6 Pakaian Adat Sulawesi Barat Yang Perlu Diketahui Oleh Anda - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Fashion

6 Pakaian Adat Sulawesi Barat Yang Perlu Diketahui Oleh Anda

6 Pakaian Adat Sulawesi Barat Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 1

Pakaian Adat Sulawesi Barat – Pakaian adat Sulawesi Barat merupakan salah satu pakaian yang harus dilestarikan. Dimana suku ini terdiri dari beberapa pakaian adat yang berasal dari berbagai daerah atau wilayah.

Banyak orang yang belum mengetahui dengan keberadaan dari pakaian adat Sulawesi Barat ini. Tapi tenang, pada saat ini kami kembali untuk menjelaskan tentang pakaian-pakaian adat dari Sulawesi Barat. Mari kita simak ulasan yang berikut ini.

Baca juga ya:

1. Adat Mandar Pria

6 Pakaian Adat Sulawesi Barat Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 2

Pak Presiden Mengenakan Pakaian Adat Mandar-nasional.kompas.com

Pakaian adat Sulawesi Barat yang pertama adalah pakaian adat Mandar pria. Pakaian ini bisa dikatakan sebagai pakaian adat Sulawesi Barat yang keren, dimana pakaian tersebut dilengkapi dengan sebuah jas.

Pasti anda akan berpikir, kok jas, kan jas untuk seorang pejabat?.. Pakaian ini dapat diartikan bahwa mereka sebagai laki-laki Mandar harus gesit dan giat dalam bekerja. Pada umumnya, pakaian ini akan dilengkapi dengan bawahan yang terbuat dari bahan kain.

Baju dan celananya akan dipadukan dengan warna hitam, dan disertai dengan kain sarung yang digunakan sebagai ikat pinggang. Pakaian adat Sulawesi Barat ini menjadi salah satu pakaian yang keren dan bagus.

2. Adat Mandar Wanita

6 Pakaian Adat Sulawesi Barat Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 3

Pakaian Adat Mandar Wanita Berbeda Warna-hownesia.com

Jika anda telah mengetahui tentang pakaian mandar pria, maka selanjutnya anda akan mengetahui tentang pakaian adat Mandar wanita. Pakaian ini akan dikenakan pada suatu upacara pernikahan.

Tak hanya itu saja, pakaian ini juga biasanya dikenakan sewaktu tarian adat tradisional Sulawesi Barat, dan tari tersebut dinamakan sebagai Tari Patutudu.  Seringkali pakaian ini akan terlihat berbeda dengan setiap upacara tersebut, baik itu tentang pernikahan maupun dalam tarian.

Nah, untuk pakaian adat Mandar yang digunakan pada saat pernikahan, maka aksesoris yang akan digunakan hanya berkisaran 24 saja. Sedangkan, jika pakaian ini untuk digunakan dalam bentuk tarian, aksesoris tersebut biasanya akan terdiri atas 18 aksesoris saja.

3. Adat Toraja Pria

6 Pakaian Adat Sulawesi Barat Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 4

Pakaian Adat Toraja Pria Gubernur-rakyatsatu.com

Nah, sekarang kita datang pada pakaian adat yang dimiliki oleh negeri Toraja. Pakaian adat Sulawesi Barat dari daerah Toraja ini merupakan sebuah pakaian yang memiliki panjang hingga sampai lutut.

Nama pakaian tersebut adalah Sepa Tallung Buku yang merupakan pakaian adat Sulawesi Barat, Toraja dan akan digunakan oleh seorang pria. Pakaian ini diartikan sebagai bentuk dari pelestarian PNS laki-laki yang diharuskan untuk menggunakan pakaian ini disetiap hari Sabtu.

Leave a Reply