Tari Salabose Daeng Poralle, Asal-Usul dan Makna Sejarah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Tari Salabose Daeng Poralle, Asal-Usul dan Makna Sejarah

Tari Salabose Daeng Poralle, Asal-Usul dan Makna Sejarah 1

Tari Salabose Daeng Poralle - Foto: generalsip.com

Baca juga artikel terkait tari tradisional yang ada di Indonesia:

Makna Sejarah Tari Salabose

Tari Salabose

Makna Sejarah Tari Salabose – Foto: 50detik.com

Tarian ini memiliki makna yang erat dengan sejarah Kerajaan Banggae. Menurut sejarah, tarian ini diilhami oleh seorang raja yang pada masa itu mempimpin Kerajaan Banggae yaitu Maraqdia atau raja Daeng Parolle dari Salabose. Baca juga ya artikel tentang Sejarah Tari Cangget, Tari yang Sudah Ada Sejak Zaman Jepang

Beliau merupakan raja pertama yang diangkat untuk memerintah kerajaan ini. Nama dan asal beliau kemudian yang menginspirasi penamaan tari tradisional ini. Salabose merupakan pusat pemerintahan awal Kerajaan Banggae, dimana istana dan masjid dibangun di Bukit Salabose.

Makna dari tarian ini sendiri adalah melambangkan perjuangan Sang Raja Daeng Parolle dan prajuritnya ketika menghadapi perompak laut yang berasal dari Suku Tidung yang berusaha menyerangnya. Sebagai sebuah bentuk kenangan atas perjuangan prajurit tersebut, akhirnya terciptalah Tari Salabose Daeng Poralle.

Gerakan Tari Salabose Daeng Poralle

Tari Salabose Daeng Poralle, Asal-Usul dan Makna Sejarah 2

Gerakan Tari Salabose Daeng Poralle – Foto: mahasiswiluwu0.blogspot.com

Gerakan Tari Salabose Daeng Poralle memiliki makna istimewa di hati masyarakat Sulawesi. Pasalnya, tari ini mempunyai hubungan erat dengan sejarah nenek moyang mereka di masa Kerajaan Banggae.

Gerakan tarian ini menggambarkan keberanian dan semangat kepahlawanan dalam peperangan. Hingga sampai saat ini, masyarakat sekitar beranggapan bahwa pesan yang hendak disampaikan oleh Sang Raja harus diteruskan kepada pemuda masa kini untuk dicontoh dalam kehidupan sehari-hari dan dilestarikan keberadaannya.

Baca juga ya artikel di bawah ini terkait Provinsi Sulawesi Barat:

Sumber: budaya-indonesia.org, generalsip.com

Leave a Reply