Tari Adat, Budaya, Pengetahuan

Asal Usul dan Sejarah Tari Inai

Tari Inai

Sumber : Metrojambi.com

Tari Inai Khas Jambi – Indonesia kaya akan ragam seni dan budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing – masing. Kesenian tersebut biasanya berupa lagu, alat musik ataupun tarian. Biasanya kesenian daerah ditampilkan dalam acara penyambutan atau acara adat daerah setempat.

Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan kesenian dan kebudayaan. Corak melayu jambi melekat pada setiap kesenian yang di miliki daerah ini. Berikut kami akan mengenalkan asal – usul dan sejarah salah satu tarian khas dari daerah Jambi.

Yuk, cari tau tarian lainnya :

Mengenal Tari Inai, Tarian Khas Daerah Jambi

Asal Usul dan Sejarah Tari Inai 2

Penampilan Tari Inai – Sumber : Youtube

Tari Inai merupakan tarian khas melayu yang dianggap sakral. Biasanya tarian ini ditampilkan saat upacara pernikahan masyarakat setempat, tepatnya pada malam pemasangan inai pada pengantin wanita sebelum duduk di pelaminan.

Fungsi tarian ini yaitu sebagai simbol ritual untuk menjaga calon pengantin wanita dari gangguan supernatural. Baik dari manusia maupun dari makhluk halus. Selain itu, fungsi lainnya adalah sebagai hiburan dan ungkapan estetik.

Tarian khas Jambi ini biasanya dibawakan oleh remaja laki – laki dan perempuan secara berpasangan. Jumlah penari yaitu 5 atau 7 pasang penari yang tampil secara bergiliran dengan menggunakan lilin.

Gerakan tarian merupakan gerakan berpola yang diadaptasi dari gerakan – gerakan pencak silat. Gerakan terdiri dari tiga bagian yaitu pembuka, isi dan penutup. Gerakan tarian ini semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman dan kreatifitas penarinya. Pola lantai yang digunakan juga bebas dan variatif.

Biasanya tarian ini menggunakan iringan musik kelintang perunggu, gendang ronggeng dan gong. Namun, seiring berkembangnya jaman pengiring tarian ini berganti menjadi gendang ronggeng sebagai rentak dan biola sebagai pembawa melodi. Rentak musik yang digunakan yaitu musik melayu yang berirama dan bertajuk patam-patam.

Dalam pementasan, biasanya para penari menggunakan pakaian adat khas melayu. Pakaian yang digunakan yaitu baju gunting cina atau baju kecak musang dengan celana panjang longgar. Kemudian pada bagian pinggang diikat dengan kain sarung atau songket. Penari juga menggunakan peci sebagai penutup kepala.

Pakaian tari inai

Pakaian Adat Khas Melayu – Sumber : Shopee

Asal usul dan Sejarah

Upacara berinai merupakan upacara tradisional yang berkembang di masyarakat melayu timur. Tradisi ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Melayu Timur Begubang. Biasanya malam berinai digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan teman dekat sebagai tanda melepas masa lajang.

Upacara berinai biasanya dilakukan selama 3 malam. Malam pertama yaitu inai curi, dimana teman – teman pengantin akan memasang inai pada mempelai saat ia sedang tertidur. Malam kedua biasanya disebut dengan inai kecil. Pengantin akan di rias dan duduk di pelaminan untuk di tepung tawari. Tepung tawar merupakan prosesi ritual yaitu menepuk – nepukan tepung pada  telapak dan punggung tangan dan memercikkan air mawar pada pengantin. Setelah itu, pengantin akan ditaburi bunga rampai, beras putih dan beras kuning ke seluruh badannya. Biasanya tepung tawar dilakukan oleh pemangku adat atau tetua di daerah tersebut. Acara diakhiri dengan doa penutup. Puncaknya pada malam ketiga, yaitu inai besar. Pada malam inilah akan ditampilkan tari inai. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan inai pada kuku, tangan dan kaki pengantin.

Menurut sejarah, tari inai merupakan ritual untuk melindungi pengantin wanita dari gangguan. Dulunya penari tari inai merupakan pendekar yang memiliki kekuatan atau biasa disebut “orang sakti”. Pendekar ini menguasai minimal 5 sampai 10  jurus pencak silat.  Gerakan yang digunakan dalam tari inai disebut dengan istilah “tangkapan” yaitu dipukul, ditangkis dan dijatuhkan. Kemudian gerakan ini berkembang menjadi jurus bunga pencak silat. Konon, para pendekar ini memiliki kekuatan untuk melindungi diri dan lingkungan dari serangan yang akan datang mengganggu acara.

Nah, itulah informasi seputar tari inai khas Jambi. Kalau kalian penasaran dengan tarian ini, yuk tonton videonya di sini.

Baca juga :

 

Leave a Reply