Air Terjun, Alam, Bukit, Danau, Gunung, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Kabupaten Dompu yang Laksana Surga Dunia

Pantai lakey, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Pantai lakey, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu - Sumber : suaraNTB

Tempat Wisata di Kabupaten Dompu – Kabupaten Dompu ini diketahui diapit oleh kabupaten Sumbawa yang ada di sebelah barat serta kabupaten Bima yang ada di sisi timur. Di sebelah barat dari kabupaten ini menghadap ke Teluk Saleh yang sangat dikenal sebagai surga bahari yang ada di Pulau Sumbawa.

Selain sangat terkenal dengan keidahan Gunung Tamboranya yang sagat melegenda, Kabupaten Dompu juga masih memiliki banyak lagi tempat wisata menarik yang bisa untuk kamu kunjungi. Seperti beberapa diantaranya ada di daftar Tempat Wisata di Kabupaten Dompu dibawah ini :

1. Pantai Lakey, Surga Surfing Wisatawan Mancanegara

Pantai lakey, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Pantai lakey, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu – Sumber : suaraNTB

Kabupaten Dompu ini menyimpan surga surfing untuk para peselancar dunia lewat Pantai Lakey yang ada di desa dan kecamatan Hu’u sehingga warga setempat juga bisa menyebutnya dengan Pantai Hu’u.

Pantai Lakey merupakan pantai yang paling populer serta menjadi andalan wisata kabupaten Dompu. Tak heran jika berbagai fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup memadai. Pantai Lekey juga menjadi Tempat Wisata di Kabupaten Dompu yang paling sering dikujugi wisatawan asing selain Guung Tambora.

Kebanyakan para pengunjung yang datang ke Pantai Lakey merupakan para surfer bule. Ombak yang ada di pantai ini berukuran cukup besar serta stabil sehingga sangat pas untuk aktivitas berselancar. Bahkan setiap tahun pemerintah kabupaten secara rutin menyelenggarakan kompetisi selancar internasional.

2. Pulau Satonda, Pulau Dengan Danau Air Asin yang Melegenda

Pulau Satoda, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Pulau Satoda, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu – Sumber : travel.tempo

Datang ke kabupaten Dompu maka kamu punya kesempatan untuk bisa mengunjungi sebuah pulau yang sangat ajaib yang bernama Pulau Satonda. Tempat Wisata di Kabupaten Dompu ini mmeiliki banyak sekali hal menarik untuk digali dan dinikmati.

Banyak keajaiban yang bisa kamu jumpai di pulau ini. Di tengah Pulau Satonda ini terdapat danau kawah yang cukup besar. Uniknya air danau ini mempunyai rasa asin layaknya air laut. Padahal laut diketahui berada lumayan jauh dari posisi danau.

Di sekitar danau terdapat sebuah pohon yang “berbuah” batu. Pohon tersebut kemudian diberi nama Pohon Harapan, sedangkan batu-batu yang menggantung yang terdapat di pohon adalah simbol dari harapan seseorang yang menggantungnya. Setelah harapannya terkabul maka orang yang bersangkutan akan mengambil kembali batu tersebut.

Baca Juga ya :

3. Gunung Tambora, Ikonnya Kabupaten Dompu

Gunung Tambora, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Gunung Tambora, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu – Sumber : travel.adventure

Gunung Tambora merupakan destinasi yang wajib kamu kunjungi di Dompu apalagi buat kamu pecinta adventure. Kamu wajib mendaki sampai ke puncaknya di ketinggian 2.851 mdpl. Gunung Tambora sekarang ini menjadi tuan rumah dari festival tahunan.

Sejak tahun 2015 kala Dompu menyambut peringatan 2 abad letusan Gunung Tambora dengan kegiatan yang bertajuk “Tambora Menyapa Dunia” kawasan yang ada di sekitar gunung ini telah ditetapkan sebagai taman nasional.

Ada 2 rute pendakian yang diketahui paling banyak dipilih oleh para wisatawan, pertama rute dari desa Pancasila serta rute lainnya melewati jalur Doro Ncanga dimana menjadi rute yang favorit lantaran kamu bakal melewati hamparan padang savana yang seperti yang ada di Afrika.

4. Padang Savana Doro Ncanga, Savana Afrika di Timur Indonesia

Savana Doro Ncanga, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Savana Doro Ncanga, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu – Sumber : okezone.lifestyle

Padang Savana Doro Ncanga ini sangat populer yang ada di Dompu sebagai salah satu tujuan yang wajib kamu kunjungi. Padang savana ini diketahui ukurannya sangat luas serta bisa kamu temukan di kawasan desa Calabai, kecamatan Pekat atau di kaki gunung Tambora. Saking luasnya kamu yang melintasi padang savana ini butuh waktu sekitar 30 menit dengan berkendara untuk melintas dari ujung timur ke ujung barat.

Kamu yang baru saja main-main air yang ada di Teluk Saleh serta mau melanjutkan perjalanan ke Gunung Tambora. Maka pasti melewati jalur ini serta bisa dipastikan pula banyak dari mereka yang berhenti sejenak untuk menikmati keindahan alam savana tersebut. Apalagi kalau lagi beruntung, maka kamu akan terlihat sekumpulan hewan liar yang merumput di sana.

5. Bukit Matompu, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Bukit Matompu, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Bukit Matompu, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu – Sumber : Tripzilla

Ada satu lokasi wisata yang lagi naik daun yang ada  di Dompu yaitu Bukit Matompo. Bukit ini setinggi 100 meter yang menghadap laut lepas ini diketahui terletak di desa Mbuju, kecamatan Kilo. Pesonanya yang indah membuatnya menjadi salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Dompu yang wajib kamu tahu.

Bukit Matompu ini menawarkan sebuah pemandangan indah yang berupa padang rumput yang sangat hijau serta sayup-sayup puncak Gunung Tambora serta tak ketinggalan juga hamparan laut yang biru yang ada di hadapannya.

Pemandangan langit jingga khas matahari terbenam ini juga bisa dinikmati dengan sempurna dari atas bukit ini. Apalagi untuk bisa menikmati sebuah suguhan alam yang sangat indah ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

Inilah beberapa tempat wisata pilihan yang dapat kamu kunjungi di kabupaten Dompu. Ayo buruan jelajahi kabupaten yang sangat indah ini yang ada di Pulau Sumbawa ini, kalau tidak sekarang kapan lagi!

Leave a Reply