Pantai

Uji Nyali di Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Uji Nyali di Pantai Sinden dan Pulau Kalong 1

wisalam01.blogspot.com

Pantai Sinden dan Pulau Kalong– Pernah dengar cerita tentang pengujian adrenalin di pantai? Hah kok bisa? Bukannya pantai itu selalu indah dan tenang dengan deburan ombak yang bersahabat?

Fenomena seperti itu mungkin ada di pantai-pantai lain, tetapi tidak dengan Pantai Sinden. Di sebrang pantai ini terdapat Pulau Kalong yang harus disebrangi dengan perjuangan. Sudah siap uji nyali di Pantai Sinden dan Pulau Kalong? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Keindahan Pantai Sinden

Pantai Sinden Pulau Kalong di Gunung Kidul

Pantai Sinden Pulau Kalong di Gunung Kidul – foto paketwisata.id

Pemandangan alam yang epik dan eksotik di Pantai Sindeni tidak boleh dilewatkan. Abadikan dengan lensa kamera karena langit dan air laut yang biru ditambah dengan batuan kapur yang dihiasi rumput liar di pantai ini nampak begitu sempurna. Tidak seperti pantai pada umumnya, ombak di pantai ini cukup ganas.

Begitu besar dan menggelegar seolah mampu memecah batu karang di sekitar pantai. Butuh perjuangan untuk sampai di pantai ini karena para pengunjung harus berjalan menyusuri  pegunungan karst atau pegunungan batu kapur.

Bermula dari Pantai Greweng, lalu naik ke bukit di sebelah timur dengan jalur setapak. Tak lama kemudian, Anda akan sampai di Pantai Sinden yang keindahannya mirip dengan Pantai Klatak Tulungagung.

Harga Tiket Masuk Pantai Sinden

Pantai Sinden

Pantai Sinden – wisalam01.blogspot.com

Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena area pantai ini berumput bukan berpasir. Siapkan uang Rp 6.000 untuk tiket masuk ke area Pantai Sinden. Jika bawa kendaraan tentunya harus bayar parkir. Untuk motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000 tanpa hitungan jam.

Parkir kendaraan sebaiknya di Pantai Wediombo atau Pantai Jungwok. Semua orang yang berkunjung pasti jatuh cinta dengan pantai ini karena sajian pemandangannya yang begitu memukau. Semilir angina yang berembus semakin membuat para pengunjung merasa senang ketika berada di tempat ini.

Jika tidak berani untuk menyebrang ke Pulau Kalong, Anda bisa berfoto saja dari Pantai Sinden. Berfoto dengan deburan ombak juga sangat keren. Instagram feed Anda pasti kebanjiran likes.

Tahu tidak kenapa pantai ini diberi nama Pantai Sinden? Karena dahulu pada malam hari sering terdengar suara nyanyian sinden yang begitu mistis. Kalau dikaitkan dengan alam, ombak di pantai ini tergolong besar sehingga suaranya keras seolah seperti suara sinden yang sedang bernyanyi.

Tentang Pulau Kalong Gunung Kidul

Ada yang beda nih dengan Pantai Sinden dan Pulau Kalong. Dua objek wisata unik yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta ini sangat menguji adrenalin. Jika ingin menguji adrenalin maka sediakan uang untuk membeli tiket terusan seharga Rp 25.000 per orang. Tiket ini digunakan untuk melewati jembatan gantung menuju Pulau Kalong. Inilah uji nyali yang dimaksud.

Pulau Kalong Gunung Kidul

Pulau Kalong Gunung Kidul – inews.id

Berjalan di jembatan gantung yang terbuat dari kayu yang tentunya akan bergoyang ketika terkena angina pasti membuat orang yang melintasinya begitu ngeri. Jembatan ini mirip dengan Pulau Timang karena hanya terbuat dari bahan-bahan sederhan seperti tali plastik untuk pegangan dan potongan kayu untuk tumpuan kaki.

Bahkan di Pulau Kalong juga ada wahana kereta gantung juga seperti di Pulau Timang. Kereta gantungnya juga sangat sederhana, hanya terbuat dari kayu dan digantung dengan tali tambang. Sudah merinding membayangkannya?

Kenapa ya pulau kecil ini diberi nama Pulau Kalong? Karena ada banyak kalong atau kelelawar yang tinggal di pulau ini. Mereka akan terlihat ketika petang dan malam hari karena mereka memang hidup secara aktif untuk mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, mereka pasti tidur sehingga tidak terlihat keberadaannya.

Kereta Gantung Pulau Kalong

Kereta Gantung Pulau Kalong – twitter.com

Pemandangan di pulau ini juga tidak kalah indahnya dengan tempat wisata di kabupaten Barru. Deburan ombak dan semilir angin mampu membuat Anda betah berlama-lama di pulau ini. Jika punya hobi memancing, cobalah untuk memancing di tempat ini.

Tidak hanya ikan yang akan didapat, Anda juga bisa mendapat lobster. Penduduk setempat kerap mencari lobster untuk dijual dari pulau ini. Siapkan alat pancing yang bagus supaya dapat lobster yang bisa dimasak di rumah atau penginapan.

Bawalah bekal makanan dan minuman karena tidak ada penjual makanan atau minuman di tempat ini. Minuman adalah hal yang utama sehingga bawa yang cukup banyak, terutama jika cuaca sangat panas dan terik. Sudah berhasil uji nyali di Pantai Sinden dan Pulau Kalong? Selamat, Anda sudah memenangkan pertarungan dengan rasa takut!

 

Leave a Reply