja tetapi menjadikan goa lawa sebagai salah satu lokasi foto prawed.

Gua Lawa Purbalingga Menjadi Lokasi Prawedding

Gua Lawa Purbalingga Menjadi Lokasi Prawedding – foto @ncphoto_nicecapture

Jika kita datang dari arah pusat kota Purbalingga, kita harus menempuh perjalanan sepanjang 27 kmhingga kita sampai di Jalan lintas Purbalingga-Pemalang. Tepat disebuah pertigaan ada sebuah papan petunjuk yang cukup besar mengarahkan ke lokasi goa. Ikuti arah petunjuk tersebut sejauh 3 km hingga bertemu gerbang masuk Gua Lawa Purbalingga

Harga Tiket Gua Lawa Purbalingga & Jam Bukanya

Selain karena memiliki sebuah kafe dan memiliki warung kopi, Gua Lawa Purbalingga juga dihiasi oleh lampu yang berwarna-warni sehingga membuat area goa terlihat indah dan tak lagi menyeramkan. Selain di dalam gua yang dihias lampu warna-warni, pintu masuk kedalam goapun juga dibuat seperti zaman kerajaan Majapahit dengan penataan pintu dari susunan bata.

Baca juga ya :

Harga Tiket Gua Lawa Purbalingga

Pintu Tangga masuk ke dalam Gua Lawa Purbalingga – foto @aliamursalinah94

Gua Lawa Purbalingga menawarkan pesona lainnya yakni adanya hamparan rumput dan pohon pinus yang ditujukan untuk pengunjung agar dapat bebas berfoto-foto. Jika temen-temen tertarik datang ke Gua Lawa Purbalingga maka biaya tiket masuknya adalah sebesar Rp 6.000 di hari Senin hingga Jumat dan Rp7.500 di hari pekan. Untuk jam buka atau jam operasional Gua Lawa Purbalingga akan buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga pukul 17.00 sore.

Leave a Reply