6 Kuliner dan Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota

6 Kuliner dan Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu

Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu

kue asida, Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu - daerahkita.com

Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu – Indragiri Hulu adalah salah satu kabupaten di Riau yang memiliki ibu kota bernama Rengat. Daerah ini memiliki banyak kuliner lezat seperti kuliner Dumai, tetapi makanan khas yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat adalah kue atau makanan ringan.

Makanan khas ini senantiasa disediakan ketika hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Semua kuliner dan makanan Rengat Indragiri Hulu dilestarikan oleh masyarakat setempat. Simak 6 kuliner dan makanan khas Rengat Indragiri Hulu berikut.

1.  Dodol Kedondong

dodol kedondong, Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu

dodol kedondong, Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu – foto putratravel.net

Dodol yang terbuat dari kedondong mungkin asing bagi sebagian besar orang. Ternyata makanan ini adalah satu makanan khas Indragiri Hulu, tepatnya di kota Rengat.

Kedondong menjadi buah khas kota Rengat sehingga Rengat dijuluki Kota Kedondong. Tak heran jika kedondong diolah menjadi dodol yang menjadi produk khas dan bisa dijadikan buah tangan.

Dodol ini memiliki aroma yang harum dan rasanya unik, yaitu tidak terlalu manis dan tidak terlalu asam. Padahal kalau dimakan secara langsung, kedondong lebih sering terasa asam.

Dodol ini sangat cocok untuk disantap ketika bersantai sendiri atau berkumpul dengan keluarga.

Dodol kendondong sangat cocok dijadikan Sebagai cemilan yang menjadi pelengkap minum kopi atau teh pasti sangat menyenangkan.

Harga dodol ini sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 saja per kotak. Dodol kedondong kini telah menjadi salah satu kuliner atau Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu yang wajib dicoba.

2.  Bolu Berendam

bolu berendam, Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu

bolu berendam, Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu – foto tribunpekanbaru

Riau terutama Indragiri Hulu identik dengan tanah melayu yang memiliki kuliner khas. Salah satu kuliner khas yang menjadi kebanggaan masyarakatnya, bahkan para raja pada masa silam adalah bolu berendam.

Bolu ini begitu unik karena rasanya yang enak dan bentuknya yang berbeda dengan bolu biasanya.

Disebut bolu berendam karena bolu berwarna kuning ini direbus terlebih dahulu, kemudian disajikan dalam keadaan basah.

Rasa manis dari bolu ini begitu digemari oleh semua kalangan. Aak-anak hingga orang-orang dewasa pasti ketagihan ketika pertama kali mencicipinya.

Membuat bolu berendam tidak boleh menggunakan tenaga listrik sehingga tidak boleh memakai mixer atau alat lainnya yang membutuhkan tenaga listrik.

Jika dibuat dengan mixer yang berdaya listrik maka bolunya tidak akan jadi dengan benar, walaupun memang bolunya mengembang.

Adonan bolu ini harus dikocok dengan telur memakai tangan dengan pelan. Jika dikocok terlalu cepat, rasa bolu tersebut menjadi aneh. Sangat unik ya?

Bahkan ada pantangan lainnya, orang yang membuat bolu berendam tidak boleh sedang datang bulan dan tidak boleh berkata kasar.

Banyak pantangan seperti itu sehingga bolu ini hanya bisa dibuat oleh orang-orang tertentu saja di Rengat. Orang-orang yang dimaksud adalah para orang tua dan keturunan raja Indragiri.

Bolu unik nan enak ini kerap disajikan ketika hari raya dan acara pernikahan adat melayu.

3.  Kue Bawang Khas Rengat

Makanan Khas Rengat Indragiri Hulu

Kue Bawang Khas Rengat – youtube.com

Ada satu kuliner yang sedang naik daun di Rengat, yaitu Kue Bawang. Kue gurih ini bentuknya seperti kerupuk yang cocok untuk dimakan bersama nasi dan lauk pauk.

Tak heran jika kue ini banyak disukai oleh masyarakat Rengat .

Leave a Reply