Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gunung

Mengenal Gunung Piramid Bondowoso, Indah Namun Menantang

Pendakian ke Gunung Piramid Bondowoso - foto @hanifalam5

Bagi banyak pendaki khususnya Luar Jawa Timur, Gunung Piramid di Bondowoso ini mungkin masih sedikit asing ditelinga dibandingkan dengan gunung-gunung Lainnya yang lebih tenar seperti Semeru, Arjuno, Raung, Argopuro, Ijen atau gunung Wilerang. Gunung Piramid atau gunung Piramida ini memang masih banyak yang belum tahu karena jarang sekali diekspose dan didaki oleh para pendaki. Biasanya mereka yang mendaki Gunung Piramid hingga kepuncak Piramid merupakan warga sekitar Bondowoso atau yang bosan mendaki ke gunung-gunung lainnya yang sering didaki.

Baca juga ya :

Gunung Piramid puncak piramid – foto @tryanha

Tentang Gunung Piramid Dan Puncak Piramid

Gunung Piramid adalah salah satu gunung yang berada dikawasan pegunungan Argopuro. Tau dong gunung Argopuro ? Yap sebagai salah satu gunung yang terkenal karna jalur treknya paling panjang dan melelahkan ini memang masih menjadi magnet dan tujuan para pendaki dalam menggapai puncak gunung-gunung tertinggi di pulau jawa.

Baca juga :

Info Jalur Pendakian Gunung Selamet via Kaliwadas Baru

Mau Ke Lombok Lewat Darat ? Ini Tipsnya

Argopuro atau pegunungan Hyang memiliki kawasan pegunungan-pegunungan yang lebih kecil lagi berada disekitar lerengnya yang ternyata keindahanya tak kalah dengan gunung utamanya argopuro. Nah salah satu gunung yang berada disekitar Argopuro ini namanya gunung Piramid atau biasa disebut Puncak Piramid.

Pendakian ke Gunung Piramid Bondowoso – foto @hanifalam5

Sebenarnya Gunung Piramid ini adalah Gunung yang berada dikawasan gunung Saing. Sebab dikawasan gunung Saing ada banyak gunung-gunung kecil lainnya seperti gunung Salak, Gunung Saing dan Juga Gunung Piramid. Ketinggian Gunung Piramid atau Puncak Piramid ini adalah 1.521 Mdpl.

Lalau mengapa gunung ini dinamakan gunung piramid ?

Banyak yang bertanya mengapa namanya adalah Gunung Piramid. Apakah karena bentuk seperti piramida di Mesir sana. Nah menurut para pendaki dan warga disekitar lereng gunung piramid, penamaan kata piramid sendiri dikarenakan memang bentuknya seperti piramida. Gunung puncak Piramid ini berada ditengah-tengah antara gunung Saing dan Gunung Salak.

Lokasi gunung Piramid dan Cara Kesana

Gunung Piramid atau puncak Piramid berada di Desa Ardisaeng, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Untuk menuju gunung ini kalian harus naik kendaraan ke kota Bondowoso lalu menuju Desa Ardisaeng menggunakan Motor atau Mobil. Setibanya didesa ini sudah ada banyak papan petunjuk yang cukup jelas atau jika masih bingung silahkan bertanya pada warga setempat saja.

Baca Juga :

Gunung Piramid Bondowoso – foto @ayu_findriani

Karena gunung ini masih jarang didaki makanya banyak pendaki yang sengaja datang ketempat ini. Selain karna medanya yang masih cukup sulit dan menantang juga belum terlalu ramai oelh para pendaki. Tapi ingat ya gengs tetap selalu hati-hati dan waspada mendaki gunung-gunung yang masih jarang didaki. Usahakan kalian ditemani oleh guide atau warga lokal agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pendakian Gunung Piramid & Puncak Piramid

Berikut ini estimasi lama pendakian yang dibutuhkan saat mendaki gunung Piramid yang berhasil dihimpun oleh teman-teman :

06. 30 : Start awal dari Basecamp bawah
07.30 : Melewati jalur sungai
09.00 : Melewati perbukitan yang cukup menanjak
10.30 : Tiba dipos Batu Langger dan melewati vegetasi
12.30 : Tiba dipuncak Piramid

Usahakan kalian diatas tak terlalu berlama-lama selain karena menghindari malam juga karena jalurnya masih sangat susah dan belum sering dilalui. Bawa bekal yang cukup, pakaian yang pas buat pendakian dan tentunya bawa obat-obat pribadi.

Leave a Reply