Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, Danau, Taman

12 Tempat Wisata di Jambi yang Bisa kalian kunjungi

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Jambi adalah Provinsi yang terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatra. Provinsi Jambi terdiri dari 11 Kabupaten/Kota dan termasuk salah satu dari tiga Provinsi di Indonesia yang memiliki nama yang sama dengan Ibukotanya. Jambi dahulu merupakan Kerajaan Melayu yang menjadi bagian dari Sriwijaya. Saat ini sudah Banyak Tempat Wisata di Jambi yang Bisa kalian kunjungi mulai dari wisata alam, wisata pendidikan, wisata sejarah hingga wisata kuliner.

kota Jambi

kota Jambi – foto airlines-airports.com

Salah satu kawasan wisata alam yang cukup banyak di Jambi adalah berada dikawasna pegunungan Kerinci. Alam yang ada di Kerinci sangatlah indah, mulai dari pegunungan, danau, perkebunan teh dan masih banyak lagi. Selain di Kerinci tempat wisata di Jambi juga terdapat di beberapa Kabupaten lainnya seperti berikut ini.

1. Jembatan Menara Gentala Arasy

Ada dua objek di lokasi ini yaitu Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, tetapi orang-orang banyak menyebutnya Jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini adalah salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika datang ke Jambi.

Jembatan Pedestrian adalah Jembatan untuk pejalan kaki dengan bentuk berkelok-kelok dan terbentang diatas sungai batanghari disini Anda bisa dengan gratis menikmati pemandangan dari atas jembatan.

Baca juga :

Jembatan Getala Arasy Icon Kota Jambi

Jembatan Getala Arasy Icon Kota Jambi – foto pesona.travel

Diujung jembatan terdapat Menara Gentala Arasy yang merupakan museum tentang sejarah berkembangnya Islam di Kota Jambi. Selain museum, disini juga menjadi pusat kuliner dan nongkrong pada sore dan malam hari. Disini juga banyak disediakan perahu jika Anda ingin jalan-jalan menyusuri sungai Batanghari.

2. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi merupakan komplek percandian Agama Hindu-Buddha yang terdapat di Kabupaten Muaro Jambi dan diperkirakan bersal dari abad ke-11 M. Meskipun tidak sepopuler candi lain di Pulau Jawa, komplek percandian ini adalah yang terluas di Indonesia.

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi – foto junanto

Candi Muaro Jambi ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada saat hari-hari libur dan saat pergelaran festival candi. Jadi jika Anda mencari referensi tempat wisata di Jambi maka komplek percandian muaro Jambi adalah salah satu yang wajib untuk dikunjungi.

3. Air Terjun Tegan Kiri

Air terjun tegan kiri adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih asri dengan ketinggian 10 meter. Sumber air terjun tegan kiri dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter. Untuk menuju ke lokasi kita harus menempuh jarak kurang lebih 30 km dari Ibukota Kabupaten Bungo dengan perjalanan darat.

4. Geopark Merangin

Geopark Merangin

Geopark Merangin

Merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Merangin.Geopark merangin tidak hanya menawarkan arung jeram saja tetapi keunikan fosil flora berusia 350 juta tahun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan ini masih diselimuti hutan lebat dengan beragam jenis tanamannya. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari Jambi, Ibukota provisi Jambi.

5. Perkebunan Teh Kayu Aro

Salah satu tempat wisata di Jambi terbaik dan terkenal sejak jaman dahulu adalah Kebun Teh Kayu Aro yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Perkebunan dengan luas 3.020 hektar ini merupakan perkebunan teh dalam satu hamparan terluas di dunia dengan berlatarkan Gunung Kerinci.Udara pegunungan yang sejuk dan keramah tamahan penduduk setempat menjadi nilai tambah tersendiri Perkebunan Teh Kayu Aroe saat ini dikelola Oleh PTPN VI

6. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Kondisi alam sekitar Danau Gunung Tujuh sangat begitu indah dan alami serta memiliki air yang begitu jernih. Keindahan Danau dilengkapi oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Pada beberapa titik di pinggir danau terbentang pasir yang menyerupai pantai. Danau Gunung tujuh ini terdapat di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

7. Danau Kaco

Danau ini memiliki luas sekitar 30 x 30 meter. Jernihnya air di Danau ini membuat dasarnya terlihat secara jelas, walaupun memiliki kedalaman air yang tidak terukur. Selain itu. Pada saat malam Danau Kaco mengeluarkan cahaya yang terang, terutama pada waktu bulan purnama.

Danau Kaco

Danau Kaco

Ketujuh tempat wisata diatas hanya beberapa objek yang coba kami rekomendasikan kepada Anda. Masih banyak lagi objek-objek wisata di Provinsi Jambi yang tentunya juga sayang jika Anda lewatkan. Berikut adalah daftar tempat wisata lainnya yang ada di Provinsi Jambi.

8. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Kompleks ini merupakan tempat wisata terpadu yang menawarkan sarana olahraga, taman rekreasi dan wisata budaya. Secara umum, kompleks ini dibagi menjadi dua bagian, Taman Mini dan Taman Rimba. Taman Mini ini merupakan tempat wisata di Jambi yang menghadirkan miniatur budaya yang ada di provinsi ini.

Konsepnya sama dengan Taman Mini yang ada di Jakarta, yaitu menampilkan replika bangunan khas daerah. Bedanya, jika di Jakarta yang ditampilkan adalah budaya seluruh daerah di Indonesia, di sini yang ditampilkan hanya budaya setiap kabupaten di Jambi.

Taman Rimba Jambi

Ada kebun binatang di Taman Rimba Jambi – foto the jakarta post

Tempat wisata lainnya adalah Taman Rimba yang merupakan kebun binatang kebanggaan warga Jambi. Layaknya kebun binatang di tempat lain, di sini pun Anda bisa melihat beragam spesies binatang. Yang menarik adalah adanya sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa yang berisi beraneka jenis burung mulai dari burung bangau sampai burung kasuari.

Selain Taman Mini dan Taman Rimba, di kompleks seluas 18 hektar ini juga ada stadion olahraga yang selalu ramai digunakan saat akhir pekan (anekatempatwisata.com).

9. Taman Nasional Bukit Duabelas

Taman Nasional Bukit Duabelas adalah taman nasional yang terletak di Sumatra, Indonesia. Taman ini merupakan taman nasional yang relatif kecil, meliputi wilayah seluas 605 kmĀ². Kawasan konservasi ini diberi nama sesuai lanskap daerahnya yang berbukit-bukit, termasuklah bukit Punai (164 m), Panggang (328 m), dan Kuran (438 m). Daerah ini merupakan daerah tangkapan air dari DAS Batanghari.

Taman Nasional Bukit Duabelas

Taman Nasional Bukit Duabelas

Di sini ada lebih kurang 120 jenis flora yang hidup, termasuk kayu ulin (Eusideroxylon zwageri), kayu menggeris (Koompassia excelsa) yang mencapai 80 m, jelutung (Dyera costulata) yang diameternya dapat mencapai 2 meter, dan jenis-jenis rotan jerenang. Di kawasan hutan lindung ini berdiam Suku Anak Dalam atau Suku Kubu atau Orang Rimba. Suku ini telah lama mengatur zonasi kawasan jauh sebelum taman nasional ini terbentuk.

Suku Kubu atau juga dikenal dengan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan. Mereka mayoritas hidup di provinsi Jambi, dengan perkiraan jumlah populasi sekitar 200.000 orang.

10. Air Terjun Sigerincing

Secara administratif, Air Terjun Segerincing terletak pada Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasinya berjarak sekitar 75 kilometer dari Kota Bangko, dan bisa dicapai dengan melakukan perjalan selama kurang lebih 2 jam. Wisatawan tak perlu bingung, karena terdapat beberapa angkutan umum dan juga travel yang bisa digunakan menuju ke lokasi air terjun.

Baca juga ya :

Wisata Alam Air terjun Sigerincing di Merangin

Wisata Alam Air terjun Sigerincing di Merangin – foto waterfall.blogspot

Air Terjun Segerincing memiliki ketinggian yang mencapai 70 meter serta lebar pancuran 6 meter. Saat tiba dilokasi air terjun, seluruh rasa lelah pun serasa sirna berganti dengan keceriaan. Air terjun ini memiliki aliran sungai dibawahnya, dengan air jernih dan kedalaman sekitar setengah meter yang bisa digunakan untuk mandi.

Saking tingginya air terjun, disekitarnya tercipta semacam percikan-percikan air yang nampak seperti embun dengan radius mencapai 50 meter. Percikan air ini terjadi karena air yang jatuh menghantam bebatuan sungai yang juga terlihat seperti asap. Fenomena ini cukup menarik, dan menjadi pemandangan yang mampu memanjakan mata (sumber tempat.me).

11. Jam Gento

Secara administratif, letak Jam Gento tak jauh dari Pasar Bangko, Kota Bangko, Kabupaten Merangin. Posisinya yang berada di tengah-tengah pusat kota dan tepat di pinggir jalan, membuat wisatawan tak akan kesulitan untuk menemukan menara ini. Untuk menuju ke menara, wisatawan juga dimudahkan dengan banyaknya alternatif transportasi.

Tak hanya dikenal sebagai ikon Kota Bangko, Jam Gento juga kini mulai dilirik banyak wisatawan tak hanya dari dalam daerah. Semakin hari pengunjung menara pun semakin bertambah. Tak hanya dari kaum pemuda saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga tertarik untuk melihat pemandangan dari menara jam ini.

Jam Gento

Jam Gento – foto lputan6

Ketika kamu berkunjung ke Jam Gento, kamu bisa menikmati keindahan panorama alam Kota Bangko dari ketinggian. Pandangan yang luas, dengan hamparan hijaunya pepohonan serta perbukitan menjadi view menarik. Kamu pun bisa bersantai menghabiskan waktu, untuk refreshing serta menghilangkan penat. Berbagai pemandangan seperti Jembatan Batang Merangin dan Masjid Agung Baitul Makmur juga akan terlihat dari atas menara (sumber tempat.me).

12. Lubuk Beringin

Ada sebuah desa di Jambi, yang belakangan semakin ramai diperbincangankan setelah disulap menjadi desa agrowisata, desa tersebut adalah Lubuk Beringin.

Lubuk Beringin memang menjadi destinasi alam baru dengan daya tarik sungainya yang jernih serta segar. Adanya semacam air terjun mini dengan debit air yang cukup besar, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk bermain air, mandi atau berenang. Tak hanya itu, masih banyak potensi agrowisata yang bisa dinikmati seperti hamparan hutan lindung, serta puluhan hektar perkebunan karet.

Lubuk Beringin

Lubuk Beringin

Salah satu daya tarik dari Lubuk Beringin adalah Sungai Batang Buat yang memiliki aliran air jernih dan segar. Sungai ini dijadikan sebagai tempat wisata air yang semakin digemari oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Warga setempat sadar betul arti penting dari sungai, sehingga mereka sangat menjaga kelestarian dan kebersihan sungai. (sumber tempat.me)

Sumber : Wikipedia

Leave a Reply