Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Tips Travelling

6 Tempat Wisata di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas

wisata di Kuala kurun

Tugu Tambun Bungai - Sumber : Youtube

Tempat Wisata di Kuala Kurun – Kalimantan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan keelokan alam yang mempesona. Potensi alam ini kemudian dimanfaatkan oleh pemerintah setempat agar dapat dikembangkan menjadi objek wisata.

Kabupaten Gunung Mas yang terletak di Kalimantan Tengah memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sektor pariwisatanya. Salah satu daerah yang menjadi objek pengembangan di sektor pariwisatanya adalah Kuala Kurun.

Menikmati Beragam Wisata di Kuala Kurun

Kuala kurun adalah ibukota dari Kabupaten Gunung Mas. Objek wisata di Kuala Kurun di dominasi oleh wisata alam. Pengembangan sektor pariwisata ini pun sukses menarik para traveller untuk berkunjung.

Berikut kami akan merangkum objek wisata di Kuala Kurun yang recommended untuk kamu kunjungi

1. Tugu Tambun Bungai

wisata di Kuala kurun

Tugu Tambun Bungai – Sumber : Youtube

Begitu memasuki daerah Kuala Kurun, Kamu akan disambut oleh Tugu Tambun Bungai yang dikenal juga sebagai Tugu Selamat Datang. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena bisa menjadi spot foto yang unik dan instagramable.

Tambun bungai sendiri merupakan tokoh legenda Suku Dayak yang tinggal di daerah Gunung Mas. Legenda tambun bungai dianggap sebagai asal – usul manusia di bumi Kalimantan Tengah. Lokasi tugu tambun bungai bisa kamu cek di sini.

2. Air Terjun Batu Mahasur

6 Tempat Wisata di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas 4

Air Terjun Batu Mahasur – Sumber : wisatasia.com

Air terjun termasuk salah satu destinasi wisata yang banyak menarik minat travellers. Setiap air terjun memiliki keindahan dan keunikan masing – masing. Kuala kurun memiliki air terjun yang letaknya hanya berjarak 1,5 km dari pusat ibukota Kabupaten Gunung Mas yaitu air terjun batu mahasur.

Wisata di Kuala Kurun ini memiliki luas kurang lebih 1,5 hektar dengan air terjun setinggi 20 meter. Dibawah air terjun terdapat kolam besar yang bisa digunakan untuk mandi. Air terjun batu mahasur memiliki pemandangan yang elok dengan berbagai macam pohon yang mengelilinginya. Selain pemandangan yang indah, air terjun ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan bisa membuat awet muda.

3. Tahura Lapak Jaru

6 Tempat Wisata di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas 5

Sumber : Matakalteng.com

Objek wisata selanjutnya ada Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru yang berlokasi di Jl. Bawi Kameloh, Kuala Kurun. Menurut data, Tahura Lapak Jaru merupakan satu – satunya tahura yang berada di Kalimantan Tengah.

Tahura Lapak Jaru dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa di nikmati oleh pengunjung. Fasilitas tersebut berupa wahana flying fox, jembatan goyang, jembatan tali, kolam renang, jaring laba – laba dan masih banyak wahana lainnya. Tiket masuk ke tahura juga cukup murah yakni hanya 10 ribu rupiah. Ada juga paket seharga 25 ribu yang ditawarkan untuk tiket masuk sekaligus mencoba semua wahana yang ada.

4. Batu Suli

6 Tempat Wisata di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas 6

Batu Suli – Sumber : indonesia.go.id

Batu Suli merupakan objek wisata yang berada di tepian sungai Kahayan. Letaknya berada diantara Desa Upon Batu dan Desa Tumbang Manange. Objek wisata yang berbentuk batu besar ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Panorama akan terlihat lebih indah dari puncak batu suli. Untuk mendaki ke puncaknya, kamu membutuhkan waktu sekitar 20 – 30 menit. Di puncak batu suli terdapat batu antang yang berarti lorong kecil. Batu antang tersusun atas dua batu yang memiliki celah kecil. Konon hanya orang yang memiliki keyakinan penuh saja yang mampu melewati celah ini.

5. Bendungan Sekata Juri

6 Tempat Wisata di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas 7

Bendungan Sekata Juri – Sumber : picuki.com

Bendungan Sekata Juri merupakan saluran irigasi yang dikembangkan menjadi objek wisata. Bendungan ini terletak di Kurun Sebrang, Kuala Kurun. Bendungan sekata juri memiliki panorama yang mempesona. Namun, objek wisata di Kuala Kurun ini masih kurang diminati karena masih berada dalam proses pengembangan.

6. Air Terjun Bawin Kameloh

6 Tempat Wisata di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas 8

Air Terjun Bawin Kameloh – Sumber : grid.id

Selain air terjun batu mahasur, Kuala Kurun juga memiliki air terjun lainnya yaitu air terjun Bawin Kameloh. Air terjun ini merupakan air terjun bertingkat yang dihias dengan pemandangan yang masih alami. Bahkan keindahan air terjun ini digadang – gadang sebagai miniatur air terjun sungai amazon.

Karena berupa cagar alam, daerah objek wisata ini juga sering dijadikan tempat berkemah. Akses menuju kesini pun tidak terlalu sulit karena sudah ada  jalan permanen yang menuju ke air terjun. Lokasinya terletak di kilometer 7 jalan trans kurun-Hurun Tampang ke arah Kapuas Hulu.

Itulah destinasi wisata di Kuala Kurun yang dapat kamu jadikan sebagai referensi perjalanan wisatamu.

Baca juga :

Leave a Reply