Daftar Wisata, Alam, Bukit, Desa Wisata, Gunung, Pantai, Pulau

6 Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama yang Phenomenal

tempat wisata di rasiei teluk wondama

Tempat wisata di rasiei teluk wondama by Instagram: genpi_papuabarat

Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama – Kota Rasiei merupakan ibu kota dari Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Teluk Wondama memiliki banyak potensi lokal seperti bahari, religi dan juga budaya. Keindahan alam yang dimiliki Teluk Wondama sangat luar biasa, namun masyarakat setempat tampaknya kurang optimal dalam perawatan dan publikasi menyebabkan keindahan alam ini tidak banyak dikenal. Padahal keindahan yang dimiliki Teluk Wondama menyamai keindahan Raja Ampat lhoo.

Yuk intip  6 tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama yang wajib kalian kunjungi saat datang ke kota ini.

1. Dusner, Kampung Tepi Pantai

Dusnieer

Dusner,Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama – Instagram: upalida_

Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama yang pertama adalah Dusner. Dusner merupakan tempat wisata berupa kampung di tepi pantai dengan air terjun. Dusner memiliki 3 air terjun yang bertingkat. Air terjun tersebut adalah Kwai, Itirisiami dan Itirindauni. Selain itu, Dusner juga mempunyai hutan yang sangat cocok untuk mengembangkan wisata.

Saat ini, Dusner telah ditetapkan sebagai kawasan agrowisata  dan pemerintah telah berupaya untuk terus melakukan pembangunan dan perbaikan fasilitas di Dusner.

Dusner memiliki keindahan topografi menyerupai kuali atau wajan dengan keindahan pantai pasir putihnya. Kampung ini juga masih dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC). Dusner terbilang mudah di jangkau menggunakan transportasi laut dari Wasior, sekitar 30 – 40 menit perjalanan perahu.

2. Pulau Rumberpon

Rumberpon Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama

Pulau Rumberpon Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama – foto Instagram: moelyadhiie

Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama yang kedua adalah Pulau Rumberpon yang terkenal akan keindahan pasirnya. Di dalam pulau ini kamu bisa melakukan pengamatan kepada burung, rusa, terumbu karang atau pun ikan hias. Pulau ini memiliki pasir putih yang saking indahnya masyarakat lokal biasa menyebutnya dengan “surga yang terapung”.

Kini Pulau Rumberpon sebagai salah satu tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama memiliki obyek sejarah setelah ditemukannya lukisan prasejarah di situs Ambesibui.

Pulau Rumberpon sendiri adalah pesona bahari yang luasnya sekitar 3 kilometer persegi dengan ditumbuhi padang rumput hijau dan hutan mangrove yang mengelilinginya.

3. Perairan Windesi

tempat wisata di rasiei teluk wondama

Windesi, Tempat wisata di rasiei teluk wondama by Instagram: genpi_papuabarat

Di pulau ini kamu bisa melakukan pengamatan pada ikan besar seperti hiu, paus dan lumba-lumba. Kamu juga bisa menyelam dan menyaksikan birunya dasar lautan di spot Sombokoro, Distrik Windesi, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat ini.

Jika kamu ingin berkunjung ke Perairan Windesi dengan menggunakan kapal, setidaknya ada 3 kali dalam seminggu kapal dari Manokwari yang menuju Dermaga Windesi.  Saking eksotis nya perairan ini, maka tidak salah bila ia dimasukkan dalam salah satu dari 6 tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama yang terbaik.

4. Pulau Roon, Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama

Pulau Roon, Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama

Pulau Roon, Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama – foto Instagram : fifinmaidarina

Pulau Roon sudah sangat terkenal sebagai bagian dari 6 tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama. Salah satu desanya memiliki budaya yang sangat kaya yakni Desa Yende. Di desa ini bahkan berdiri sebuah gereja tua yang masih menyimpan Alkitab terbitan tahun 1898.

Pada tahun 2019 kemarin, pemerintah telah berencana membangun Dermaga Apung di Pulau Roon untuk mendukung pengembangan pariwisata sekaligus mempermudah akses jalan bagi kapal yang masuk. Keindahan bawah laut Pulau Roon menjadikanya sebagai salah satu Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama yang harus kalian kunjungi.

5. Pulau Mioswar

Mioswar Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama

Pulau Mioswar, Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama- Foto by kompas.com

Kategori lain dari 6 Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama kali ini memiliki gua yang bersejarah. Perairan sekitarnya juga merupakan fenomena alam yang menarik. Di pinggir Pulau Mioswar terdapat gelembung-gelembung udara panas yang keluar dari bawah substrat lumpur yang ditumbuhi lamun.

Gelembung ini nampak biasa pagi penduduk lokal namun gelembung ini cukup unik dan menarik. Saat ini tengah dilakukan penelitian tentang kandungan gelembung dan manfaatnya.

6. Bukit Aitumeri

Bukit Aitumeri, Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama

Bukit Aitumeri, Tempat wisata di Rasiei Teluk Wondama – foto Instagram : bolangadventure

Bukit ini cocok untuk kamu yang ingin mendaki. Berada di puncaknya, kita bisa melihat pemandangan menakjubkan Teluk Wondama secara keseluruhan 360 derajat. Kawasan Aitumeri dulunya banyak melahirkan putra terbaik dan merupakan pusat pendidikan di Papua.

Saat berada di Bukit Aitumeri, kita seakan menyelami peradaban Papua berkaitan ekonomi, sejarah, religi maupun budaya. Untuk mencapai puncaknya setidaknya butuh 2 jam perjalanan. Akan terlihat hamparan laut yang biru dengan latar gumpalan awan. Di Bukit ini dulunya para pelajar belajar bersama berdudukkan batu, batu-batu ini sekarang disebut sebagai Batu Peradaban Papua.

Dengan keindahan yang menakjubkan dari  Tempat Wisata  di Rasiei Teluk Wondama patut dipamerkan pada dunia. Kini sudah saatnya lah kita menaruh perhatian lebih pada pusat wisata milik tanah sendiri, salah satunya di Provinsi Papua khususnya di Teluk Wondama. Dengan ini akan tercipta kemajuan yang baik dengan peningkatan di banyak sector yang berhubungan kepariwisataan.

Leave a Reply