Daftar Wisata, Alam, Gunung, Inspirasi, Pantai, Pengetahuan, Pulau

6 Tempat Wisata di Masohi Kabupaten Maluku Tengah

Masohi Pulau Banda

Sumber: Labiru Tour

Masohi adalah ibukota dari Kabupaten Maluku Tengah. Lokasinya persis berada di bagian tengah Pulau Seram. Masohi memiliki arti kata yang sangat positif yaitu gotong royong. Penduduk asli Kabupaten Maluku Tengah adalah suku Alifuru, namun sekarang sudah lumayan banyak terdapat kaum pendatang.

Dari Kota Ambon, pengunjung bisa menggunakan salah satu alternatif yaitu lewat jalur laut dengan menggunakan kapal ferry atau kapal cepat dari Pelabuhan Tulehu menuju ke Pelabuhan Amahai dan meneruskan kembali perjalanan selama 15 menit untuk tiba di pusat Kota Masohi.

Wisata di Maluku Tengah sungguhlah memukau, salah satunya yang terkenal adalah Pantai Ora. Rasanya menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi dengan lukisan alam yang akan memanjakan setiap mata memandang. Namun, ternyata Kota Masohi ini memiliki potensi wisata lain yang mempesona dan berikut 6 diantaranya.

1. Pantai Tanjung Kuako
Masohi Pantai Tanjung Kuako

Sumber: Liputan Malteng

Terletak di pesisir selatan Pulau Seram yaitu distrik Amahai. Jaraknya hanya sekitar 7km dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Pantai Tanjung Kuako ini termasuk ke dalam pantai berkarang yang memiliki bebatuan atau kerikil berwarna hitam.

Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih, justru hal ini merupakan ciri khas unik dari Pantai Tanjung Kuako. Pengunjung dapat menikmati waktu untuk sekedar bersantai dan menikmati angin yang berhembus.

2. Gunung Binaiya
Masohi Gunung Binaiya

Sumber: Super Adventure

Bagi pengunjung yang gemar mendaki, Kota Masohi juga bisa menjadi salah satu destinasi favorit dengan adanya Gunung Binaiya yang merupakan bagian dari Taman Nasional Manusela. Letak Gunung Binaiya adalah di Pulau Seram dengan ketinggian 3.027 mdpl dan merupakan puncak tertinggi di penjuru Maluku.

Satu hal yang menjadikan Gunung Binaiya spesial di mata pendaki adalah belum banyaknya pendaki yang menjelajahi jalur pendakian alias tidak seramai gunung-gunung di Pulau Jawa. Pendaki dapat memulai perjalanan dari Kota Ambon dan meneruskan perjalanan ke Kota Tulehu dan lanjut menyebrang lautan untuk sampai di Pulau Seram.

3. Pantai Natsepa
Masohi Pantai Natsepa

Sumber: Indonesiakaya.com

Konon katanya Pantai Natsepa menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi bagi para pengunjung. Suguhan dari Pantai Natsepa adalah putihnya pasir, biru lautan, dan pemandangan yang melukiskan keagungan Sang Pencipta alam semesta. Ditambah lagi jajanan lokal yang tersohor akan kenikmatannya yaitu rujak sulli, akan menjadikan kunjungan ke Pantai Natsepa ini menjadi selalu terkenang.

4. Benteng Victoria
Masohi Benteng Victoria

Sumber: Facebook

Destinasi wisata satu ini memiliki nilai sejarah. Namanya adalah Benteng Victoria dan terletak di Kecamatan Sirimau, pusat Kota Ambon. Benteng ini melambangkan perjuangan masyarakat Ambon pada masa penjajahan di abad 19.

Benteng ini konon berdiri pada tahun 1575 dan merupakan benteng tertua di Maluku namun sempat direbut oleh pihak Belanda. Dahulu benteng Victoria ini difungsikan sebagai lokasi untuk mengatur strategi berperang dan juga sebagai lokasi penyimpanan persediaan makanan. Hingga kini banyak pengunjung yang mendatangi benteng saksi bisu sejarah yang masih berdiri dengan kokohnya.

5. Pulau Nusa Pambo
Masohi Pulau Nusa Pambo

Sumber: Pegipegi

Tergolong ke dalam salah satu wisata populer di Maluku Tengah, yaitu Pulau Nusa Pambo. Pulau Nusa Pambo ini terletak di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku, tepatnya di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Alasan mengapa Pulau Nusa Pambo adalah salah satu yaitu karena keasrian dan ketenangan yang ditawarkan kepada para pengunjung, terutama setelah merasakan puncak kejenuhan dari hiruk pikuk perkotaan. Pantai yang masih alami serta lokasi yang tersembunyi menjadikan Pulau Nusa Pambo seperti pulau pribadi di Maluku. Pengunjung pun dapat menikmati kecantikan dunia bawah laut dengan snorkeling dan diving.

6. Pulau Banda (Banda Neira)
Masohi Pulau Banda

Sumber: Labiru Tour

Nama pulau yang satu ini pastinya sudah tidak asing terdengar bahkan terdapat grup band yang menggunakan nama pulau ini. Ada juga ucapan yang menyebutkan bahwa Pulau Banda atau Banda Neira adalah surga di Maluku Tengah. Bukan lagi hanya pengunjung lokal yang mengagumi kecantikan Banda Neira namun pengunjung dari seluruh penjuru dunia kerap berkunjung ke sini untuk membuktikan sendiri pesona alaminya.

Lokasinya adalah di Pulau Neira, sebuah pulau yang diapit oleh Pulau Gunung Api, Pulai Aim, dan Pulau Sjahrir. Kecantikannya berasal dari keberadaan spesies biota laut yang melebihi 300 jenis. Lumba-lumba bahkan paus dapat pengunjung temui di area perairan Banda Neira.Bagi pengunjung yang gemari memancing, ikan tuna dan ikan cakalang siap menjadi tangkapan kalian sekaligus buah tangan untuk dibawa pulang dan diolah menjadi makanan yang nikmat dan bergizi.

Dibalik kecantikan alamnya, Banda Neira juga menyimpan nilai sendu sejarah dimana para tokoh negara banyak yang diasingkan di sini. Beberapa di antara tokoh negara tersebut adalah Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, dan juga Dr. Cipto Mangunkusumo. Pengasinan tokoh negara ini terjadi pada masa penjajahan Belanda. Terdapat juga Benteng Belgica yang kokoh berdiri hingga saat ini.

 

Baca juga:

6 Tempat Wisata di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara

6 Tempat wisata di Bula Kabupaten Seram Bagian Timur

Leave a Reply