Daftar Wisata, Gunung, Pantai, Tentang Kota

6 Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan

Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan

Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan

Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan – Indonesia belahan timur terutama di Papua sudah dikenal dengan banyaknya tempat wisata dengan keindahan alamnya yang eksotis. Banyak traveller lokal atau asing yang berkunjung ke Papua. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi berada di Provinsi Papua Barat tepatnya di  Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan.

Kabupaten Manokwari Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Manokwari, yang secara resmi dimekarkan pada 17 November 2012, bersamaan dengan pemekaran Kabupaten Pegunungan Arfak. Ransiki sendiri adalah salah satu distrik atau kecamatan sekaligus menjadi Ibukota Kabupaten Manokwari Selatan.

Sebagai ibukota kabupaten yang masih terhitung baru maka Ransiki terus berbenah dan mengembangkan kawasan-kawasan wisata potensial yang dimiliki di sekitar wilayah kota. Kota Ransiki memiliki banyak tempat wisata yang pastinya menarik bagi kalian yang berkesempatan berkunjung atau punya niatan berwisata ke  Kabupaten Manokwari Selatan.  Di bawah ini adalah 6 diantaranya.

6 Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan

1. Gunung Botak 

6 Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan 1

Pemandangan Gunung Botak Manokwari Selatan – Foto: kompasiana.com

Meskipun namanya adalah Gunung Botak tapi tempat ini tidak benar-benar botak atau gundul yaa. Kawasan ini disebut Gunung Botak karena bila dilihat dari jauh didominasi oleh warna coklat tanah. Walaupun begitu bila dilihat dari dekat banyak tumbuhan pendek berupa semak dan rerumputan yang menyelimuti kawasan ini.

Spot paling asyik di Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan ini adalah di ujung tebing yang mengarah ke laut. Perairan disini masih jernih. Kalian bisa melihat juga pemandangan nelayan yang mencari ikan disini karena perairan disini termasuk perairan tenang.

Kalian  bisa berfoto di Gunung Botak sambil memandang ke arah lautan lepas. Dijamin keren banget pastinya! Tapi hati-hati ya karena di tempat ini belum ada pagar pembatas jadi kalian harus memperhatikan langkah dan posisi kalian.

Baca Juga ya :

Rute menuju Gunung Botak kalau titik berangkat kalian dari kota Manokwari memakan waktu kurang lebih 2 – 3  jam perjalanan.  Sedangkan jarak dari kota Ransiki membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Di beberapa titik masih terdapat bagian jalan yang kurang baik, akan tetapi pembangunan dan pengaspalan masih terus berjalan sampai saat ini.

Kalau kalian ingin berkunjung ke Gunung Botak tidak ada tarif yang harus dibayarkan. Pengunjung bebas untuk menuju ke kawasan ini dan belum ada retribusi kawasan wisata yang harus dikeluarkan pengunjung.

2. Pantai Syari

6 Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan 2

Pantai Syari Kabupaten Manokwari Selatan – Foto:  wartawisata.id

Pantai ini baru secara resmi dijadikan tempat wisata oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan pada bulan April 2018 lalu. Jadi masih fresh banget nih! Di sini kalian dapat menikmati indahnya pantai dengan hutan mangrove yang menambah keindahannya. Pemandangan Gunung Botak yang indah juga dapat dilihat dengan jelas disini.

Karena Pantai Syari sudah jadi objek wisata resmi, maka infrastruktur untuk wisatawan berupa toilet dan pondok-pondok juga sudah tersedia disini. Akses jalan juga dapat dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Di Pantai Syari Kabupaten Manokwari Selatan juga terdapat tugu peringatan yang memperingati periode penginjilan pada tahun 1863-1967 dimana di tugu tersebut tercantum nama Pendeta Van Hasselt yang menyebarkan injil ke daerah ini.

3. Pantai Dosa 

Pantai Dosa, Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan

Pantai Dosa, Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan – Foto: indoholidaytourguide.com

Masih bertemakan pantai, selain Pantai Syari, di Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan ini juga terdapat Pantai Dosa. Letak pantai ini tepatnya di Sowi Kabupaten Manokwari Selatan. Jarak dari pantai ini ke kota Ransiki sekitar 2 jam perjalanan.

Pemandangan hamparan laut berwarna biru kehijauan bakal kalian temui disini. Karena seperti kebanyakan pantai di Manokwari Selatan, pantai ini juga memiliki hamparan mangrove sehingga membuat warna air laut bernuansa indah.

Harga tiket masuk ke pantai ini baik weekday atau weekend adalah Rp. 20.000. Pantai Dosa buka 24 jam sehingga kalian bebas mau kesini kapan saja.  Bila ingin masuk ke wisata mangrove membayar lagi Rp. 10.000 saja.

4. Taman Kota Ransiki

6 Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan 3

Taman Kota Ransiki – Foto: facebook.com/Taman-Kota-Ransiki

Kota Ransiki adalah kota yang masih terhitung baru. Sehingga pembangunan masih terus dilakukan sebagai fasilitas bagi penduduk dan pengunjung kota ini. Salah satunya adalah taman kota sebagai salah satu spot berkumpul dan kegiatan masyarakat.

Baca ini juga yuk!

Taman kota ini berlokasi di depan kantor Bupati Manokwari Selatan.  Taman Kota Ransiki difungsikan juga menjadi alun-alun untuk segala kegiatan masyarakat disini. Lokasi Taman Kota Ransiki juga dekat dari Gereja Solafide Ransiki tempat umat Kristiani beribadah.

Kalau kalian berkesempatan ke Ransiki sangat layak buat nyobain kesini.  Masuk ke taman ini bebas tanpa biaya siapapun boleh datang ke tempat ini.

5. Air Terjun Neney

6 Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan 4

Air Terjun Neney Jl. Merdeka Manokwari – Foto: Youtube.com

Salah satu keindahan alam yang terletak tidak jauh dari kota Ransiki adalah adanya titik-titik lokasi air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Neney. Air terjun ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan yang difavoritkan warga Setempat. Air terjun ini digadang-gadang akan menjadi tempat wisata favorit di kawasan Manokwari Selatan.

Air terjun ini bila dilihat dari bawah seperti air yang muncul dari sela bebatuan lalu meluncur ke bawah. Debit air tidak terlalu besar sehingga aman bagi kamu untuk bisa berfoto disini.

Untuk menuju kesini dari kota Ransiki menempuh jarak waktu sekitar 1 jam perjalanan. Air Terjun Neney ini  terletak di distrik Nenei, jadi kalian akan berpindah satu distrik/kecamatan untuk menuju kesini. Lokasi Air Terjun Neney sendiri terletak di pinggir jalan sehingga sangat mudah dijangkau. Lokasi Air Terjun Neney ini tepatnya berada di Jl. Merdeka Manokwari.

6. Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji

6 Tempat Wisata di Ransiki Manokwari Selatan 5

Danau Giji di Kawasan Pegunungan Arfak – Foto: inews.id

Untuk kalian yang memiliki jiwa petualang tinggi maka kalian harus mencoba ke lokasi Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Titik awal perjalanan menuju ke lokasi ini adalah berangkat dari Ransiki menuju kawasan pegunungan Arfak. Waktu tempuh membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan dari Ransiki.

Alkisah pada jaman dahulu kala ada sepasang pemburu laki-laki dan perempuan dikejar oleh ular keramat. Di tengah jalan mereka terpisah lalu tersambar petir dan meninggal. Di tempat mereka meninggal terbentuklah danau. Menurut kepercayaan masyarakat setempat Danau Anggi Gida dipercaya sebagai perwujudan perempuan dan Anggi Giji sebagai perwujudan laki-laki.

Untuk menuju ke kawasan ini membutuhkan stamina dan kendaraan yang kuat karena medannya yang menantang. Cocok sekali buat kalian yang senang berburu adrenalin! Untuk menikmati danau ini lokasi paling ideal adalah dari Bukit Kobrey. Dari titik ini hamparan danau akan terlihat jelas yang ditemani oleh pemandangan bukit pegunungan Arfak. Dari sini kalian juga bisa melihat beberapa perkampungan yang ada di bawah pegunungan.

Rute Menuju Ransiki Manokwari Selatan

Untuk menuju kota Ransiki dari Jakarta kalian dapat menggunakan penerbangan menuju  bandar udara Rendani di Manokwari.  Biaya penerbangan berkisar Rp. 4.500.000. Setelah sampai di Manokwari kalian bisa melanjutkan perjalanan darat menuju Ransiki dengan jarak tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan.

 

Leave a Reply