Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Waisai Kabupaten Raja Ampat

warkesi Tempat wisata di Waisai

Warkesi, Tempat wisata di Waisai - thegorbalsla.com

Tempat wisata di Waisai – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menawarkan banyak daerah wisata bahari yang sangat menakjubkan. Jika berbicara tentang wisata bahari, tentu nama Raja Ampat selalu hadir pertama di berbagai daftar yang ada di mana pun.

Kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat ini seakan memiliki magisnya tersendiri untuk dapat memikat banyak wisatawan yang rela untuk menghabiskan waktunya di Raja Ampat. Sebagai sebuah kabupaten, destinasi atau tempat wisata di Raja Ampat tersebar di berbagai macam daerah sekitarnya.

wayag raja ampat

Pesona kepulauan Wayag di Raja Ampat – foto campatour.com

Salah satu yang cukup dikenal oleh banyak orang adalah Waisai. Waisai merupakan Ibukota dari Raja Ampat yang berada di pulau Waigeo. Pulau tersebut merupakan salah satu dari empat pulau besar yang ada di kabupaten tersebut.

Sebagai sebuah Ibukota, Waisai memiliki peran penting untuk kebutuhan utama masyarakat Raja Ampat. Oleh karena itu, Waisai menjadi pusat dari sektor pariwasata yang ada di sana. Fasilitas pendukung seperti bank, sekolah, serta pasar juga lengkap tersedia di Waisai yang juga bergerak sebagai pusat pemerintahan untuk Kabupaten Raja Ampat.

Tempat wisata yang tersebar di Waisai, Kabupaten Raja Ampat

Menjadi pusat untuk sektor pariwisata Raja Ampat, berikut adalah enam rekomendasi tempat wisata yang perlu Anda kunjungi saat mampir ke provinsi Papua Barat.

1. Pantai Saleo, Tempat wisata di Waisai yang Indah

6 Tempat wisata di Waisai Kabupaten Raja Ampat 2

wawayasaruna.com

Salah satu pantai dari banyaknya yang tersebar di Raja Ampat adalahPantai Saleo yang berada di bagian timur kota Waisai. Pantai ini memiliki karakteristik pasir yang putih dan halus. Akan sangat nyaman untuk berjemur sembari berbaring di tempat wisata ini. Keunikan lainnya adalah pantai ini tidak dikelola oleh pihak swasta seperti yang ditemukan di kawasan lainnya.

Tempat wisata di Waisai ini bersifat umum dan dioperasikan oleh warga sekitar yang peduli terhadap keindahan alamnya. Pengelola pun telah menyediakan beragam fasilitas seperti penyewaan kapal dan aktivitas olahraga air. Di sini juga tersedia penginapan dengan harga yang cukup bersahabat.

Baca juga ya6 Pakaian Adat dari Papua yang harus kamu tahu

2. Pantai Waisai Torang Cinta (WTC)

Tempat wisata di Waisai

Pantai WTC- Tempat wisata di Waisai – rajaampatholiday.net

Daftar pantai lainnya yang bisa dikunjungi di Raja Ampat dan menjadi salah satu Tempat wisata di Waisai adalah Pantai Waisai Torang Cinta atau yang lebih dkenal dengan sebutan Pantai WTC. Secara umum, Pantai WTC merupakan tempat wisata yang sering dituju oleh traveler untuk menikmati indahnya lautan lepas serta bersantai.

Namun yang ada hal berbeda yang ditawarkan pada pantai ini. Anda akan disambut dengan segala macam fasilitas mewah nan elegan saat menginjakkan kaki di kawasan pantai ini.

Dekorasi tempat wisata ini juga terbilang sangat rapi dengan jalur paving yang membantu berjalan secara leluasa sebelum masuk ke arah bibir pantai. Pantai WTC juga sering menjadi venue event secara nasional, seperti pagelaran tari serta konser musik.

3. Pulau Saonek Monde

6 Tempat wisata di Waisai Kabupaten Raja Ampat 3

myedisi.com

Tidak jauh dari kota Waisai, terdapat sebuah pulau kecil tidak berpenghuni yang menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para traveler saat berkunjung ke Raja Ampat. Pulau tersebut bernama Pulau Saonek Monde. Pulau ini hanya memiliki luas sebesar satu hektare namun menawarkan pemandangan indah yang mungkin tidak dapat ditemui di mana pun.

Tempat ini pun terkenal sebagai spot untuk menikmati sunset terbaik di Raja Ampat. Bagi yang gemar snorkeling, Anda pun dapat melakukan aktivitas tersebut di sini. Anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari pelabuhan rakyat Waisai untuk mencapai pulau ini menggunakan speedboat.

4. Hutan Warkesi

6 Tempat wisata di Waisai Kabupaten Raja Ampat 4

thegorbalsla.com

Selain wisata bahari, Waisai juga menawarkan tempat wisata bagi Anda yang meninginkan tempat yang teduh sembari mengaggumi kekayaan flora dan fauna di Raja Ampat. Tempat tersebut bernama Hutan Warkesi. Pesona burung cendrawasihnya membuat tempat ini menjadi salah satu Tempat wisata di Waisai yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Salah satu burung yang bisa Anda temukan di sini tentu lah burung Cendrawasih. Jenis burung khas Papua yang memiliki bulu indah yang menjuntai ini menjadi salah satu atraksi yang paling digemari oleh para pelancong. Apalagi dengan berada di dalam hutan, tentu akan menghadirkan pengalaman yang tidak terlupakan.

5. Bigkanu

6 Tempat wisata di Waisai Kabupaten Raja Ampat 5

thebalibible.com

Bigkanu memang bukan nama sebuah tempat wisata di Waisai melainkan sebuah nama penyedia jasa kapal. Namun yang menarik dari hal tersebut adalah, Anda sebagai wisatawan bisa berlayar menggunakan kapal yang tersedia selama 7 hari. Kapal ini memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang dan mampu menampung hingga 12 orang yang menginap. Tentunya di luar kapten dan awak kabin kapal.

Setiap harinya Anda akan dapat melakukan snorkeling, mengunjungi pulau atau desa yang ada di sekitar perairan Raja Ampat serta menikmati makan malam ditemani bintang dengan suasana yang temaram.

6. Desa Arborek

Tempat wisata di Waisai

Arborek, Tempat wisata di Waisai – travel.kompas.com

Kota Waisai di Raja Ampat juga memiliki desa wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke sana. Untuk datang ke desa ini, Anda perlu menyebrang dari pelabuhan Waisai menggunakan kapal selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Di sini Anda akan dapat menikmati beragam budaya yang berselaras dengan kehidupan masyarakatnya. Para penghuni desa ini akan dengan senang hati mempraktikan tari tradisional, anyaman, hingga cara pembuatan kuliner khas Desa Arborek kepada Anda.

7. Kali Biru Warsambin

Objek wisata Kali Biru adalah Tempat wisata di Waisai yang terbaru dan paling ngehits saat ini. Kali Biru sendiri berada di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Manyalibi, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Waisai Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat.

Klai biru Tempat Wisata di Waisai

Klai biru Tempat Wisata di Waisai

Tempat wisata di Waisai Kali Biru ini mulai terkenal dan menjadi destinasi wisata sejak 2017 lalu. Pamornya semakin meroket setelah banyak selebgram yang mulai mengabadikan momen liburanya di sungai cantik ini.

Seperti namanya, Kali Biru adalah sebuah sungai kecil yang mengalir ditengah lebatnya hutan Waisai. Jika dilihat dari tepi sungai, Kali ini memilki air bewarna biru kadang Hoijau atau Tosca sesuai dengan kobdisi cuaca dan cahaya matahari. Mungkin itulah mengapa sungai ini dinamakan Kali Biru.

Buat temen-temen yang ingin datang ke wisata Kali Biru maka kalian harus menyewa mobil pickup atau avanza dari kota Waisai menuju desa Warsambin. Saya bersama rombongan Teman-teman saya menyewa Pickup dengan muatan 10-12 orang dengan harga RP 600-700 pulang pergi.

Cara berkunjung ke Waisai, Kabupaten Raja Ampat

Jika datang dari luar Papua, untuk mengunjungi kota Waisai Anda perlu transit dulu di Sorong. Selanjutnya Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 4 jam menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Sorong untuk mencapai Raja Ampat. Biaya transportasi laut yang butuh Anda persiapkan adalah sekitar Rp. 250.000 per orang.

Baca Juga ya6 Tempat wisata di Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel

Itulah beberapa destinasi atau tempat wisata di waisai Raja Ampat yang bisa kalian kunjungi saat berada ditempat yang indah ini. Saat ini waisai tengah menjadi salah satu kota baru yang terus berkembang dan semakin lengkap dengan beragam fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintan untuk mensuport kegiatan pariwisata.

Leave a Reply