Daftar 10 kota Besar di Pulau Sumatera - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Pengetahuan

Daftar 10 kota Besar di Pulau Sumatera

Kota Padang

Kota Padang - foto Republika

Halo guys, Berikut ini saya infokan Daftar 10 kota Besar di Pulau Sumatera yang tercatat hingga saat ini. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan akan ada perubahan karena setiap daerah memiliki kemajuan tersendiri.

Salah satu pengukur besar atau tidaknya sebuah kota adalah dilihat dari jumlah kepadatan penduduknya jadi biasanya semakin besar jumlah penduduknya maka semakin besar kotanya.

1. Medan – Sumatra Utara : 2.479.560 jiwa

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, serta kota terbesar di luar Pulau Jawa.

Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia.

Baca juga ya :

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan jadi icon kota Medan – foto marketeers.com

Menurut Bappenas, Medan adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Medan adalah kota multietnis yang mana penduduknya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda.

Kota Medan

Kota Medan – foto SkyscraperCity

Selain Melayu dan Karo sebagai penghuni awal, Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Mandailing, dan India. Mayoritas penduduk Medan bekerja di sektor perdagangan, sehingga banyak ditemukan ruko di berbagai sudut kota.

Di samping kantor-kantor pemerintah provinsi, di Medan juga terdapat kantor-kantor konsulat dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Jerman.

2. Palembang – Sumatra Selatan : 1.573.898 jiwa

Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatra Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatra setelah Medan.

Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1.573.898 jiwa (2018) dengan kepadatan penduduk 4.800 per km².

Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang. kota Palembang juga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia.

Kota Palembang sumatera selatan

Kota Palembang sumatera selatan – foto beritagar.id

Penduduk Palembang merupakan etnis Melayu dan menggunakan Bahasa Melayu yang telah disesuaikan dengan dialek setempat yang kini dikenal sebagai Bahasa Palembang.

Namun para pendatang seringkali menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari, seperti bahasa Komering, Rawas, Musi, Pasemah, dan Semendo.

Baca juga ya :

Kota Palembang

Kota Palembang – foto jolygram.com

Dikota Palembang mengalir sebuah sungai yang sangat terkenal yakni Sungai Musi.

Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang di indonesia yakni sekitar 750 km dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang Ilir ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra.

Sejak dahulu Sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang dan Provinsi Sumatra Selatan.

3. Bandar Lampung – Lampung : 1.176.677 Jiwa

Kota Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Lampung.

Bandar Lampung juga merupakan kota terbesar dan terpadat ketiga di Pulau Sumatra setelah Medan dan Palembang menurut jumlah penduduk, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar pulau Jawa.

Bandar Lampung dari atas

Bandar Lampung dari atas – foto kelilinglampung.wordpress.com

Secara geografis, kota ini menjadi pintu gerbang utama pulau Sumatra, tepatnya kurang lebih 165 km sebelah barat laut Jakarta, memiliki andil penting dalam jalur transportasi darat dan aktivitas pendistribusian logistik dari Jawa menuju Sumatra maupun sebaliknya.

Bandar Lampung

Bandar Lampung – foto phinemo.com

Kota Bandar Lampung memiliki luas wilayah daratan 169,21 km² yang terbagi ke dalam 20 Kecamatan dan 126 Kelurahan dengan populasi penduduk 1.015.910[2] jiwa (berdasarkan data tahun 2017).

Saat ini kota Bandar Lampung merupakan pusat jasa, perdagangan, dan perekonomian di provinsi Lampung.

4. Batam – Kepulauan Riau : 1.063.941 jiwa

Diurutan ke 4 ada Kota Batam sebagai kota terbesar di kawasan Pulau Sumatera. Kota Batam adalah sebuah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. Pulau Batam, Rempang, dan Galang terkoneksi oleh Jembatan Barelang.

Jembatan barelang batam

Jembatan barelang Batam – foto Tribun Batam – Tribunnews.com

Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam per 2015, jumlah penduduk Batam mencapai 1.037.187 jiwa. Batam merupakan bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam–Bintan–Karimun (BBK).

Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Baca juga ya :

Kota Batam

Kota Batam – foto traveltodayindonesia.com

Batam kota

Batam kota – foto commons.wikimedia.org

Sebagai kota terencana, Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika dibangun pada tahun 1970-an oleh Otorita Batam (saat ini bernama BP Batam), kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat.

5. Pekanbaru – Riau 900.465 : Jiwa

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatra dan termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.

kota pekanbaru riau

Pusat kota pekanbaru riau – foto TelusuRI

Kota ini berawal dari sebuah pasar (pekan) yang didirikan oleh para pedagang Minangkabau di tepi Sungai Siak pada abad ke-18. Hari jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 23 Juni 1784.

Kota Pekanbaru tumbuh pesat dengan berkembangnya industri terutama yang berkaitan dengan minyak bumi, serta pelaksanaan otonomi daerah.

Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru

1 Comment

  1. Terimakasih min.. membantu banget buat kerjaan tugas ngrekap kota terbesar di setiap provinsi..

Leave a Reply