Desa Wisata, Air Terjun, Alam, Bukit, Gunung

Desa Wisata Gunung Wuled; The Hidden Tourism in Indonesia

desa wisata gunung wuled

Jembatan Lampion by www.javatravel.net

Menyusuri Desa Wisata Gunung Wuled yang Tersembunyi. Tak terasa sudah hampir dua bulan lebih masyarakat Indonesia harus di karantina di rumah, bosan? Pasti. Ingin berlibur dan berwisata alam? Tak perlu dipertanyakan lagi. Lantas mau berlibur kemana usai pandemi? Apa? Masih belum ada referensi. Tenang, yuk kawan kita berlibur ke Gunung Wuled yang terletak di Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah.

Curug Panyatan

curug panyatan di desa wisata gunung wuled by www.banyumasekspres.id

Eits, Gunung Wuled merupakan nama salah satu desa yang ada di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga ya sobat dan bukannya nama sebuah gunung. Desa ini termasuk dalam desa wisata, namun masih sedikit orang yang mengetahuinya karena memang jarang terekspose  media dan letaknya yang jauh dari pusat kota. Walaupun belum dikenal, namun bukan berarti Desa Wisata Gunung Wuled ini nihil potensi. Penasaran kan dengan potensi yang ada ? Simak dengan baik ya!

Berikut adalah beberapa destinasi wisata di wilayah gunung wuled yang bisa Anda kunjungi apabila Anda berkunjung ke wilayah Purbalingga. Pastikan Anda mampir ke desa wisata Gunung Wuled ini biar Anda tidak menyesal dikemudian hari ya.

Puncak Sibarat

Puncak Sibarat

Puncak Sibarat by idntrip.com

Merupakan salah satu obyek wisata di Desa Wisata Gunung Wuled yang berada di ketinggian 620 mdpl. Menjadi obyek wisata yang paling diburu karena menyajikan pemandangan sunrise yang tak kalah indah dengan sunrise yang kita lihat di Gunung Bromo.

Selain itu di puncak Sibarat juga terdapat menara setinggi tujuh meter, rumah terbalik dan hutan Pinus serta pemandangan Gunung Sindoro Sumbing yang pastinya sangat cocok digunakan sebagai background foto Anda. So, di Puncak Sibarat inilah tempat paling cocok jika Anda ingin menikmati indahnya hutan Pinus dan mencari spot foto yang instagramable.

Dan jika anda ingin menghabiskan malam disini bersama keluarga atau teman, anda bisa memanfaatkan area camping ground untuk berkemah.

Curug Panyatan Berasap

Air Terjun Curug Panyatan

Air Terjun Curug Panyatan by mahananirizki.bogspot.com

Curug Panyatan memiliki tinggi kurang lebih 35 meter yang bersumber dari aliran sungai yang berada di bawah kaki gunung panyatan. Curug yang terletak di Dusun Bawahan ini terkenal karena kebersihan dan kejernihan airnya. 

Selain itu laju air di curug panyatan ini juga sangat deras, sehingga menghasilkan efek berasap yang sangat indah. Dan tak jarang para pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya pelangi yang membentang di sekitar curug.

Ditambah dengan pemandangan alam yang indah serta hawa sejuk yang disuguhkan membuat tempat ini wajib Anda dikunjungi apabila berkunjung ke Desa Wisata Gunung Wuled ini.

Bukit Watu Geong

Bukit Watu Geong

Bukit Watu Geong by wisatapurbalinggauhuy.blogspot.com

Bukit wisata ini terkenal karena keunikan namanya yang dilatar belakangi oleh keberadaan sebuah batu raksasa yang terlihat seperti menggantung di puncak Gunung Korakan. Selain itu keindahan alam serta pemandangan landscape Kota Purbalingga yang disajikan semakin menambah daya tarik objek wisata yang terletak di Desa Wisata Gunung Wuled Kecamatan Rembang, Purbalingga ini.

Untuk bisa sampai di bukit watu geong ini para pengunjung harus melewati jalan setapak yang penuh dengan semak belukar, sehingga diharapkan kepada para pengunjung untuk tetap hati-hati. Kendati demikian pengorbanan Anda akan terbayar lunas ketika nanti sampai di puncak loh sobat. Jadi tetap semangat ya! 

Oh ya sobat hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 para pengunjung sudah bisa melihat panorama alam yang sungguh luar biasa ini.

Jembatan Lampion Desa Bawahan

desa wisata gunung wuled

Jembatan Lampion by www.javatravel.net

Saat ini di instagram sedang booming foto diatas jembatan yang membentang di tengah hamparan persawahan dengan lampion-lampion cantik yang berwarna-warni. Tahukah sobat bahwa ternyata lokasi foto tersebut juga berada di Desa Wisata Gunung Wuled dan merupakan salah satu destinasi paling favorit disini. 

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 saja para pengunjung sudah bisa berfoto diatas jembatan lampion ini sepuasnya. Jadi bagi anda yang memiliki hobi berfoto-foto ria, lokasi wisata ini wajib masuk dalam wishlist liburan anda. 

Nah bagaimana sobat, tertarik untuk berkunjung ke Desa Wisata Gunung Wuled ini? Namun tunggu hingga pandemi ini berlalu ya, karena saat ini para warga desa gunung wuled sedang memberlakukan lockdown guna mengurangi persebaran virus Covid 19 ini. semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk menentukan lokasi liburan anda.

Leave a Reply