Alam, Bukit, Daftar Wisata, Danau, Gunung, Harga Tiket

5 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat yang Memikat

Bukit Burung Surga, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Bukit Burung Surga, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya -sumber: Travellingyuk.com

Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya – Dharmasraya adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Dharmasraya tentunya memiliki wisata alam yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi.

Di kabupaten ini terdapat banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi misalnya tempat wisata budaya dan juga wisata alamnya yang tak kalah indah dari kabupaten lain yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Daftar Tempat Wisata Di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat yang wajib untuk dikunjungi.

1. Danau Hijau

Danau Hijau, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Danau Hijau, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya -sumber: Wisato.id

Danau Hijau adalah salah satu Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya yang sedang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Danau Hijau memiliki pesona warna hijau yang bisa memanjakan mata kita. Danau ini sebetulnya bukanlah danau alamiah, tetapi merupakan bekas galian tambang batu bara. Kemudian lama-kelamaan bekas tambang tersebut berubah menjadi danau Hijau yang indah ini.

Lokasi Danau Hijau berada di Jalan Sitiung 4, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Lebih tepatnya berada di depan Kantor Tambang Batu Bara Pengean.

2. Embung Kotoranah

Embung Kotoranah, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Embung Kotoranah, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya -sumber: Pikniktoday.com

Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya selanjutnya adalah Kawasan Embung Kotoranah. Tempat ini dulunya merupakan rawa yang tidak terurus di tepi Jalan Bumnag Koto Ranah Sakti.

Awal mula dibuatnya tempat wisata ini karena di Kabupaten Dharmasraya kurang banyak tempat wisatanya. Sekarang, tempat ini menjadi tujuan tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan.

Salah satu fasilitas yang menarik di tempat wisata ini adalah kalian bisa naik balon udara. Lokasinya berada di Desa Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya.

Baca juga ya :

3. Bukit Tambun, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Bukit Tambun, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Bukit Tambun, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya -sumber: Bigsta.net

Bukit Tambun juga menjadi salah satu Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya yang wajib kalian kunjungi.  Bukit Tambun di Kabupaten Dharmasraya merupakan tempat yang sedang hits.

Di sini kalian bisa menikmati pemandangan alam yang indah khas Kabupaten Dharmasraya. Selain kalian dapat melihat pemandangan yang memesona dari bukit ini, ada pula olahraga yang menantang yang bisa dicoba yaitu paralayang.

Lokasinya Bukit Tambun ini hanya berjarak kurang lebih 3 kilometer dan terletak di Desa Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

4. Puncak Gunung Medan

Puncak Gunung Medan, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Puncak Gunung Medan, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya -sumber: Warnetgadis.com

Meskipun nama gunungnya Medan, tetapi tempat wisata Gunung Medan ini berada di Kabupaten Dharmasraya. Di kawasan ini apalagi yang bisa kalian nikmati adalah hamparan pemandangan hijau yang indah dan memanjakan mata.

Untuk bisa menuju ke tempat wisata Puncak Gunung Medan di Kabupaten Dharmasraya, kalian harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari ibu kota Dharmasraya menuju ke Pulau Punjung.

Pesona keindahan pemandangan di puncak Gunung Medan membuatnya menjadi salah satu Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya yang sayang untuk dilewatkan.

5. Bukit Burung Surga

Bukit Burung Surga, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Bukit Burung Surga, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya -sumber: Djawanews.com

Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya selanjutnya adalah Bukit Burung Surga. Kawasan wisata ini dibangun di sebuah lahan seluas 4 hektar pada bulan Maret tahun 2019 lalu. Jadi, bisa dikatakan tempat wisata ini masih baru, tetapi berhasil menarik banyak pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Beberapa wahana yang ada di tempat wisata BBS ini adalah beragam spot foto dimulai dari rumah burung berwarna-warni, rumah kelinci, taman dengan rerumputan hijau yang tertata rapi, terowongan dari bambu, kincir angin, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi kalian yang demen berswafoto tempat ini cocok sekali untuk kalian kunjungi. Fasilitas lain yang bisa kalian jumpai di BBS  adalah musala, tempat parkir kendaraan, pos keamanan, dan sejumlah stand atau tempat yang menjual aneka makanan.

Bukit Burung Surga, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya

Bukit Burung Surga, Tempat Wisata di kabupaten Dharmasraya -sumber: Travellingyuk.com

Jika kalian ingin berkunjung ke tempat wisata ini cukup membayar uang sebesar 5.000 rupiah bagi anak-anak dan untuk orang dewasa 10.000 rupiah per orang. Harga tiket masuk yang tergolong murah dan kalian bisa membawa serta seluruh keluarga ke sini.

Lokasi Bukit Burung Surga ini berada di kawasan yang strategis dan mudah diakses oleh masyarakat sekitar yaitu terletak di pinggir Jalan Lintas Sumatera kilometer 6, Nagari Sungai Kambut.

Sumber: Wisato.id, Pikniktoday.com, Travelingyuk.com

Leave a Reply