Danau, Air Terjun, Alam, Budaya, Daftar Wisata, Desa Wisata, Masjid, Museum

5 Tempat Wisata di Sengkang Wajo Sulawesi Selatan

Tempat Wisata di Sengkang Wajo Sulawesi Selatan

Tempat Wisata di Sengkang Wajo Sulawesi Selatan

Tempat Wisata di Sengkang Wajo – Sengkang atau yang juga merupakan ibukota dari Kabupaten Wajo adalah salah satu kota kecil di Provinsi Sulawesi Selatan. Meski wilayahnya yang tidak begitu luas, namun Sengkang Kabupaten Wajo memiliki potensi yang cukup besar di sektor pariwisata. Deretan wisata alam maupun budaya tersebar di beberapa titik di Kabupaten Wajo ini.Lalu wisata apa saja yang menarik di dearah ini ? yuk intip beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila berkunjung ke Sengkang Kabupaten Wajo :

1. Danau Tempe, Tempat Wisata di Sengkang Wajo yang paling hits

Danau Tempe, Tempat Wisata di Sengkang Wajo yang paling hits

Danau Tempe, Tempat Wisata di Sengkang Wajo yang paling hits – Nativeindonesia.com

Nama Danau Tempe mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, karena sudah sangat sering tempat ini diliput oleh media dan ditayangkan oleh acara-acara wisata di televisi.  Tempat Wisata di Sengkang Wajo ini menjadi andalan dan primadona bagi Kabupaten Wajo, Alasannya tentu saja karena keindahan yang dimiliki oleh danau ini.

Danau yang merupakan terbesar kedua di Sulawesi Selatan ini menawarkan pesona alam dengan barisan pegunungan dan juga hamparan air yang di beberapa sisinya ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan dan bunga air. Selain itu bangunan  rumah terapung yang berada di danau inipun menjadi keunikan tersendiri yang membuat Danau Tempe berbeda dari tempat lain.

Dari Danau Tempe pengunjung juga bisa melihat pemandangan burung berbagai jenis yang hinggap dan terbang bebas, karena danau ini berada di rute migrasi burung dari berbagai benua. Pengunjung juga bisa menyaksikan festival besar di Danau Tempe yang selalu digelar setiap tahunnya, yaitu Maccera Tappareng. Maccera Tappareng adalah sebuah acara adat yang agenda utamanya adalah menyucikan danau dan meminta perlindungan.

2.  Air Terjun Sumpang Puli

Air Terjun Sumpang Puli

Air Terjun Sumpang Puli : Wisataasia.com

Tempat Wisata di Sengkang Wajo selanjutnya adalah Air Terjun Sumpang Puli. Merupakan salah satu “Hidden Gems” di Kabupaten Wajo, Air Terjun Sumpang Puli menjadi rekomendasi wisata bagi pecinta wisata air dan petualangan. Letaknya yang berada di tengah Pegunungan Keera, membuat kondisi di Air Terjun Sumpang Puli ini masih begitu asri dan terjaga kealamiannya.

Airnya yang jernih dan menyegarkan tentu saja akan sangat cocok jika digunakan untuk berendam dan berenang. Selain itu didekat air terjun ini terdapat juga sumber mata air panas yang bisa juga dikunjungi.

Air Terjun Sumpang Puli ini terletak di kawasan Gunung Keera yang berada di Desa Awo, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo.

3. Perkampungan Sutera Pakanna

Perkampungan Sutera Pakanna : Tribunnews.com

Perkampungan Sutera Pakanna : Tribunnews.com

Sengkang dikenal sebagai “ Kota Sutera” karena merupakan penghasil kain sutera yang terkenal. Salah satu tempat yang menjadi pusat dalam produksi kain sutera adalah di Desa Pakanna.

Tempat Wisata di Sengkang Wajo ini hanya Berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Sengkang, di Desa Pakanna pengunjung dapat melihat proses pembuatan kain sutra mulai dari pemintalan, pewarnaan hingga penenunan. Pengunjung juga bisa melihat langsung tempat budidaya ulat sutera.

Baca juga ya :

Bisa dibilang Desa Pakanna ini adalah pusat produksi Sutera di Sengkang, maka tah heran jika hampir semua warganya berprofesi sebagai penenun dan penjual kain sutera. Proses pembuatannya pun masih menggunakan cara tradisional dan tidak menggunakan mesin.

Jika berkunjung ke Desa Pakanna jangan lupa untuk membeli kain sutera sebagai oleh-oleh ataupun kenang-kenangan. Yang menarik jika membeli di tempat ini adalah, pengunjung bisa memesan motif kain sesuai keinginan.

4. Museum Saoraja Malangga

Museum Saoraja Malangga : Nyero.id

Museum Saoraja Malangga : Nyero.id

Jika menyukai sejarah dan ingin menambah pengetahuan tentang peradaban kuno di Wajo, langsung saja berkunjung ke Museum Saoraja Malangga.  Tempat Wisata di Sengkang Wajo bersejarah yang paling sering dikunjungi wisatawan. Museum ini memiliki koleksi berupa benda-benda ataupun segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah dari Kabupaten Wajo.

Museum yang dibangun pada tahun 1933 dibawah kepemimpinan Agung Betteng Pola ke 27 ini berlokasi di pusat Kabupaten Wajo sehingga sangat strategis dan mudah untuk dijangkau.

Museum ini sebenarnya juga adalah rumah  dari raja di Wajo dan hingga kini masih dihuni oleh anak dari Haji Datu Makarakka yang merupakan Agung Bettengpola ke 27, seperti yang sudah disebutkan diatas.

5. Masjid Agung Ummul Qura

Masjid Agung Ummul Qura : Wisataasia.com

Masjid Agung Ummul Qura : Wisataasia.com

Rekomendasi Tempat Wisata di Sengkang Wajo yang harus didatangi adalah Masjid Agung Qumul Qura. Masjid ini menjadi ikon sekaligus kebanggan bagi Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan.

Dibangun pada tahun 1964, masjid Umuul Qura mempunyai arsitektur yang modern dengan struktur bangunan yang begitu kokoh. Maka tah heran banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke tempat ini karena ingin melihat langsung dan mengagumi desain bangunan Masjid Ummul Qura yang begitu mewah.

Masjid Agung Ummul Qura terletak di pusat kota Sengkang dan terletak di sebelah Lapangan merdeka Sengkang.

***

Itulah tadi informasi seputar pariwisata di Sengkang Kabupaten Wajo. Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh Kabupate Wajo, tak berlebihan jika menyebut bahwa Kabupaten yang berjuluk Kota Sutera ini adalah salah satu permata bagi Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya di sektor pariwisata.

 

Leave a Reply