Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gunung

Inilah 10 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

Gunung Dempo Pagar Alam

Gunung Dempo Pagar Alam - foto @fredy_mesya

Beriku ini saya mencoba merangkum Daftar 10 gunung tertinggi di pulau Sumatera baik itu gunung berapi yang masih aktif maupun tidak aktif berdasarkan ketinggianya dalam hitungan Meter diatas permukaan laut (mdpl).

Tentang Pulau Sumatera

Sumatera adalah sebuah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di sebalah barat Indonesia, dengan luas 473.481 km². Penduduk pulau Sumatera tercatat mencapai sekitar 57.940.351. Pulau Sumatra terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara.

Baca juga ya :

Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

Peta Pulau Sumatera – foto simuledesign

Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda dan di sebelah barat dengan Samudra Hindia. Di sebelah timur pulau, banyak dijumpai rawa yang dialiri oleh sungai-sungai besar yang bermuara di sana.

Untuk diwilayah bagain Barat pulau Sumatera, terbentang pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari barat laut ke arah tenggara dengan panjang lebih kurang 1500 km. Sepanjang bukit barisan tersebut terdapat puluhan gunung, baik yang tidak aktif maupun gunung berapi yang masih aktif, seperti Geureudong (Aceh), Sinabung (Sumatra Utara), Marapi dan Talang (Sumatra Barat), Gunung Dempo (Sumatra Selatan), Gunung Kaba (Bengkulu), dan Kerinci (Sumatra Barat, Jambi).

1. Gunung Kerinci, Sumatra Barat dan Jambi (3.805 m)

Gunung Kerinci (dieja “Kerintji”) dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera. Gunung berapi ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia selain Papua.

pendakian Gunung Kerinci

pendakian Gunung Kerinci – foto @jigol11

Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, pegunungan Bukit Barisan, dan terletak sekitar 130km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi oleh hujan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau dan badak sumatera.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci Jambi -foto @itssana._

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3805 mdpl, dan dari puncak kalian dapat melihat pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Dan di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah dan hampir tak tersentuh.

2. Gunung Leuser, Aceh (3.172 m)

Gunung Leuser dengan ketinggiannya 3,119 m terletak di sebelah tenggara Aceh, dekat perbatasan dengan Sumatra Utara. Gunung Leuser terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser yang mengambil nama gunung ini sebagai namanya. Sedangkan Taman Nasional Gunung Leuser dan area disekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Gunung Leuser Aceh

Gunung Leuser Aceh – foto phinemo

Taman Nasional Gunung Leuser biasa disingkat TNGL adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Aceh yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatera Utara yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Dairi, Karo, dan Langkat.

Puncak Gunung Leuser

Puncak Gunung Leuser – foto @khansa_summiters

Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

3. Gunung Dempo, Sumatra Selatan (3.159 m)

Gunung Dempo Pagar Alam

Gunung Dempo Pagar Alam – foto @fredy_mesya

Gunung Dempo (3’173 mdpl) terletak di perbatasan provinsi Sumatra Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta[butuh rujukan] yaitu Kota Pagaralam. Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibu kota provinsi Sumatra Selatan. Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

4. Gunung Bandahara, Aceh (3.030 m)

gunung bandahara Aceh

gunung bandahara Aceh – foto parkery.com

Gunung Bandahara adalah sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Indonesia. Jarak dari kota Blang Kejeran ibu kota Kabupaten Gayo Lues sekitar 50 ke arah tenggara – timur, sedangkan jarak dari Kota Kutacane, ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara, sekitar 35 km arah utara – barat laut. Gunung Bandahara merupakan gunung yang tidak berapi

5. Gunung Talamau, Sumatra Barat (2.912 m)

Gunung Talamau atau juga disebut Gunung Ophir adalah gunung tertinggi di Sumatra Barat yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Pasaman. Gunung ini memiliki ketinggian 2,920 meter dan termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif.

Gunung Talamau Sumbar

Gunung Talamau Sumbar – foto @andredely99

Di bawah puncak gunung pada ketinggian sekitar 2.750 m, terdapat 13 telaga. Nama-nama telaga diambil berdasarkan beberapa cerita legenda yang diyakini oleh penduduk disekitar Gunung Talamau. Gunung Talamau juga memiliki air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter, bernama Air Terjun Puti Lenggo Geni.

6. Gunung Marapi, Sumatra Barat (2.891 m)

Gunung Marapi (juga dikenal sebagai Merapi atau Berapi) adalah gunung berapi yang terletak di Sumatra Barat, Indonesia. Gunung ini tergolong gunung yang paling aktif di Sumatra. Terletak dalam kawasan administrasi Kabupaten Agam. Gunung ini dapat juga dilihat dari kota Bukittinggi, kota Padangpanjang dan kabupaten Tanah Datar dan memiliki ketinggian 2.891 m. Gunung Marapi sudah meletus lebih dari 50 kali sejak akhir abad 18.

Baca Juga ya :

Gunung Marapi Sumbar

Gunung Marapi Sumbar – foto ig

Tanggal 26 Februari 2014, Gunung Marapi meletus pada pukul 16.15 WIB, melepaskan material pasir, tefra, dan abu vulkanik ke wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Agam. Status gunung ditetapkan Siaga (level 2) dan radius 3 km dari pusat kawah harus dikosongkan. Tidak ada evakuasi pada letusan ini.

7. Gunung Geureudong, Aceh (2.885 m)

Gunung Geureudong atau Bur ni Geureudong atau Bur ni Telong adalah gunung stratovolcano di Provinsi Aceh, Indonesia. Nama resmi untuk kompleks gunung berapi ini masih menjadi perdebatan, karena posisi Bur ni Geureudong dan Bur ni Telong yang berdekatan. Dua Kerucut vulkanik bernama Salah Nama dan Pepanji yang merupakan bukit sedimen.

Gunung Geureudong Aceh

Gunung Geureudong Aceh – foto @ irwan_umpal

Gunung Geureudong telah mengalami longsor sejak masa Pleistosen, tetapi memiliki fumarol dan mata air panas di bagian lereng. Bur ni Telong terletak di selatan dari Bur ni Geureundong. Bur ni Telong memiliki kawah aktif yang masih terdapat lava di bagian selatan lereng gunung.

8. Gunung Singgalang, Sumatra Barat (2.877 m)

Gunung Singgalang merupakan sebuah gunung yang terdapat di provinsi Sumatera Barat, Indonesia dengan ketinggian 2,877 meter. Dari bentuknya, gunung ini sangat mirip dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah.

Gunung ini sudah tidak aktif lagi dan mempunyai telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, Telaga ini dinamai Telaga Dewi. Gunung Singgalang mempunyai kawasan hutan gunung yang sangat lembap serta memiliki kandungan air yang banyak.

Gunung Singgalang Sumbar

Gunung Singgalang Sumbar – foto @syaiful_yusuf

Jalur pendakian utama gunung singgalang adalah via Pandai Sikek. Para pendaki biasanya berhenti di Pasar Koto baru ( 10 Km dari Padang Panjang arah ke Bukittinggi). Dari sini pendaki bisa berjalan atau naik kendaraan umum sejauh 2 Km hingga ke posko pendakian, yang terletak di desa Tanjuang, Kenagarian pandai Sikek.

9. Gunung Perkison, Aceh (2.828 m)

Gunung Perkison, Aceh

Gunung Perkison, Aceh – foto @sutrisnositorus_’s

Gunung Perkison adalah sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Indonesia. Jarak dari kota Kutacane, ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara, sekitar 30 km ke arah barat laut. Memang gunung ini masih jarang didaki dan dikunjungi oleh para pendaki mengingat jalurnya masih belum dibuka untuk umum.

10. Gunung Talang, Sumatra Barat (2.597 m)

Gunung Talang merupakan gunung berapi yang terletak terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari kota Arosuka ibukota kabupaten Solok, dan sekitar 40 km sebelah timur kota Padang.

Gunung Talang Sumbar

Gunung Talang Sumbar – foto @kelana_syah_putra

Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang sudah pernah meletus berkali-kali sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007.

Ada empat kecamatan yang warganya bermukim di sekitar kaki gunung ini, yakni kecamatan Lembah Gumanti, Danau Kembar, Gunung Talang, dan Lembang Jaya. Jumlah penduduk di empat kecamatan itu mencapai 160.000 jiwa, atau sepertiga dari jumlah penduduk kabupaten Solok.

**

Itulah daftar 10 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera yang bisa kamu daki. Meski sebenarnya ada banyak esekali gunung-gunung lainnya dipulau sumatera yang menjadi gunung pendakian namun ketinggianya tidak mencapi lebih dari 2500 seperti misalnya gunung Kaba di Bengkulu.

Leave a Reply