Asal Usul dan Sejarah Tari Panji Semirang Dari Bali - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya

Asal Usul dan Sejarah Tari Panji Semirang Dari Bali

Tari Panji Semirang

Asal Usul dan Sejarah Tari Panji Semirang, foto: blogkulo.com

Kali ini kami akan mambagikan informasi penting yang berkaitan dengan asal usu dan sejarah Tari Panji Semirang yang ada di Bali. Tari ini adalah jenis tari tunggal yang berasal dari Pulau Dewata yang konon diciptakan pada 1942. Orang yang berjasa menciptakan Tari Panji Semirang adalah I Nyoman Kaler.

Seni tari yang satu ini merupakan penggambaran dari seorang bernama Galuh Candrakirana yang melakukan penyamaran sebagai laki-laki dengan tujuan untuk menemui pujaan hatinya yaitu Raden Panji Inu Kertapati. Tidak jauh berbeda dengan Tari Turanajaya, Tari Panji Semirang juga tergolong ke dalam babancarikan karena di situ ada campuran antara karakter laki-laki dan perempuan.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1942, tari ini semakin lama semakin berkembang dan mulai dikenal  oleh masyarakat banyak. Tari Panji Semirang kemudian ditarikan oleh murid dari I Nyoman Kaler yaitu Luh Cawan. Salah satu ciri khas dari tari ini adalah gerakan yang ada hampir mirip dengan tari putra.

Asal Usul Tari Panji Semirang

Sepeti yang sudah kami jelaskan bahwa Tari Panji Semirang merupakan tari tradisional yang berasal dari Bali. Tarian ini diperkenalkan pada 1942 oleh I Nyoman Kaler yang kemudian diteruskan oleh muridnya. Namun apakah anda tahu apa yang melatarbelakangi adanya tarian ini? Tari Panji Semirang menceritakan seorang putri raja yang bernama Galuh Candrakirana yang sedang mencari pasangan hidupnya yakni Raden Panji.

Tari Panji Semirang

sal Usul Tari Panji Semirang, foto: senibudayasia.com

Saking cintanya kepada Raden Panji, Galuh Candrakirana sampai rela menyamar sebagai seorang laki-laki. Pengembaraan yang dilakukannya pasca ia kehilangan suaminya yang bernama Galuh Inu Kertapaji. Di dalam babad Bali, keduanya masih berstatus sebagai sepasang kekasih. Sekedar informasi bahwa Galuh Candrakirana merupakan putri dari raja Kediri sementara untuk Pangeran Inu merupakan putra dari Raja Jenggala.

Baca juga ya:

Pada saat sang pangeran hendak melamar Galuh Candrakirana, sesorang yang bernama Galuh Liku memberikan kabar bahwa wanita yang akan dilamar oleh sang pangeran tersebut sedang jatuh sakit dan tiba-tiba menghilang. Hal ini dilakukan karena sebenarnya Galuh Liku memiliki perasaan kepada Pangeran Inu.

Leave a Reply