Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Melemang Kepulauan Riau

Tari Melemang Kep. Riau

Tari Melemang Kepulauan Riau. Sumber: macam-macam-tarian-daerah.blogspot.com

Tari Melemang – Indonesia adalah negara yang kaya, termasuk juga kaya akan budayanya. Salah satu dari banyaknya budaya di Indonesia adalah tarian. Jika ditelusuri, mungkin ada ribuan tari yang muncul dari setiap daerah. Bayangkan saja, satu daerah tidak hanya memiliki satu tarian, tapi beberapa tarian.

Kepulauan Riau salah satunya, memiliki sebuah tarian khas yang bernama Tari Melemang. Meskipun Kepualauan Riau dekat dengan Singapura dan Malaysia, namun tidak menyurutkan masyarakatnya untuk tetap melestarikan budaya leluhur. Tari Melemang tetap lestari dari dulu hingga sekarang ini.

Tari Melemang Kep. Riau

Tari Melemang Kepulauan Riau. Sumber: macam-macam-tarian-daerah.blogspot.com

Sejarah Tari Melemang

Tari Melemang merupakan tarian asli dari Kepulauan Riau. Tepatnya berasal dari Tanjungpisau Negeri Bentan Penaga, yang ada di Kecamatan Bintan. Tarian ini pertama kali ditampilkan pada abad ke-12. Tentunya usianya sudah sangat tua jika dihitung hingga saat ini.

Dulunya, Tari Melemang menjadi tari yang hanya dipertunjukkan di istana Kerajaan Melayu Bentan. Pusat kerajaan ini juga berada di Bintan, tepatnya di Bukit Batu. Pada masa itu, Tari Melemang begitu terkenal di lingkungan istana dan selalu ditampilkan saat acara khusus. Tujuannya untuk menghibur raja serta pembesar di kalangan istana.

Tarian ini begitu istimewa, karena pada waktu itu hanya dipertunjukkan pada raja ketika raja sedang beristirahat. Karena termasuk tarian istana, penari Tari Melemang berasal dari dayang – dayang kerajaan Bentan. Namun, ketika Kerajaan Bentan runtuh, Tari Melemang tidak lagi menjadi tarian khusus istana, tapi mulai menjadi tari pertunjukan untuk menghibur rakyat.

Mengenal Tari Melemang Khas Kepulauan Riau

Penari Melemang Unjuk Gigi di Atas Panggung

Penari Melemang Unjuk Gigi di Atas Panggung. Sumber: nadariau.com

Mulai runtuhnya Kerajaan Bentan, Tari Melemang banyak ditarikan oleh masyarakat. Hingga kini, Tari Melemang masih dipertunjukkan di acara – acara tertentu, misalnya upacara, pentas seni, serta berbagai festival. Tari Melemang juga dikenal sebagai khasanah tarian khas masyarakat Melayu yang telah dikenal luas.

Masyarakat sangat menyukai tarian ini, tak heran jika setiap pertunjukan Tari Melemang menyedot perhatian masyarakat. Dengan menyaksikan tarian ini, nuansa Melayu akan semakin bertambah dan suasana akan semakin semarak. Dalam pertunjukannya, para penari menunjukkan kecakapannya dengan mengambil sesuatu, misalnya sapu tangan, uang receh, atau benda lainnya.

Baca Juga ya :

Cara mengambilnya pun begitu unik, yaitu dengan cara melemang yang dalam arti bahasa setempat artinya berdiri sambil membongkokkan badan ke arah belakang. Karena gerakan tersebut, muncullah nama melemang ini. Namun, di daerah Tanjungpisau lebih dikenal dengan nama Melemang Penaga atau Tari Melemang Bintan Penaga.

Makna Tari Melemang

Ketika hanya dipertunjukkan di kalangan istana untuk para raja, Tari Melemang memiliki fungsi sebagai penghibur raja. Yang mana tarian ini mengisahkan seorang raja di sebuah kerajaan, dengan memadukan unsur tarian musik dan nyanyian.

Namun, setelah mulai dipertunjukkan di luar istana, tarian ini selain sebagai penghibur juga sebagai fungsi sosial masyarakat. Merekatkan hubungan masyarakat dan mempersatukan masyarakat. Hingga saat ini, Tari Melemang pun tetap menjadi tarian untuk menghibur dan tentunya sarana pemersatu masyarakat.

Dulunya tarian ini hanya ada di Tanjungpisau. Namun, kini telah menyebar ke Daik – Lingga, dan semakin menyebar untuk dihidupkan kembali. Tarian yang dulu dimiliki oleh kerajaan, kini menjadi milik rakyat.

Pertunjukan Tari Melemang

Gerak Tari Melemang

Gerak Tari Melemang. Sumber: riau.go.id

Dalam pertunjukannya, Tari Melemang dimainkan oleh 14 orang. Diantara para pemain ini ada yang berperan sebagai raja, permaisuri, seorang puteri, empat orang pemusik, seorang penyanyi, dan enam orang penari. Karena, dalam pertunjukan Tari Melemang memadukan antara musik, nyanyian, dan tentunya gerakan tari.

Saat menarikannya, para penari mengenakan pakaian tradisional Melayu serta berdandan dengan cantik dan menarik. Tarian ini diiringi dengan alunan musik dan nyanyian Melayu yang dilantunkan dengan irama yang indah. Gerakan para penari begitu gemulai dan indah, bergerak seirama dengan nyanyian dan musik pengiring.

Musik dan nyanyian menjadi pengiring di seluruh rangkaian gerak yang ditarikan. Suasana begitu semarak ketika penari bergerak mengikuti irama dan nyanyian. Seolah tarian semakin hidup.

Perlengkapan Tari Melemang

Tari Melemang kepulauan riau

Tari Melemang kepulauan riau

Para penari akan mengenakan kostum baju adat Melayu. Penari perempuan mengenakan baju kurung panjang sebagai atasan, dan kain atau sarung panjang sebagai bawahan. Sementara penari laki – laki mengenakan baju kurung panjang sebagai atasan dan celana panjang sebagai bawahan. Ditambah juga mengenakan topi atau kopiah berwarna hitam.

Para penari juga dirias dengan riasan khas Melayu yang sangat kental, sesuai dengan peran yang dimainkan. Sementara alat musik yang digunakan untuk mengiringi yaitu akordion, gong, biola, serta tambur. Bagian paling seru dari tarian ini adalah ketika penari melakukan gerakan berdiri sambil membongkokkan badan ke belakang, yang berusaha mengambil sapu tangan atau benda lain yang diletakkan di permukaan lantai.

***

Begitu unik khasanah budaya Nusantara ini, yang tentunya harus dilestarikan supaya tetap dapat dinikmati generasi penerus.

Leave a Reply