Bukit, Alam, Gunung

Menyingkap Wisata Romantis di Puncak Telkom Pratin

puncak telkom pratin

Gardu cantik di puncak telkom pratin by picuki.com

Wisata Romantis di Puncak Telkom Pratin. Purbalingga merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Diapit oleh deretan pegunungan yakni Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng serta dilintasi oleh aliran kali serayu dan kali pekacangan yang mana membuat daerah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata.

Gardu Pandang Puncak Telkom

Gardu Pandang Puncak Telkom by www.jalanjalanenak.com

Salah satu destinasi wisata favorit di Purbalingga ialah Puncak Telkom Pratin, Eits tapi bukan berarti obyek wisata ini milik salah satu perusahan telekomunikasi ya sobat. Sebutan ini diberikan karena di lokasi tersebut terdapat sebuah menara telekomunikasi, kendati demikian lokasi ini sebenarnya bernama Puncak Lompong.

Lokasi Puncak Telkom Pratin

Gardu-Pandang-Puncak-Telkom

Gardu-Pandang-Puncak-Telkom-@aam_riyanto

Obyek wisata yang berada di Gunung Lompong atau lebih tepatnya terletak di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah ini merupakan destinasi wisata yang baru ada beberapa tahun yang lalu. Berkonsentrasi pada wisata alam yang menawarkan keindahan alam dengan udara dingin serta dilengkapi perbukitan hijau, menjadikan lokasi ini sangat cocok digunakan untuk tempat bermeditasi atau sekadar mencari ketenangan.

Keistimewaan Puncak Telkom Pratin

Ketika menginjakkan kaki di Puncak Telkom Pratin mata kita secara otomatis akan terbius oleh keindahan dan kegagahan Gunung Slamet yang membentang di depan sekaligus menjadi point view di lokasi ini. Di ketinggian 1.322 mdpl ini pula para pengunjung akan melihat rumah-rumah penduduk sekitar yang berada di bawah seperti rumah-rumah kurcaci, sungguh menarik kan.

Gardu Cantik

puncak telkom pratin

Gardu cantik di puncak telkom pratin by picuki.com

Selain itu disini juga terdapat salah satu spot yang digadang-gadang akan menjadi magnet yang bisa menarik para pengunjung. Penasaran? Spot tersebut adalah sebuah gardu cantik yang diberi nama Gardu Pandang Puncak Telkom. Gardu yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat sekitar ini memudahkan para pengunjung untuk bisa menikmati pemandangan dari ketinggian serta menjadi spot foto selfie yang instagramable loh sobat.

Pemandangan Malam yang Eksotis

Pemandangan Malam

Pemandangan Malam Hari di Puncak Telkom Partin by picuki.com

Saat malam tiba obyek wisata Puncak telkom Pratin bukannya semakin sepi malah semakin dipadati para pengunjung. Hal ini dikarenakan pemandangan malam hari yang disuguhkan berkali-kali lipat lebih indah, ditambah sorot cahaya lampu dari rumah-rumah warga bagaikan kunang-kunang yang memenuhi seluruh kota. Sehingga tak heran bila banyak muda-mudi yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat ngedate atau sekadar menikmati quality time dengan pasangan.

Kebun Strawberry

Kebun Strawberry

Kebun Strawberry by mozatravelling.blogspot.com

Untuk bisa sampai ke lokasi obyek wisata Puncak Telkom Pratin ini kalian harus menuju rest area kebun strawberry yang berada di Desa Serang, setelah itu kalian harus naik ke atas kurang lebih sejauh 1 Km agar bisa sampai di lokasi. Namun perlu diingat, karena wisata ini masih baru dan infrastruktur yang ada masih sangat minim sehingga kendaraan yang bisa melintas hanyalah motor saja.

Fasilitas

Karena masih tergolong wisata yang baru, jadi fasilitas yang ada masih sangat minim. Namun jangan khawatir karena saat ini Pemerintah Kabupaten Purbalingga sedang berencana untuk mengembangkan wisata ini dengan membangun arena khusus paralayang, gantole, dan zipline coaster. Serta penambahan fasilitas lain berupa tanaman bunga, gazebo, toilet, rumah joglo, coffee shop, dan mini resto yang pastinya akan menambah kenyamanan para pengunjung.

Akan tetapi proses pembangunan yang diperkirakan akan dilaksanakan pada  tahun 2020 ini harus ditunda akibat adanya Covid 19 yang melumpuhkan perekonomian nasional serta membuat masyarakat di seluruh dunia harus dikarantina dan menerapkan social distancing. Semoga pandemi ini segera berlalu dan rencana pembangunan bisa segera direalisasikan agar proyek ini tak hanya sebatas wacana belaka ya sobat.

Tiket Masuk

Biaya masuk area wisata ini sangat murah lo sobat, karena hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 dan biaya parkir sebesar Rp.2000 para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam yang tak bisa ditemukan di tempat lain ini. Selain itu para pengunjung juga bebas mengambil foto dengan latar belakang Gunung Slamet yang dijamin instagramable banget.

Nah bagaimana sobat, tertarik untuk mengunjungi obyek wisata Puncak Telkom Pratin? Wisata alam yang mewah namun  sangat murah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda sekeluarga setelah masa pandemi ini.

Leave a Reply