6 Tempat Wisata Populer di Kabupaten Penajam Paser Utara

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

6 Tempat Wisata Populer di Kabupaten Penajam

Tempat Wisata Populer di Kabupaten Penajam

Tempat Wisata Penangkaran Rusa, Tempat Wisata Populer - Foto: kaltimprov.go.id

Kabupaten Penajam atau Penajam Paser Utara merupakan kabupaten asia pemekaran dari Kabupaten Paser pada tahun 2002. Sehingga umur dari kabupaten ini terbilang masih sangat muda yaitu 18 tahun. Meskipun demikian, Penajam memiliki banyak sekali potensi, salah satunya dari segi tempat wisata. Baca juga Kuliner Khas Kabupaten Penajam

wisata

6 Tempat Wisata di Kabupaten Penajam – Foto: finance.detik.com

Kabupaten ini menjadi salah satu wacana lokasi ibu kota baru Indonesia yang diputuskan oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini menjadikannya semakin menarik untuk dikunjungi. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas 6 tempat terpopuler dari sekian banyaknya pilihan wisata di Kabupaten Penajam yang sangat menjadi rekomendasi. Berikut adalah ulasannya.

1.  Air Terjun Tiwei

air terjun

Tempat Wisata Air Terjun Tiwei
Foto: chalzworld.blogspot.com

Tempat wisata pertama yang akan kita bahas adalah Air Terjun Tiwei. Air terjun ini dinamai Tiwei karena terletak di Desa Tiwei, Kecamatan Long Ikis yang berjarak sekitar 75 km dari Tanah Grogot. Perjalanan menuju lokasi air terjun

Dengan pemandangan sekitar yang masih asri karena banyak pepohonan menambah kesejukan di kawasan air terjun ini. Apabila Anda berlibur di sini sebaiknya Anda membawa baju ganti karena tidak lengkap jika Anda tidak merasakan sendiri kesegaran air di Air Terjun Tiwei. Terlebih lagi, air terjun ini mempunyai 7 tingkatan.

Harga Masuk ke Air Terjun Tiwei

Mengunjungi air terjun ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin me-refresh otak dengan menghemat biaya karena tiket masuk yang relatif murah karena tidak dikenakan biaya retribusi. Pengunjung bisa mengunjungi air terjun ini kapan saja karena dibuka setiap hari.

2. Niagara Tembinus 

niagara

Tempat Wisata Niagara Tembinus
Foto: instagram.com/utomo_tom189

Di Kabupaten Penajam memiliki beberapa air terjun yang masih alami. Selain Air Terjun Tiwei ada juga satu air terjun yang sangat terkenal di kalangan traveller yaitu Air Terjun Tembinus atau lebih dikenal dengan Niagara Tembinus. Lokasi air terjun ini berada di Trunen, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Utara, Kalimantan Timur.

Setelah menempuh medan perjalanan yang cukup menantang, rasa lelah seakan terbayarkan ketika sudah sampai di lokasi air terjun. Karena air terjun dengan tinggi tebing kurang lebih sekitar 25 meter ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Ditambah dikelilingi dengan tebing dan batu-batu besar, lokasi ini menjadi sangat instagramable bila diabadikan dengan kamera seperti Air Terjun Legendaris di Sukabumi 

Harga Masuk ke Niagara Tembinus

Dengan keindahan alamnya yang sangat memanjakan mata dapat Anda nikmati secara gratis atau tanpa mengeluarkan sepeser pun uang. Anda dapat mengunjungi kapan saja karena tempat ini dibuka setiap hari dari jam 08.00 – 16.00 waktu setempat.

3. Pantai Tanjung Jumlai

pantai

Tempat Wisata Pantai Tanjung Jumlai
Foto: instagram.com/genpi.co

Pesona keindahan Pantai Tanjung Jumlai di Kabupaten Penajam Paser Utara tidak diragukan lagi. Pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dan seolah-olah tidak terputus. Pantai ini berlokasi di Jl. Pantai Tanjung Jumlai, Kelurahan Seloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Banyak traveller yang mengunjungi tempat ini setiap harinya, apalagi di akhir pekan untuk menikmati pemandangan sunset atau senja di sore hari. Namun apabila mengingkan suasana yang lebih tenang, pengunjung bisa datang di hari biasa karena cenderung sepi pengunjung. Tak kalah menarik dari Pantai Tanjung Jumlai, Pantai Sebalang di Lampung ini sangat eksotik.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Jumlai

Harga tiket masuk ke pantai ini sangat murah meriah karena pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Ketika Anda berlibur di pantai ini, sembari duduk di bawah rindangnya pohon lebih nikmat apabila ditemani oleh segarnya es kelapa muda yang bisa dibeli hanya Rp. 10.000 saja.

4. Penangkaran Rusa

wisata

Tempat Wisata Penangkaran Rusa
Foto: kaltimprov.go.id

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Selain menikmati perbukitan sekitar yang masih natural, Anda juga bisa memperkenalkan anak dengan binatang rusa. Disini Anda bisa melihat rusa dari dekat dan bercengkrama dengan mereka seperti memberikan mereka makan.

Leave a Reply