Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Danau, Pantai

Daftar Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah, Kunjungi 10 Tempat Keren ini

Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona - foto @setyawan_lilik

Kota Pati merupakan sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan julukan Pati Bumi Mina Tani. Kabupaten Pati berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan Grobogan Jawa Tengah. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah dan sebagian lainnya merupakan pegunungan kapur dan perbukitan.

Buat temen-temen yang akan liburan ke Pati atau saat ini sedang berada di pati dan bingung mau liburan kemana saat di Pati, tenang saja karena saya sudah merangkum 15 tempat wisata keren di Pati yang bisa kalian Kunjungi.

Tempat Wisata di Pati yang Harus di Kunjungi :

Beberapa tempat wisata di Pati yang lagi ngehits mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah Pati. Kabupaten Pati memang memiiki beberapa tempat wisata keren baik wisata alam, wisata sejarah, budaya, dan wisata religi.

1. Pantai Idola Banyutowo

Kabupaten Pati juga memiliki wisata Pantai loh, namanya adalah Pantai Idola Banyutowo. Selain memiliki pemandangan yang indah dan bisa bermain pasir ditepi pantai, melihat sunset hingga melihat perahu-perahu nelayan. Pantai Idola Banyutowo menawarkan keseruan lainnya seperti beberapa tempat spot selfie, ayunan, bebek air. Pantai Idola Banyutowo ini memang cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga di pati.

Baca juga ya :

Pantai Idola Banyutowo

Pantai Idola Banyutowo – foto @mohammadrozi80

Oh ya, diPantai Idola Banyutowo juga ada hutan mangrove yang bisa diexplore dan dijadikan sebagai wisata edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga laut dari abrasi. Bila kalian lapar ada banyak resto atau rumah makan apung dengan seafood yang cukup segar. Pantai Idola Banyutowo sendiri berada di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

2. Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona – foto @setyawan_lilik

Puncak Arga Pesona adalah sebuah tempat wisata alam yang berada di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tempat wisata Puncak Arga Pesona ini adalah puncak tertinggi Pegunungan Kendeng . Letak Puncak Arga Pesona berada di perbatasan antara Pati dan Grobogan. Dari atas gardu pandang kita bisa melihat pesona dan keindahan alam di Kabupaten Blora, Rembang, Pati, Grobogan, dan Kudus yang cukup terlihat dengan jelas dari Puncak Arga Pesona.

3. Agrowisata Jolong

Destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi saat di Pati adalah Agrowisata Jolong. Tepat wisata Agrowisata Jolong ini tergolong wisata yang cukup murah meriah di Pati tak heran bila dtempat ini banyak sekali wisatawan yang datag sambil membawa keluarga atau teman-temanya. Desa wisata Jolong atau Agrowisata Jolong berada di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Agrowisata Jolong Pati Jawa tengah

Agrowisata Jolong Pati Jawa tengah – foto @melindarizqia

Agrowisata Jolong memang cukup terkenal dengan hasil kebunya yang berlimpah dan bisa kita saksikan sendiri baik pengolahanya hingga proses memanenya. Salah satu hasil kebun Agrowisata Jolong yang paling banyak disukai wisatawan adalah Kopi. Tak hanya itu saja di Agrowisata Jolong ini ada kawasan aman bunga yang indah, wisata Air Terjun Grenjengan hingga rumah pohon. Ada juga fasilitas outbound, flying fox, terapi ikan, rumah balon yang menjadi incaran warga untuk spot foto keren.

4. Bukit Pandang Kayen

Bukit Pandang Kayen

Bukit Pandang Kayen – foto @herlinalin_27

Bukit Pandang Kayen adalah salah satu tempat Wisata Alam yang kini sedang ngehits di Pati Jawa Tengah. Bukit Pandang Kayen Pati Terletak di lereng Gunung Kendeng Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Beberapa spot keren yang ada di Bukit Pandang Kayen adalah gardu pandang, rumah pohon, dekorasi I love You, Kupu-kupu, burung dan spot foto lainnya yang sangat isntagramable.

5. Air Terjun Tadah Hujan

Selain wisata Bukit dan wisata Pantai, Kabupaten Pati juga punya wisata alam lainnya yakni Air Terjun Tadah Hujan. Meski namanya Tadah Hujan bukan berati airnya hanya mengandalkan air hujan saja ya guys tetapi airnya selalu ada kok bahkan saat kemarau. Hanya namanya saja sih yang nyentrik.

Air Terjun Tadah Hujan Sukolilo Pati

Air Terjun Tadah Hujan Sukolilo Pati – foto @mr_calm97

Pemandangan di Air Terjun Tadah Hujan tak perlu diragukan lagi, indah, sunti dan masih sangat sepi. Buat kalian yang mau datang ke tempat wisata Air Terjun Tadah Hujan, kalian harus menuju Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pemandangan alamnya dijamin keceh, apalagi saat liat air terjunya duh berasa pengen nyebur.

6. Air Terjun Lorodan Semar

Air terjun lainnya yang tak kalah kecehnya dibanding Air Terjun Tadah Hujan adalah Air Terjun Lorodan Semar. Sebuah tempat wisata alam yang menawarkan pamandangan hutan dan derasnya debit air terjun dimana airnya masih sangat segar. Biasanya saat libur sabtu dan minggu banyak anak muda Pati yang datang ke Air Terjun Lorodan Semar.

Air Terjun Lorodan Semar meski tidak terlalu tinggi namun debit airnya cukup deras. Apalagi keunikan pada Air Terjun Lorodan Semar yakni diapit oleh bukit kapur di kanan kirinya. Oh ya, lokasi Air Terjun Lorodan Semar berada di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

7. Waduk Seloromo

Waduk Seloromo adalah sebuah waduk atau bendungan yang Berada di kaki Gunung Muria atau tepatnya berada di Desa Gembong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Waduk Seloromo juga bisa dijadikan sebagai tempat liburan di Pati karena selain memiliki pemandangan alam indah dengan view gunung-gunung cantik disekitarnya juga suasana disekitar Waduk Seloromo sangat nyaman dan tenang.

8. Goa Pancur Pati

Air terjun sudah, wisata bukit sudah dan waduk juga sudah. Nah saatnya kamu harus mengunjungi salah satu wisata yang masih bisa dibilang jarang dikunjungi oleh wisatawan di pati yakni Goa Pancur Pati. Goa Pancur Pati terletak di desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Salah satu hal yang menarik dari Goa Pancur Pati ini adalah adanya sebuah air terjun yang berada langsung dimulut goa atau teapt didepan Goa Pancur Pati.

9. Hutan Pinus Pangonan Pati

Okeh, kita masih membahas tempat wisata yang ada di Kabupaten Pati Jawa tengah. Nah salah satu tempat keren dan kekinian yang kini mulai dijadikan sebagai spot praweding atau spot foto di pati adalah Hutan Pinus Pangonan. Selain karna Hutan Pinus Pangonan ini cukup asri dan sejuk juga sangat cocok menjadi tempat untuk menyepi atau menyendiri. Lokasi Hutan Pinus Pangonan ini berada Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Meskipun akses jalan menuju ke puncak Hutan Pinus Pangonan cukup terjal dan menantang namun akan sebanding dengan view alam yang kita dapatkan.

10. Waduk Gunung Rowo

Selain bisa mengunjungi Waduk Seloromo, kita juga bisa liburan ke waduk keceh lainnya di Pati yakni Waduk Gunung Rowo. Pemandangan di Waduk Gunung Rowo ini sangat indah apalagi perpaduan antara danau atau waduk dengan hutan yang lebat serta deretan pegunungan didepanya. Sangat cocok bagi para fotografer mengabadikan moment di Waduk Gunung Rowo. Waduk Gunung Rowo berada Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jangan lupa kamu yang datang ke Waduk Gunung Rowo bisa sekaligus menikmati wisata kuliner seperti ikan bakar yang langsdung diambil dari Waduk Gunung Rowo.

11. Kran Air Raksasa Pati

Liburan ke Pati tak lengkap rasanya bila kalian tidak berfoto atau mengabadikan momen di Kran air raksasa kota Pati. Kran Air Raksasa Pati ini terlihat unik karena seolah melayang di udara tanpa selang atau apapun. lokasi Kran Air Raksasa Pati ini tepat berada di tepi jalan Pantura yang menghubungkan kota Pati dengan Kudus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kran Air Raksasa Pati ini kini sudah menjadi Ikon baru Kota Pati yang banyak dimanfaatkan oleh warga sebagai spot foto kekinian yang cukup unik.

12. Bendungan Kletek

Meski wisata Bendungan Kletek ini masih tergolong baru karena baru diresmikan pada 2018 lalu namun pemandangan yang indah yang ada di sekitar Bendungan Kletek membuat banyak pengunjung atau warg apati penasaran. Bendungan Kletek berada di Desa Kletek, Kecamatan Puncakwangi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pengelola Bendungan Kletek kini sudah membangun banyak tempat foto unik dan menambah berbagai fasilitas umum demi kenyamanan para pengunjung.

13. Desa Wisata Jrahi & Vihara Saddhagiri Pati

Bagi kalian yang ingin melihat bentuk sebuah kerukunan dalam kehidupan nyata, coba kalian datang dan kunjungi Desa Wisata Jrahi Pati. Desa wisata ini sering disebut sebagai Desa Pancasila karena kerukunan umat beragama di tempat ini sangat dijunjung tinggi. Salah satunya adalah keberadaan Vihara Saddhagiri di desa ini yang merupakan vihara terbesar di Pati, padalah disekitarnya dihuni oleh mayoritas masyarakat yang beragama Muslim.

Kini Vihara Saddhagiri menjadi salah satu destinasi wisata di Pati yang banyak diziarahi atau dikunjungi wisatawan terutama yang ingin datang dan beribadah di Vihara Saddhagiri. Oh ya Desa Wisata Jrahi Pati berada di Desa Jrahi, Gunung Wungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

14. Bukit Pandang Duren Sawit

Bukit Pandang Duren Sawit berada di Jrambah, Durensawit, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Bukit Pandang Duren Sawit ini menyuguhkan panorama alam yang begitu indah dengan landscape perbukitan yang sangat cantik. Salah satu aktivitas yang bisa kalian lakukan di Bukit Pandang Duren Sawit ini adalah foto landscap atau berswafoto di spot-spot foto kekinian yang sudah dibangun oleh pengelola.

15. Sendang Sani Pati

Tempat wisata di pati lainnya yang bisa kalian kunjungi adalah Sendang Sani Pati. Tempat iwsata Sendang Sani Pati merupakan sebuah taman rekreasi keluarga terutama untuk tempat liburan bareng keluarga atau teman-teman. Di Sendang Sani Pati ada kolam renang, pemancingan, arena outbound, gazebo, hingga tempat makan. Lokasi Sendang Sani Pati berada di Dukuh Sani, Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Bagaimana guys, tertarik untuk datang dan mengunjungi semua Tempat wisata di Pati diatas ? Kuy jangan lupa selalu jaga barang bawaanmu dan jangan buang sampah sembarangan yah. Selamat berlibur

Leave a Reply