Mengenal Kota Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota, Desa Wisata, Pengetahuan

Mengenal Kota Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara

Aek kanopan

Sumber : Wikipedia

Kota Aek Kanopan – Indonesia merupakan negara kepulauan yang wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki potensi masing – masing baik dari Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusianya.

Setiap daerah selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Bahkan beberapa daerah mengalami pemekaran daerah.

baca juga : 

kota Aek Kanopan, labuhan batu utara

kota Aek Kanopan, labuhan batu utara – foto g maps Nanda Prasetya

Salah satu daerah yang mengalami pemekaran adalah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Salah satu daerah yang terkenal dari Kabupaten ini yaitu Kota Aek Kanopan.

Baca juga :

Aek Kanopan, kota dagang dari Kabupaten Labuhanbatu Utara

Mungkin masih banyak yang asing dengan Kota Aek Kanopan. Daerah ini merupakan ibukota dari Kecamatan Kualuh hulu.

Mengenal Kota Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara 1

Peta Aek Kanopan – Sumber : Google Maps

Daerah yang terletak di Kabupaten Labuhanbatu Utara ini merupakan salah satu daerah yang tengah berkembang di Provinsi Sumatera Utara. Kamu bisa lihat lokasi daerah Aek Kanopan di sini.

Pada awalnya, daerah ini merupakan daerah Kabupaten Labuhanbatu. Namun pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kabupaten Labuhanbatu mengalami pemekaran wilayah.

Wilayah Labuhanbatu terbagi menjadi Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan. Hal ini diatur dalam Undang – Undang No.23 Tahun 2008 tentang pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Utara di Provinsi Sumatera Utara.

Secara geografis, daerah ini terletak di jalan lintas Sumatera. Oleh karena itu, daerah sini seringkali dijadikan tempat singgah oleh bus atau kendaraan lain yang menempuh perjalanan jauh.

wajah kota aek kanopan

wajah kota aek kanopan – foto g maps Amri Syah

Selain jalan lintas Sumatera, daerah ini juga di kelilingi oleh kebun teh dan kelapa sawit. Luas perkebunan pun bervariasi, mulai dari perkebunan berskala kecil milik penduduk setempat hingga perkebunan berskala besar yang dikelola oleh pihak swasta dan BUMN.

Penduduk asli daerah ini yaitu Suku Melayu Kualuh.  Saat ini penduduk yang tinggal di sini berasal dari berbagai suku. Sebagian besar berasal dari Suku Batak Toba dan Suku Batak Angkola.

Leave a Reply