Pantai

Pantai Pacar Tulungagung, Pantai yang Ada Air Terjunnya

Pantai Pacar Tulungagung, Pantai yang Ada Air Terjunnya 1

Pantai Pacar Tulungagung, Pantai yang Ada Air Terjunnya - Foto: instagram.com/jelajahtulungagung

Pantai Pacar Tulunggagung – Pantai Pacar memiliki nama yang unik. Seperti namanya, pantai ini juga memiliki keunikan yang lain yang menjadi daya tarik utama yaitu keberadaan air terjun. Meskipun pantai ini tergolong pantai yang sempit, namun tidak membuat wisatwan berhenti mengunjunginya. Baca juga ya Wisata Pantai Gemah Tulungagung yang tak kalah indahnya

Pantai Pacar memiliki hamparan pasir berwarna putih yang sangat serasi dengan birunya warna laut. Pantai ini juga berdekatan dengan beberapa pantai lainnya seperti Pantai Molang, Lumbung, Kelinci, Kedung, dan Tumpang. Nah, apabila Anda sedang mengunjungi Kabupaten Tulungagung, tidak ada salahnya Anda mengunjungi ke-enam pantai yang berlokasi di satu desa yang sama. Seperti kata pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Di artikel kali ini, kita akan mengulas tentang tempat wisata yang satu ini dan keunikannya. Baca selengkapnya ya!

Daya Tarik Pantai Pacar Tulungagung

Pantai Pacar

Daya Tarik Pantai Pacar Tulungagung – Foto: instagram.com/dolantulungagung

Meskipun pantai Pacar memiliki luas pantai yang sempit, namun pantai ini punya satu daya tarik yang membuat wisatawan terus datang yaitu air terjunnya. Air terjun tersebut berasal dari aliran air yang bermuara di tebing yang ada di sepanjang bibir pantai. Tingginya hanya sekitar 3 meter.

Meskipun tidak begitu tinggi, air terjun memiliki air yang sangat jernih. Debit air yang jatuh tidak terlalu deras, namun langsung mengalir ke pasir yang ada di bawahnya. Tempat wisata ini menjadi sangat spesial karena terdapat air terjun. Inilah fenomena yang sangat langka yang ada di Tulungagung.

Lokasi Pantai Pacar Tulungagung

Pantai ini  berada di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. Pantai ini terletak berdekatan dengan Pantai Lumbung dan Pantai Molang. Meskipun lokasiya cukup sulit untuk ditemukan, namun perjalanan menuju Pantai Pacar dijamin tidak akan melelahkan dan menjenuhkan. Hal tersebut karena sepanjang jalan, wisatawan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Baca juga artikel beberapa pantai yang ada di Kabupaten Tulungagung:

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Pantai Pacar Tulungagung, Pantai yang Ada Air Terjunnya 2

Aktivitas Bermain di Bawah Air Terjun Pantai Pacar – Foto: pariwisataindonesia.com

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan ketika Anda berpiknik ria di Pantai Pacar. Apabila Anda menyukai aktivitas memancing, maka ini adalah pilihan yang bagus untuk dicoba. Dengan pemandangan laut lepas yang memukau sembari menunggu kail ditangkap oleh ikan, menunggu menjadi hal yang tidak lagi membosankan.

Nah, setelah mendapatkan ikan bisa juga, loh, menyantap ikan dengan dibakar. Semakin nikmat dan membuat suasana menjadi penuh keakraban. Apabila Anda membawa anak-anak, meskipun bibir pantai tidak terlalu luas bermain bola di sekitar hamparan pasir putih merupakan ide yang bagus.

Baca juga ya artikel di bawah ini:

Pilihan lainnya adalah bermain air di dekat pantai. Namun, harus penuh hati-hati karena ombak di pantai ini lumayan besar. Mungkin lebih aman untuk bermain di bawah air terjun saja, ya. Selain, debit airnya tidak terlalu deras, air di sana juga sangat jernih dan menyegarkan.

Pilihan aktivitas terakhir yang dapat Anda lakukan adalah sunset seeing atau menyaksikan mata hari tenggelam. Wisata pantai memang yang paling tepat untuk melihat keindahan senja di sore hari dan diabadikan dengan kamera kemudian diunggah ke media sosial agar lebih kekinian.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Pacar Tulungagung, Pantai yang Ada Air Terjunnya 3

Fasilitas di Pantai Pacar Tulungagung – Foto: instagram.com/kitatulungagung

Pantai Pacar merupakan tempat wisata yang murah meriah dan memiliki pemandangan hamparan pasir putih yang mengagumkan. Namun sayangnya, tempat wisata ini belum memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, tempat ibadah, area parkir, dan sebagainya. Ini dikarenakan Pantai Pacar belum dibuka dan dikelola baik oleh Pemerintah maupun warga lokal.

Pengunjung biasanya memarkirkan kendaraan mereka di sekitar pantai. Pengunjung juga biasanya membawa tikar untuk alas duduk atau ibadah. Bagi pengunjung yang ingin mengabiskan waktu liburnya dengan menikmati suasana sejuk di Pantai Pacar, sebaiknya membawa peralatan pribadi dari rumah seperti tikar dan makanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacar Tulungagung

Pantai Pacar secara administratif lokasi berada di satu desa dengan beberapa pantai lainnya diantaranya adalah Pantai Molang, Lumbung, Kelinci, Kedung, dan Tumpang. Sehingga, untuk harga tiket masuk dijadikan satu yaitu sebesar Rp. 5.000 per orangnya. Selain itu, di Pantai Pacar juga akan dikenakan biaya parkir Rp. 5000 per kendaraan. Pantai ini beroperasi setiap hari dan dibuka 24 jam.

Artikel terkait:

 

Leave a Reply