7 Tempat wisata di Waingapu Kabupaten Sumba Timur - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Budaya, Bukit, City Tour, Pantai, Pulau, Taman

7 Tempat wisata di Waingapu Kabupaten Sumba Timur

Tempat wisata di Waingapu

Tempat wisata di Waingapu - Sumber: Travel trubus

Tempat wisata di Waingapu – Satu dari empat kabupaten di Pulau Sumba adalah Sumba Timur dengan luas wilayah sekitar 7.000 km2 dan meliputi 60% dari keseluruhan wilayah di Pulau Sumba dengan Waingapu sebagai ibukotanya. Pulau dengan bahasa asli Bahasa Sumba Kambera ini memiliki keberagaman suku dengan suku sumba sebagai penduduk mayoritas.

Tanah di Kabupaten Sumba timur ini memiliki kandungan pasir, batu karang, dan juga kapur di dalamnya yang ternyata hal tersebut merupakan bukti bahwa daerah ini dahulu berada di bawah permukaan laut dan berubah menjadi daratan setelah melewati zaman es.

Sehingga tidak heran jika pengungjung menemukan berbagai jenis hewan laut misalnya tulang ikan, kerang, ataupun tanaman laut yang kini sudah menjadi fosil di bukit karang, bahkan rerumputan pun tumbuh di atas batu karang. Kabupaten ini tentunya memiliki potensi wisata yang mengagumkan dan berikut adalah 7 Tempat wisata di Waingapu Sumba timur yang harus kamu kunjungi :

1. Bukit Warinding
Bukit Warinding, Tempat wisata di Waingapu

Bukit Warinding, Tempat wisata di Waingapu – Sumber: Jelajah Nusae

Pemandangan yang ditawarkan oleh Bukit Warinding di Sumba Timur ini sungguhlah cantik. Kerap dijadikan lokasi berfoto untuk pre-wedding maupun koleksi pribadi, terutama saat menjelang waktu matahari terbenam.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini adalah bulan Juni hingga Oktober ketika musim sedang kering dengan pemandangan rerumputan berwarna kecoklatan. Selain bukitnya, kamu dapat sesekali menjumpai anak-anak Sumba sedang bermain ataupun mengembalakan ternak-ternak mereka.

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan langsung kecantikan alami Bukit Warinding maka dapat menempuh jarak 30 menit dari Kota Waingapu dengan rute perjalanan ke arah Sumba Barat dengan rute menanjak.  Bukit ini terletak tepat di tepi jalan raya akses utama Waingapu menuju Waikabubak di Sumba Tengah dan juga Tambolaka di Sumba Barat.

2. Pantai Walakiri
Pantai Walakiri, Tempat wisata di Waingapu yang indah

Pantai Walakiri, Tempat wisata di Waingapu yang indah – Sumber: IDN Times

Pantai dengan pasir berwarna putih dan air yang tenang ini memang sangat cantik dan tidak boleh terlewatkan oleh pengunjung Sumba Timur. Hanya berjarak 30 menit atau sekitar 23km dari pusat Kota Waingapu dengan akses yang mudah dengan rute perjalanan menuju Kecamatan Melolo, pengunjung sudah dapat menikmati suasana di sini.

Satu hal yang melengkapi pemandangan di Pantai Walakiri adalah pohon mangrove yang akan terlihat seperti badan meliuk seorang penari ketika air sedang surut. Menjelang waktu matahari terbenam, pemandangan menjadi sangat menakjubkan dan menenangkan hati siapapun yang memandang.

3. Air Terjun Waimarang
Aiier Terjun Waimarang

Aiier Terjun Waimarang , Tempat wisata di Waingapu – Sumber: IDN Times

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Waimarang berada di Desa Waimarang. Berjarak kira-kira 2 jam dari Kota Waingapu. Ciri khas Air Terjun Waimarang ini adalah memiliki 3 tingkat dengan tingkat kesulitan yang makin meningkat dengan medan berupa dinding batu.

Seperti kebanyakan air terjun, pengunjung pun harus terlebih dahulu melewati perjalanan yang menegangkan melewati sabana. Pengunjung yang beruntung akan mendapatkan pemandangan kuda yang sedang merumput.

Perjalanan akan selesai saat pengunjung sudah menemui area luas yang diatur sebagai tempat untuk parkir dengan biaya Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Selanjutnya, pengunjung masih harus menempuh jalur trekking selama 1 jam untuk dapat menikmati air terjun alami ini.

4. Air Terjun Tanggedu
Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu, Tempat wisata di Waingapu – Sumber: Super Adventure

Leave a Reply