Asal Usul dan Sejarah Tari Inai - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya, Pengetahuan

Asal Usul dan Sejarah Tari Inai

Tari Inai

Sumber : Metrojambi.com

Tari Inai Khas Jambi – Indonesia kaya akan ragam seni dan budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing – masing. Kesenian tersebut biasanya berupa lagu, alat musik ataupun tarian. Biasanya kesenian daerah ditampilkan dalam acara penyambutan atau acara adat daerah setempat.

Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan kesenian dan kebudayaan. Corak melayu jambi melekat pada setiap kesenian yang di miliki daerah ini. Berikut kami akan mengenalkan asal – usul dan sejarah salah satu tarian khas dari daerah Jambi.

Yuk, cari tau tarian lainnya :

Mengenal Tari Inai, Tarian Khas Daerah Jambi

Asal Usul dan Sejarah Tari Inai 1

Penampilan Tari Inai – Sumber : Youtube

Tari Inai merupakan tarian khas melayu yang dianggap sakral. Biasanya tarian ini ditampilkan saat upacara pernikahan masyarakat setempat, tepatnya pada malam pemasangan inai pada pengantin wanita sebelum duduk di pelaminan.

Fungsi tarian ini yaitu sebagai simbol ritual untuk menjaga calon pengantin wanita dari gangguan supernatural. Baik dari manusia maupun dari makhluk halus. Selain itu, fungsi lainnya adalah sebagai hiburan dan ungkapan estetik.

Tarian khas Jambi ini biasanya dibawakan oleh remaja laki – laki dan perempuan secara berpasangan. Jumlah penari yaitu 5 atau 7 pasang penari yang tampil secara bergiliran dengan menggunakan lilin.

Gerakan tarian merupakan gerakan berpola yang diadaptasi dari gerakan – gerakan pencak silat. Gerakan terdiri dari tiga bagian yaitu pembuka, isi dan penutup. Gerakan tarian ini semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman dan kreatifitas penarinya. Pola lantai yang digunakan juga bebas dan variatif.

Leave a Reply