10 Kuliner khas Penajam Paser Utara Kalimantan Timur - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, City Tour

10 Kuliner khas Penajam Paser Utara Kalimantan Timur

Cimi-cimi - kuliner khas Penajam Paser Utara

Cimi-cimi - kuliner khas Penajam Paser Utara - foto cockpad

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki kuliner yang enak dan lezat selain tentunya memiliki alam yang indah dan juga tempat wisata yang menarik. Berikut ini saya mencoba 5 kuliner khas Penajam Paser Utara yang bisa kamu cicipi. Namun sebelumnya kita akan mengulas sekilas tentang Kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Timur ini.

Tentang Penajam Paser Utara

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 127.346,92 kmĀ² dan populasi sebesar 3.575.449 jiwa.

Baca juga ya :

Penajam Paser Utara

Penajam Paser Utara – foto idn times

Salah satu Kabupaten yang ada di Kalimantan Timur adalah Kabupaten Penajam Paser Utara. Ibu kotanya terletak di Penajam. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara disebelah Utara, sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar..

Untuk disebelah selatan, kabupaten Penajam Paser Utara berbatasan dengan Kabupaten Paser serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat. Penajam Paser Utara merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Pasir (kini Paser) pada tahun 2002.

1. Kue Jenderal Mabok

Pertama saya mendengar nama kue ini, rada sedikit mengerutkan dahi karena namanya cukup unik. Awalnya teman tidak menginfokan jika Kuliner ini adalah sebuah kue namun begitu dihidangkan ternyata Jenderal Mabok ini adalah sebuah kue dan makanan khas dari Penajam Paser Utara.

Kue Jenderal Mabok

Kue Jenderal Mabok – foto @saputri_devy

Jenderal Mabok adalah Makanan yang terbuat dari susu, telur, dan gula dimana Jenderal Mabok ini memiliki tekstur yang kencal, lunak. Jenderal Mabok sangat cocok dihidangkan dengan teh atau kopi apalagi dinimkati saat sore dan pagi hari. Kue Jenderal Mabok ini biasanya dibuat saat ada pesta atau saat bulan puasa tiba.

2. Soto Penajam

Soto Penajam Paser Utara

Soto Penajam Paser Utara – foto grid.id

Leave a Reply