Tempat Wisata Boyolali, Kunjungi 15 Destinasi Keren ini - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Air Terjun, City Tour, Danau, Desa Wisata

Tempat Wisata Boyolali, Kunjungi 15 Destinasi Keren ini

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang - foto @fariddc7

Mendengar kata Boyolali kalian pasti teringat dengan kata-kata Tampang Boyolali yang sempat viral saat piplpress dulu. Okeh kita gak akan membahas soal itu namun akan mengulas sekilas tempat wisata Boyolali yang sangat idah dan menarik untuk dikunjungi. Kota Boyolali salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal karena menjadi salah satu kota penghasil susu sapi terbesar dan juga memiliki kualitas terbaik di Indonesia.

Banyak Tempat wisata Boyolali yang sudah terkenal terutama wisata gunung nya seperti Gunung Merapi maupun Gunung Merbabu. Namun ternyata wisata di Boyolali tak hanya sebatas pegunungannya maupun susu sapinya saja, sebab kota yang bertetangga dekat dengan kota Solo ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang mempesona, tak kalah dengan wisata-wisata di kota lain di sekitarnya. Yuk simak ulasan tentang Tempat wisata Boyolali yang wajib kalian kunjungi.

1. Air Terjun Kedung Kayang

Salah satu destinasi wisata alam di Boyolali yang sedang ngehits dan banyak menjadi buruan para pecinta foto adalah Air terjun Kedung Kayang. Air terjun ini memiliki pemandangan yang masih alami dan asri. Ditambah lagi lokasi air terjun ini berada di antara Gunung Merbabu dan Merapi yang menambah keindahan tersendiri terutama pada pemandanganya.

Baca Juga ya :

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang – foto @fariddc7

Air Terjun Kedung Kayang berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Kedua, air terjun Kedung Kayang ini juga ada di Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

2. Ekowisata Taman Air Tlatar

Satu lagi Tempat wisata Boyolali yang sekarang lagi ngehits karena memiliki keunikan dan keindahan tersendiri adalah Taman Air Tlatar. Taman Air ini merupakan Ekowisata yang menurut saya memberikan kenyamanan dan kesegaran bagi pengunjung.

Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar – foto @ikhsan_as73

Ekowisata Taman Air Tlatar ini berada di Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Banyak hal seru yang bisa kita lakukan di sini bersama keluarga atau orang tersayang. Mulai dari foto-foto cantik ditepi kolam, mandi dan berenang di kolamnya yang bersumber dari dua mata air alami, kita juga bisa bermain sepeda air dan berkeliling danau buatan.

3. Bukit Gancik

Bagi mereka yang sering naik gunung Merbabu via Selo pasti sering melihat atau tahu mengenai salah satu wisata kekinian yang ada di Boyolali satu ini. Namanya adalah Bukit Gancik Selo Boyolali. Sebuah tempat wisata di Boyolali yang menawarkan pemandangan alam khas pedesaan dan pegunungan dibalut dengan nuansa spot foto kekinian.

Bukit Gancik Selo di Boyolali

Bukit Gancik Selo di Boyolali – foto @rriiska

Bukit Gancik Selo Boyolali ini berada di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan. Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jika kalian Pernah dengar objek wisata umbul Ponggok Klaten, nah lokasi Bukit Gancik Selo Boyolali ini hanya berjarak 33 kilometer atau sekitar 1 jaman saja dari Umbul Ponggok.

4. New Selo

New Selo berada di kawasan hutan dengan lahan masyarakat yang berada di ketinggian. New Selo ini terkenal dengan lokasi yang dibuka sebagai pos pendakian Gunung Merbabu. Di sana kamu akan menjumpai Gardu Pandang, warung makan, dan pendopo yang bisa kamu pakai untuk bersantai.

5. Air Terjun Semuncar

Letaknya yang tersembunyi di balik terjalnya bukit-bukit dan lembah di lereng gunung Merbabu membuat tempat wisata di Boyolali ini belum begitu dikenal luas sehingga masih sangat terjaga kealamiannya. Meskipun demikian hal tersebut tak menyurutkan minat para traveler sejati untuk menjelajahi kecantikan air terjun Semuncar.

Memiliki tinggi 30 meter, air terjun Semuncar ini memiliki debit air yang tak terlalu besar sehingga cukup aman untuk dijelajahi maupun bermain lebih dekat. Untuk menjangkau lokasi air terjun ada dua pilihan rute yang bisa dipilih.

Pertama melalui jalur sebelah kiri sungai Cipendok dengan medan jalan yang sempit namun datar serta melewati kebun warga. Sedang rute kedua lewat jalur kanan sungai Cipendok dengan medan yang lebih terjal karena banyak terdapat bebatuan besar.

Meskipun demikian semuanya akan terbayar lunas sesampainya di lokasi yang masih sangat alami dengan pemandangan yang mengagumkan.

Informasi:

Nama: Air Terjun Semuncar
Alamat: Sawah, Candisari, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah
Harga tiket: Rp 3.000,-

6. Brown Canyon Boyoloali

Berlokasi di Desa Kragilan, Mojosongo, tempat wisata di Boyolali yang satu ini memiliki pesona yang unik dan lain dari biasanya. Tempat ini dulunya merupakan bekas penambangan yang tak lagi beroperasi.

Karena sudah tak lagi digunakan serta pemandangan bukit-bukit berwarna cokelat yang unik membuatnya kini jadi tempat hits dan kekinian buat hunting foto instagramable. Pas banget buat penghobi fotografi atau sekedar ingin eksis di media sosial.

Informasi:

Nama: Brown Canyon
Alamat: Kragilan, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah

7. Candi Sari

Objek wisata Candi Sari merupakan salah satu lokasi wisata di Boyolali yang memiliki nilai-nilai sejarah masa lalu. Candi Sari sendiri adalah sebuah candi yang terletak di atas bukit. Bukit tempat Candi Sari ini dipercaya warga sekitar sebabagi sumber mata air. Candi Sari juga terletak di beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan menjaga kelestarian bangunan ini.

8. Wisata Kampung Air Kragilan

Dulunya Umbul Tirto Marto Pengging ini merupakan tempat pemandian khusus untuk raja-raja Kasunanan Surakarta Hadingrat beserta anggota keluarganya. Kini tempat ini jadi salah satu tempat wisata di Boyolali yang cukup populer di masyarakat dan selalu ramai. Terutama ketika menjelang bulan ramadhan, sebab lokasi ini menjadi salah satu tempat “padusan”.

Tempat pemandian Pengging ini sendiri memiliki tiga tempat pemandian berbeda, yakni Umbul Temanten, Umbul Ngabean dan Umbul Duda. Tak hanya itu, tempat ini punn juga menyuguhkan kolam renang lain yang telah dilengkapi wahana permainan air yang menarik. Selain mandi dan menikmati kesegaran air di mata air alaminya Anda juga bisa menyalurkan hobi memancing, lho.

Leave a Reply