Budaya, Pengetahuan, Tari Adat

Asal Usul dan Makna Dari Tari Tempurung, Tarian Daerah Sumatera Barat

Tari Tempurung berasal dari daerah Sumatera Barat

Tari Tempurung berasal dari daerah Sumatera Barat- foto @fauzi_arrahman

Tari Tempurung berasal dari Daerah Provinsi Sumatera Barat. Tari Tempurung merupakan salah satu tari tradisional di Indonesia yang terkenal akan keunikan pada gerakan dan juga aksesoris yang dibawanya.

Seperti yang kit atahu jika Sumatera Barat sangat terkanal akan alamnya yang indah dan juga kulinernya yang sangat lezat. Salah satu budaya di Sumatera Barat yang sampai saat ini masih dilestarikan adalah tarian, dan  salah satu tarian yang juga cukup terkenal dari Sumatera Barat adalah Tari Tempurung.

Baca Juga ya : 

Tari Galuak atau Tari tempurung

Tari Galuak atau Tari tempurung – foto @emasitirokhmah

Tari Tempurung atau yang dikenal dengan Tari Galuak ini sudah ada sejak dulu, dan sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat di Sumatera Barat. Selain itu, Tari Tempurung  terkadang masih dibawakan saat acara tertentu.

Untuk kamu yang ingin tahu mengenai Tari Tempurung yang berasal dari suku Minangkabau, berikut adalah informasi mengenai Tari Tempurung mulai dari sejarahnya, gerakan tariannya, dan juga kostum yang digunakan oleh penarinya.

Sejarah dari Tari Tempurung

Tari Tempurung berasal dari daerah Sumatera Barat

Tari Tempurung berasal dari daerah Sumatera Barat- foto @fauzi_arrahman

Tari Tempurung pertama kali dibawakan sekitar tahun 1952 di Nagari Batu Manjalur oleh Bapak Aji Muhammad . Tari Tempurung dari Nagari Batu Manjalur yang awalnya untuk hiburan,  namun diselipkan pesan agar kita menjadi orang yang baik dan tidak merugikan orang lain.

Sekitar tahun 1970an hingga 1980an , Tari Tempurung semakin terkenal, bahkan sampai ke   Nagari Ayei Dingin Padang Sibusuk . Namun di tahun 1990an sampai sekarang, Tari Tempurung sudah jarang ditarikan oleh masyarakat di Kanagarian Batu Manjulur.

Fungsi dan Makna Tari Tempurung

Makna dan Fungsi Tari Tempurung

Makna dan Fungsi Tari Tempurung – Foto: silontong.com

Makna dari Tari Tempurung Tarian Khas Minangkabau ini adalah,  sebagai manusia kita jangan sampai menjadi orang yang selalu memberontak dan berbuat buruk, namun kita wajib saling menghormati dan berbuat baik.

Selain itu, Tari Tempurung yang memiliki makna agar manusia dapat berbuat baik ini memiliki dua fungsi, yaitu:

  1. Untuk hiburan saat acara pernikahan
  2. Untuk mengundang masyarakat berkumpul saat ada acara acara yang penting bersama pejabat daerah atau pejabat tinggi lainnya.

Gerakan Tari Tempurung

Gerakan Tari Tempurung

Gerakan Tari Tempurung –  Foto: hipwee.com

Tari Tempurung terdapat 4 gerakan, dan biasanya tarian ini ditarikan oleh 4 orang pria dan juga 4 orang  wanita.  Berikut adalah gerakan gerakan dari Tari Tempurung:

Gerak Langkah Pasambahan

Gerakan ini adalah gerakan awal tari tempurung, dan gerakan ini adalah sebagai penghormatan kepada para tamu.

Gerakan Langkah Maju

Gerak langkah maju merupakan gerakan yang memiliki makna kalau kita sebagai manusia harus melangkah kedepan dan harus jadi lebih baik lagi.

Gerak Langkah Surut/ Langkah Mundur

Gerak Langkah Surut merupakan gerakan yang bermakna agar  hidup kita jangan sampai mengalami kemunduran atau malah semakin buruk.

Tari Tempurung

Tari Tempurung –  Foto: gpwisataindonesia.wordpress.com

Rantak

Rantak adalah gerakan yang menggambarkan hewan yang memberontak. Gerak Rantak memiliki makna kalau kita harus memperlakukan hewan dengan baik, dan jangan pernah sekali kali menyiksa hewan.

Di dalam Gerakan Rantak, para penari harus memiliki kekuatan yang banyak, karena dalam gerakan ini  penari harus mengangkat kaki dengan menepukan tempurung di bawah kaki yang diangkat.

Pakaian Para Penari Tempurung

Tari Tempurung

Tari Tempurung  –  Foto: tradisikita.my.id

Para Penari Tari Tempurung mengenakan pakaian khas Minangkabau. Untuk pria biasanya menggunakan baju taluak balango, ikek kapalo deta, salempang, dan saruang, sedangkan untuk perempuan, biasanya menggunakan baju taluak balango, saroa gelombang, tanjak, dan salempang.

Baju Taluak Balango untuk pria dan wanita biasanya berwarna hitam dan dihiasi renda warna kuning emas. Makna warna hitam dalam Baju Taluak  Balango adalah melambangkan orang Minangkabau yang gagah .

Baca Juga

Keunikan Tari Tempurung

Keunikan Tari Tempurung – foto @ser_125

Selain penarinya mengenakan pakaian yang khas, Tari Tempurung juga ditambah dengan sebuah alat yang bernama galuok atau tempurung kelapa. Tempurung ini terbuat dari tempurung kelapa coklat, dan tempurungnya dipegang oleh kedua tangan penari.

Musik Talempong Pacik Untuk Mengiringi Tari Tempurung

Musik Talempog merupakan kesenian khas dari Sumatera Barat yang menggambarkan sebuah sukacita. Musik Talempong juga digunakan untuk mengiringi Tari Tempurung, selain Tari Tempurung diiringi dengan sebuah bunyi tempurung yang beradu.

Musik Talempong Pacik

Musik Talempong Pacik –  Foto: pinterest.com

Itu dia kesenian tarian khas Sumatera Barat yang bernama Tari Tempurung. Tari Tempurung ini sudah seharusnya dilestarikan, dan juga jangan pernah kita merupakan budaya asli kita, karena ini adalah kekayaan yang kita miliki.

Leave a Reply