Air Terjun

Panorama Air Terjun Jumog, Surga di Balik Tebing di Kabupaten Karanganyar

Panorama Air Terjun Jumog, Surga di Balik Tebing di Kabupaten Karanganyar 1

Air Terjun Jumog, Surga di Balik Tebing di Kabupaten Karanganyar - Foto: dolanyok.com

Air Terjun Jumog – Karanganyar memiliki banyak tempat wisata yang tiada duanya. Dengan letak geografis di wilayah pegunungan dan perbuktian lereng Gunung Lawu, membuat Karanganyar terkenal dengan keindahan pemandangan alam yang sangat indah dan memukau mata pengunjung.

Ada beberapa pilihan tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah air terjun. Setidaknya Kabupaten Karanganyar memiliki kurang lebih 10 wisata air terjun yang keindahannya tidak terbantahkan. Air Terjun Jumog menjadi salah satu pilihannya.

Pada tahun 2004, Air Terjun Jumog resmi dibuka sebagai tempat wisata yang dikelola langsung oleh warga Desa Berjo. Sejak saat itu, air terjun yang memiliki tinggi sekitar 30 meter menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Karanganyar. Air terjun yang satu ini dikenal dengan debit air yang tak pernah kering, karena meskipun sedang musim kemarau, debit air selalu mengalir dengan deras. Baca juga Air Terjun Nyarai Padang, surga tersembunyi bagi petualang di Tanah Sumatera

Lokasi Air Terjun Jumog

Panorama Air Terjun Jumog, Surga di Balik Tebing di Kabupaten Karanganyar 2

Lokasi Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar – Foto: instagram.com/magetanbanget

Air Terjun Jumog berlokasi di lereng Gunung Lawu tepatnya di desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini bisa ditempuh dengan jarak 23 km dari Pusat Kota Karanganyar dengan lama perjalanan sekitar 40 menit.

Setelah sampai di pintu masuk, pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 300 meter untuk sampai di lokasi. Perjalanan 300 meter tersebut, pengunjung akan menjumpai 100 anak tangga dan harus menapakinya. Kemudian setelah itu, baru pengunjung bisa menemukan lokasi air terjun di balik tebing. Meskipun menempuh perjalanan yang cukup terjal dan lama, namun dijamin tidak akan terasa karena selama perjalanan, pengunjung disuguhkan panorama alam yang indah di samping kiri dan kanannya. Baca juga ya Tiga Air Terjun Terindah di Nias

Aktivitas Menarik di Air Terjun Jumog

Panorama Air Terjun Jumog, Surga di Balik Tebing di Kabupaten Karanganyar 3

Aktivitas Menarik di Air Terjun Jumog – Foto: Foto: instagram.com/magetanbanget

Kami memiliki beberapa rekomendasi kegiatan atau aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika Anda sedang berlibur dan mengunjungi Air Terjun Jumog Karanganyar untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Berikut adalah beberapa aktivitas tersebut. Baca juga ya Curug Geblug , air terjun menantang yang masih perawan

Aktivitas yang pertama adalah menikmati keindahan Air Terjun Jumog. Sembari duduk di dekat air terjun, Anda dapat menikmati suasana sejuk di sekelilng air terjunnya. Wisata ini di kelilingi oleh bukit hijau dengan tanaman yang menjuntai ke bawah yang menambah keindahan air terjun ini. Anda juga dapat bermain air di bawah aliran air terjun untuk menikmati sensasi dingin dan segarnya Air Terjun Jumog. Atau, Anda juga bisa menikmati fasilitas kolam renang yang disediakan.

Air Terjun Jumog

Aktivitas Menarik di Air Terjun Jumog – Foto: instagram.com/magetanbanget

Aktivitas lain yang dapat Anda lakukan adalah mengabadikan kenangan di Air Terjun Jumog dengan berselfie ria bersama keluarga atau teman. Atau, Anda juga bisa hunting foto di sekitaran untuk mengabadikan panorama air terjun yang menakjubkan. Teknik foto yang tepat agar air terjun terlihat semakin indah adalah potrait dan long exposure agar grojokan air terlihat semakin tinggi. Salah satu spot menarik untuk mengambil foto adalah jembatan kecil di bawah air terjun.

Selain itu, di sepanjang aliran sungai di sekitar air terjun juga tersedia warung-warung yang menjajakkan makanan. Penjual makanan biasanya akan memberikan alas tikar sebagai tempat bersantap di pinggir sungai. Sehingga, pengunjung tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah.

Baca juga ya artikel di bawah ini:

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Jumog

Panorama Air Terjun Jumog, Surga di Balik Tebing di Kabupaten Karanganyar 4

Fasilitas di Air Terjun Jumog – Foto: kompasiana.com

Air Terjun Jumog menyediakan beberapa fasilitas yang sangat memadai untuk disebut sebagai tempat wisata. Fasilitas ini disediakan untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang datang. Fasilitas tersebut diantaranya:

  • Playground atau tempat bermain seperti ayunan dan perosotan
  • Kolam renang
  • Panggung hiburan
  • Beberapa spot foto yang instagramable
  • Omah gebyog
  • Warung makan pinggir kali
  • Mushola
  • Toilet
  • Area parkir yang luas

Fasilitas di atas dapat dinikmati secara gratis kecuali toilet dan area parkir. Kedua fasilitas tersebut dikenakan biaya untuk dana kebersihan dan keamanan kendaraan. Biaya retribusi parkir untuk motor biasanya dikenakan Rp. 2.000 saja, sedangkan untuk parkir mobil dikenakan Rp. 5.000.

Harga Tiket Masuk

Bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan Air Terjun Jumog bisa datang setiap hari karena tempat wisata ini dibuka dari hari Senin – Minggu dengan jam operasi mulai dari 08.00 – 16.30 WIB. Harga tiket masuknya dikategorikan menjadi dua yaitu untuk wisatawan lokal cukup membayar sebesar Rp. 10.000 dan wisatawan mancanegara sebesar Rp. 15.000.

Baca juga ya artikel terkait di bawah ini:

Sumber: kompas.com, pesona.travel

Leave a Reply