Alam, Daftar Wisata, Gunung, Harga Tiket, Pantai

6 Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga Provinsi Papua

Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga

Wisata Taman Nasional Lorentz Nduga - sumber: IdnTimes.com

Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga – Kabupaten Nduga mempunyai luas wilayah sekitar 2.168 km2 dan terbagi dalam 36 desa di 8 distrik, termasuk Kenyam ini. Meskipun kawasan ini terisolir dan berada di zona merah, tetapi siapa sangka memiliki pesona wisata alam yang menakjubkan.

Kabupaten Nduga ini menyimpan banyak kekayaan alam yang masih asri dan belum terjamah oleh banyaknya pembangunan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk travelling ke berbagai tempat wisata di Provinsi Papua.

Daftar Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga,Papua

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Provinsi Papua yang wajib untuk dikunjungi.

1. Puncak Trikora

Puncak Trikora, Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga

Puncak Trikora, Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga – sumber: Beritasatu.com

Puncak Trikora merupakan Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga yang berupa kawasan pegunung di Papua Barat. Tinggi Gunung ini mencapai 4,751 meter. Di Puncak Trikora ini terdapat kawasan hutan antara lain hutan Montae dan Hutan Ericaceous.

Diberi nama Trikora karena merupakan singkatan dari Tri Komando Rakyat oleh Presiden Soekarno pada tahun 1961 silam. Jika kalian suka tantangan, wajib liburan ke tempat wisata ini karena trek pendakiannya yang sangat sulit. Selain itu Puncak Trikora tampak unik dengan daratan esnya.

2. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz, Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga

Taman Nasional Lorentz, Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga -sumber: Jejakpiknik.com

Taman Nasional Lorentz adalah cagar alam yang terletak di beberapa Kabupaten yaitu Jaya Wijaya, Paniai, Merauke dan Fak-Fak. Taman Nasional ini memiliki luas 2,4 juta Hektare dan pada tahun 1999 diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Daya tarik tempat wisata ini adalah panoramanya yang indah.

Kemudian, jika kalian travelling ke Taman Nasional ini bisa melihat sekitar 630 jenis burung dan 123 mamalia. Taman Nasional ini bahkan diklaim menjadi tempat wisata dengan ekosistem terlengkap di dunia.

Selain itu jika kalian jalan-jalan ke Taman Nasional Lorentz mungkin bisa bertemu dengan penduduk asli Papua yaitu Suku Sempan, Suku Nduga, dan Suku Asmat. Pesona dan keindahan Taman Nasional Lorentz menjadikanya sebagai salah satu tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga yang paling disukai wisatawan.

Baca juga ya :

3. Batas Batu, Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga

Batas Batu, Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga

Batas Batu, Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga – sumber: Brilio.net

Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga lainnya adalah Batas Batu. Kawasan puncak perbukitan bebatuan ini berada diantara Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Nduga. Kemudian, suhu di Batas Batu ini sangat dingin karena terletak di 3.225 meter di atas permukaan laut.

Apabila kalian suka jalan-jalan ke tempat wisata yang masih alami, wajib sekali datang ke Batas Batu. Pasalnya, wisata Batas Batu ini masih belum banyak diketahui oleh orang banyak.

4. Kampus Biru

6 Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga Provinsi Papua 2

Pantai Kampus Biru-sumber: Pariwisataku.com

Kampus Biru merupakan wisata pantai dengan hamparan air laut yang indah. Di pantai ini, kalian juga bisa melihat sumur air tawar di sekeliling laut tersebut. Lokasi objek wisata ini berada di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah. Jangan heran jika kalian liburan ke Pantai Kampus Biru akan betah dan tidak mau beranjak pulang.

5. Danau Habema

danau habema

Danau Habema

Danau Habema adalah salah satu Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga lainnya yang bisa kamu kunjungi. Sebenarnya Danau habema masuk kedalam wilayah Wamena namun lokasiya berbatasan dengan kabupaten Nduga.

Danau Habema memang bisa dikatakan sebagai danau di atas awan. Walapun lokasinya di Kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua, danau ini merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Untuk tiba didanau ini rutenya searah dengan menuju Taman Nasional Lorentz dan Batas Batu.

6. Pantai Ipaya

6 Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga Provinsi Papua 3

Wisata Pantai Ippaya-sumber: Pariwisataku.com

Pantai ini sebetulnya adalah gabungan dari tiga kampung yakni Ipiri, Paripi, dan Yaraya. Jika kalian liburan ke wisata Pantai Ipaya bisa menikmati pemandangan yang eksotis. Kemudian, suasana pantainya sendiri sangat sejuk dan asri sehingga cocok untuk rekomendasi jalan-jalan terbaik.

Daerah Ipaya juga merupakan kota pusat pariwisata pantai dengan kekayaan alam yang melimpah dan lokasinya yang mudah dijangkau.

Perjalanan menuju ke Wisata Pantai Ipaya sekitar 4 jam. Kemudian, jarak dari kota Timika menuju ke pelabuhan Pomako sekitar 43 KM dengan kendaraan darat dan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Lalu, dari Pelabuhan Pomako menuju ke kampung Ipaya harus menggunakan perahu selama dua jam dengan jarak tempuh kurang lebih 70 KM.

Sumber: suara.com, pariwisataku.com,diaryainun.wordpress.com, brilio.net

Leave a Reply