Alam, Daftar Wisata, Pantai, Rumah Adat

6 Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo NTT

Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo

Puncak Kesidari, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo - Foto by @prm_peggypatrisia.

Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo – Kabupaten Nagekeo atau Nage Keo adalah salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pusat pemerintahan Kabupaten Nagekeo berlokasi di Mbay. Wilayah ini merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Ngada. Daerah NTT, terkenal dengan tempat wisata yang oke untuk dikunjungi, kita simak yuk.

1. Puncak Kesidari

Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo  yang pertama adalah Puncak Kesidari. Puncak Kesidari adalah sebuah bukit yang berlokasi di puncak kota Mbay, tidak begitu jauh dari pusat kota, hanya dengan menghabiskan waktu  10 menit dari pusat kota.

Disini, dari ketinggian kamu dapat menikmati savana Bukit Kesidari dengan hamparan sawah yang membentang luas didukung latar laut Maropokot. Savana adalah padang rumput yang terletak di daerah dekat Khatulistiwa, ditandai dengan vegetasi yang didominasi oleh rerumputan dan semak, namun diselingi oleh pepohonan seperti pohon Eucalyptus.

Jika musim penghujan maka savana akan tampak hijau, sementara jika musim kemarau tampak savana yang menguning dan justru lebih eksotis untuk kamu jadikan tempat berswafoto.

2. Pantai Ena Gera

Pantai Ena Gera, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo

Pantai Ena Gera, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo – Foto by Arganfloresman.wordpress.com

Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo yang kedua adalah Pantai ena Gera. Keindahan panorama ini dapat dijumpai di Pantai Ena Gera, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo, NTT.

Untuk menuju Pantai Ena Gera, anda membutuhkan waktu 2 jam mengunakan kendaraan roda dua apabila berangkat dari Kota Ende. Pantainya berpasir hitam, berpadu suasana alam pedesaaan. Eksotikanya memiliki keunikan tersendiri.  Air laut jernih, serta memiliki luasan pantai yang cukup besar untuk rekreasi.

Pada sisi barat ada tebing batu, seperti gua yang jadi pelindung dari terik matahari. Juga tersaji sawah- sawah milik penduduk yang mengitari pondok pondok peristirahatan yang merupakan fasilitas pantai.

3. Pantai Kota Jogo

Pantai Kota Jogo, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo

Pantai Kota Jogo, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo – Foto by idwikipedia.org

Tak ada habisnya jika kita mengeksplore pantai di Flores yang masih belum tersentuh, kali ini kita akan mengunjungi Pantai Kota Jogo. Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo ini memiliki pemandangan alam yang indah. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 40 menit dari Kota Mbay, Nagekeo.

Bebatuan karst dengan lengkungan sekitar 8 meter jadi keelokan tersendiri, dengan ombak yang tidak begitu besar maka Pantai Kota Jogo cukup aman untuk membawa anak-anak kesini.

Pantai ini tak terlalu ramai pengunjung, tebing karstnya-lah yang menjadi daya tarik, karena jadi spot yang instagramable. Tapi sayangnya jaringan internet tidak terlalu bagus di sini, tapi tenang saja kamu berswafoto saja sepuasnya dan lagi kamu jadi dapat lebih meresapi keasrian dan keindahan Pantai Kota Jogo tanpa harus sibuk dengan gadget kamu.

Baca Juga Yuk

4. Pantai Nagelewa

6 Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo NTT 1

Pantai Nagelewa – Foto by Ignas Kunda (Media Indonesia)

Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo selanjutnya adalah Pantai Nagelewa. Pantai ini adalah sebuah  pantai yang sangat indah dengan hamparan laut dan pemandangan alamnya.

Pantai Nagelawa berlokasi di Mbay, Kab Nagekeo, Pulau Flores NTT. Lokasi spesifik pantai ini terletak di Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa. Perjalanan menuju Pantai Nagelewa dari Kota Mbay hanya membutuhkan waktu 20 menit perjalanan dengan berkendara sepeda motor.

Memasuki pantai dari jalan utama trans Flores ini, kita akan melewati hutan bakau yang sebagiannya masih terjaga kelestariannya walaupun ada sebagian pohon bakau yang telah tumbang akibat penebangan untuk dijadikan tambak ikan bandeng.

Pohon bakau yang telah tumbang, kerap dijadikan tempat mencari makan oleh burung-burung bangau.  Paduan pasir hitam dan putih sangat halus di sepanjang pantai, selain itu pantai Nagelewa diapit oleh bukit yang terhampar luas yang berisi vegetasi tumbuhan rumput teki, tanaman pesisir Cemara kerdil yang sangat menarik untuk dijadikan latar untuk swafoto.

4. Bunker Jepang Rane

Bunker Jepang Rane, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo

Bunker Jepang Rane, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo – Fot by mongabay.co.id

Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo tidak semuanya melulu tentang pantai lho, ada juga tempat wisata yang bernilai sejarah yang wajib kamu kunjungi yaitu Bunker Jepang Rane.

Bunker Jepang Rane adalah tempat yang dengan sengaja digali dan dibuat sebagai persembunyian sekaligus tempat perlindungan tentara Penjajah Jepang pada masa Perang Dunia ke II .

Bunker ini terletak di Kaki Bukit Rane, Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo.  Bunker Jepang Rane memiliki pintu masuk dan pintu keluar dan di dalamnya terdapat lorong sekitar 12 (dua belas) meter.

Selain pintu masuk dan pintu keluar serta lorong sepanjang 12 meter, Bunker Jepang Rane juga memiliki dua bunker pengintai dengan kedalaman sekitar 3 meter.

5. Kampung Tradisional Kawa

Kampung Tradisional Kawa, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo

Kampung Tradisional Kawa, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo – Foto by Visitngada.com

Buat kamu yang ingin menyepi dan menjernihkan pikiran dari aktivitas sehari-hari maka Kampung Kawa, di Desa Labolewa, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT layak menjadi salah satu destinasi yang layak kamu kunjungi saat berakhir pekan.

Untuk mencapai Kampung Kawa dari Desa Labolewa, kamu hanya bisa berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat (mobil) belum bisa masuk karena jalanan yang dilewati sempit dan bermedan sulit.

Kampung yang dihuni oleh 18 KK ini dominan warganya bermata pencaharian sebagai petani dan memelihara ternak.  Berada di kampung ini, kamu akan disuguhkan dengan kebiasaan warga setempat seperti berkebun, memelihara ternak dan lainnya.

Sebaiknya jika berkunjung kesini, kamu  menginap, supaya lebih meresapi ketenangan dan keheningan kampung saat malam hari. Disini kamu akan belajar budaya dan kearifan lokal.

6. Batu Kodok Nggolo, Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo

6 Tempat Wisata di Mbay Kabupaten Nagekeo NTT 2

Batu Kodok Nggolo – Foto by nttupdate.com

Untuk melengkapi jalan-jalan kita di Kota Mbay, Nagekeo tak lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi Batu Kodok Nggolo. Ketika melintasi gurun dari jalur jalan  poros tengah kota Mbay ke arah  Kecamatan Boawae ataupun sebaliknya.

kita bisa menikmati hamparan alam seperti batu besar menawan yang terlihat seperti seekor Kodok yang sedang tidur membuka mulutnya dengan pandangan ke jalan raya yang berlokasi di Kelurahan Nggolombay, Kecamatan Aesesa.

Disini kamu bisa melepas penat sejenak, berswafoto, dan memanjakan mata dengan melihat jalan lengang serta rerumputan yang tumbuh liar.

Simak Juga Yuk

 

 

Leave a Reply