Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, City Tour

10 Kuliner khas Penajam Paser Utara Kalimantan Timur

Cimi-cimi - kuliner khas Penajam Paser Utara

Cimi-cimi - kuliner khas Penajam Paser Utara - foto cockpad

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki kuliner yang enak dan lezat selain tentunya memiliki alam yang indah dan juga tempat wisata yang menarik. Berikut ini saya mencoba 5 kuliner khas Penajam Paser Utara yang bisa kamu cicipi. Namun sebelumnya kita akan mengulas sekilas tentang Kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Timur ini.

Tentang Penajam Paser Utara

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 127.346,92 kmĀ² dan populasi sebesar 3.575.449 jiwa.

Baca juga ya :

Penajam Paser Utara

Penajam Paser Utara – foto idn times

Salah satu Kabupaten yang ada di Kalimantan Timur adalah Kabupaten Penajam Paser Utara. Ibu kotanya terletak di Penajam. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara disebelah Utara, sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar..

Untuk disebelah selatan, kabupaten Penajam Paser Utara berbatasan dengan Kabupaten Paser serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat. Penajam Paser Utara merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Pasir (kini Paser) pada tahun 2002.

1. Kue Jenderal Mabok

Pertama saya mendengar nama kue ini, rada sedikit mengerutkan dahi karena namanya cukup unik. Awalnya teman tidak menginfokan jika Kuliner ini adalah sebuah kue namun begitu dihidangkan ternyata Jenderal Mabok ini adalah sebuah kue dan makanan khas dari Penajam Paser Utara.

Kue Jenderal Mabok

Kue Jenderal Mabok – foto @saputri_devy

Jenderal Mabok adalah Makanan yang terbuat dari susu, telur, dan gula dimana Jenderal Mabok ini memiliki tekstur yang kencal, lunak. Jenderal Mabok sangat cocok dihidangkan dengan teh atau kopi apalagi dinimkati saat sore dan pagi hari. Kue Jenderal Mabok ini biasanya dibuat saat ada pesta atau saat bulan puasa tiba.

2. Soto Penajam

Soto Penajam Paser Utara

Soto Penajam Paser Utara – foto grid.id

Jika temen-temen datang ke Penajam Paser Utara dan ingin menikmati makanan beratnya, silahkan mencoba kuliner satu ini. namanya adalah Soto Penajam Paser Utara atau biasa disingkat Soto Penajam. Meski harganya relatif lebih mahal dari sate pada umumnya itu karena Soto Penajam Paser Utara disajikan dengan tambahan daging sapi bakar. Soal rasa yah gak beda jauh sih sama soto2 lainnya. Enak dan lezat.

3. Ponta

Ponta - kuliner khas Penajam Paser Utara

Ponta – kuliner khas Penajam Paser Utara – foto brilio

Selain saya mencoba Jendral Mabok dan Da kuliner khas Penajam Paser Utara lainnya yang saya cicipi adalah Ponta mpo, kuliner khas Penajam Paser Utara lainnya yang saya cicipi adalah Ponta. Ponta atau yang lebih dikenal dengan Podangan Ketan merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang diolah dengan cara disangrai. Setelah matang, Ponta didinginkan. Warga Penajam Paser Utara biasanya menikmati Ponta dengan tambahan gula merah dan kelapa muda yang diparut.

3. Cimi-cimi

Cimi-cimi - kuliner khas Penajam Paser Utara

Cimi-cimi – kuliner khas Penajam Paser Utara – foto cockpad

Cimi-Cimi adalah salah satu kuliner Penajam Paser Utara yang mudah dibuat. Saat saya berkunjung kerumah teman saya di di Penajem, dia menghidangkan kue ini yang sekilas saya kira seperti kue bawang. Memang Cimi-cimi ini rasanya sekilas kue bawang namun tidak ada aroma bawangnya. Biasanya Cimi-cimi juga dijual diwarung-warung disekitaran Penajam Paser Utara.

5. Gula Jengkol

Gula Jengkol Khas Penajam Paser Utara

Gula Jengkol Khas Penajam Paser Utara – foto idn times

Jika kalian melintas disepanjang jalur Penajam Paser Utara, banyak warga yang menggantung atau menjual Gula jengkol. Gula ini bukan dicampur dengan Jengkol ya gengs melainkan bentuknya saja yang dibuat seperti biji jengkol atau tempurung kelapa. Banyak warga yang melintas dari Samarinda atau Kutai akan membeli Gula Jengkol ini sebagai oleh-oleh.

6. Dampo Durian

Dampo Durian - kuliner khas Penajam Paser Utara

Dampo Durian – kuliner khas Penajam Paser Utara – foto : pesonanusantara

Dampo Durian atau bisa disebut sebagai Dodol adalah Kuliner khas Penajam Paser Utara lainnya yang bisa kamu coba. Saat musim duren banyak sekali warga Penajam Paser Utara yang membuat Dampo Durian. Bahkan dibeberapa toko kue sudah banyak warga Penajam Paser Utara yang menjualnya jadi kalian tak pelu bingung mencarinya. Soal rasa sangat mirip sekali dengan dodol durian pada umumnya.

Itulah beberapa kuliner Khas dari Penajam Paser Utara yang bisa kamu Coba. Selamat menikmati

Leave a Reply