Daftar Wisata

6 Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser

Museum Sadurengas Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser

Museum Sadurengas Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser foto kidecocsr.com

Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser – Kabupaten Paser terletak di wilayah paling selatan di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten yang memiliki luas wilayah 7.731 km² ini memiliki kondisi topografi yang beragam mulai dari daratan rendah, lantai, bergelombang hingga berbukit dan bergunung-gunung. Tidak heran apabila Kabupaten Paser memiliki banyak tempat wisata yang beragam mulai dari laut hingga pegunungan.

Obyek atau tempat wisata di Kabupaten Paser terbagi menjadi lima kategori yaitu: Kategori Alam, Sejarah dan Budaya, Kehidupan Masyarakat (Living Culture), dan Wisata Bahari. Dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada, kami akan mengulas 6 tempat wisata yang paling populer yang bisa Anda jadikan rekomendasi apabila Anda mengunjungi kabupaten ini. Baca juga Kuliner Khas Penajam Paser

Berikut adalah ulasan 6 tempat wisata tersebut.

1. Taman Putri Soleha

Tempat Wisata Taman Putri Soleha

Tempat Wisata Taman Putri Soleha – Foto: kaskus.co.id

Tempat wisata populer di Kabupaten Paser yang pertama adalah Taman Putri Soleha. Taman ini terletak di pusat Tanah Grogot atau lebih tepatnya di Jl. Jend Sudirman. Bunga mawar besar yang berada di tengah-tengah taman menjadi pusat perhatian terlebih ketika malam hari karena bunga ini akan disinari lampu-lampu serta keluar air mancur dari dalamnya.

Harga Tiket Masuk ke Taman Putri Saleha

Untuk mengunjungi Taman Putri Saleha Anda tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Apabila Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Paser tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke taman ini sekaligus menikmati pemandangan dan keramaian pusat kota di Tanah Grogot. Taman ini cukup populer di masyarakat sekitar karena cocok untuk menjadi tempat bersantai bersama keluarga atau untuk nongkrong bersama teman-teman.

2. Museum Sadurengas

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat bersejarah dan dimasukkan ke dalam Cagar Budaya Kalimantan. Sadurengas merupakan bekas istana Kerajaan Paser yang sekarang beralih menjadi museum. Museum ini juga kini menjadi salah satu Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser.

Museum Sadurengas Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser

Museum Sadurengas Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser foto kidecocsr.com

Di dalam museum Sadurengas dapat kita temui benda-benda kuno bersejarah seperti porselen antik dari Dinasti Yuan, peralatan rumah tangga di jaman kuno, dan baju tradisional khas Kerajaan Paser. Kunjungi juga artikel 5 Museum di Surabaya

Tidak jauh dari museum ini, sekitar 1 kilo meter ke arah selatan terdapat kompleks pemakaman raja-raja dari Kerajaan Paser. Selain berwisata, mengunjungi museum ini akan menambah wawasan dan juga khasanah pengetahuan akan sejarah di masa lalu.

Harga Tiket Masuk ke Museum Sadurengas

Untuk masuk ke dalam Museum Sadurengas, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 7.500 per orangnya. Museum ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 16.00 waktu setempat. Dengan harga yang relatif murah, Anda akan mendapatkan pengalaman baru dan serasa kembali ke jaman kerajaan, selain itu ada petugas museum yang dengan senang hati akan menjawab setiap pertanyaan dari pengunjung.

3. Gua Tengkorak

Gua Tengkorak, Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser

Gua Tengkorak, Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser – Foto: disporapar.kabpaser.com

Gua Tengkorak merupakan wisata yang banyak diminati oleh pelancong. Pasalnya di gua ini terdapat sekitar 35 tengkorak manusia dan 170 tulang belulang yang diyakini milik masyarakat Paser pada jaman Kerajaan Sadurengas. Gua ini terletak di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Tidak hanya melihat peninggalan sejarah berupa tengkorak manusia saja, namun di sini Anda juga bisa menikmati rekreasi lain seperti kolam renang, bermain perahu bebek, bermain air yang jernih di sungai dan juga melihat pemandangan pegunungan yang elok. Tempat wisata ini cocok bagi liburan keluarga sekaligus mengenalkan sejarah kepada anak-anak. Baca juga Keunikan Gua Lawa yang tak kalah menarik

Harga Tiket Masuk ke Gua Tengkorak

Medan perjalanan menuju ke Gua Tengkorak terbilang sangat mudah karena lokasinya dekat dengan pinggir jalan trans Kalimantan Balikpapan—Banjarmasin. Tempat wisata ini dibuka setiap hari dan 24 jam. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya untuk memasuki kawasan Gua Tengkorak.

Artikel terkait:

4. Gua Loyang, Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser

Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser, Gua Loyang

Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser, Gua Loyang – Foto: ujungmimpi.com

Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Paser memang memiliki banyak wisata gua. Selain Gua Tengkorak yang sudah diulas di atas, ada juga Gua Loyang yang tak kalah populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sama dengan Gua Tengkorak, Gua Loyang juga terletak di Desa yang sama, yaitu Desa Kasungai.

Di puncak gua, disajikan hamparan pemandangan hijau yang asri dan sejuk. Sehingga cocok untuk melarikan diri sejenak dari aktivitas kerja. Selain itu, perjalanan menuju gua sampai ke puncaknya juga bisa menjadi aktivitas hiking yang menyehatkan.

Harga Masuk ke Gua Loyang

Harga tiket masuk ke Gua ini sangatlah murah meriah karena tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Gua ini bisa dikunjungi kapan saja karena dibuka setiap hari. Jadi, bagi Anda yang sedang berlibur ke Kabupaten Pasar, pastikan Anda mengunjungi gua ini untuk membuktikan sendiri keindahan alamnya.

5. Bukit Sembinai

Bukit Sembinai, Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser

Bukit Sembinai, Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser, – Foto: lazone.id

Bukit Sembinai adalah Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser yang sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang lebih menyukai tempat wisata bukit dan pegunungan, Anda bisa mengunjungi Bukit Sembinai untuk menikmati pemandangan batuan karst yang diselimuti pepohonan hijau yang sejuk dan cantik dari ketinggian.

Wisata alam Bukit Sembinai terletak di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, dan cukup jauh dari pusat kota.  Namun, meskipun terletak jauh dan juga medan yang harus dilalui cukup berat, semua akan terbayarkan ketika sampai di puncak bukit karena pemandangan alam yang disajikan sangat memanjakan mata.

Di bukit ini, Anda juga bisa melihat salah satu gua yang terkenal di Kabupaten Paser, yaitu gua Haji Saini, sesaat sebelum sampai di puncak bukit. Menurut masyarakat, saat jaman penjajahan banyak orang yang menyimpan harta benda mereka di gua ini agar terhindar dari jarahan.

Harga Tiket Masuk Bukit Sembinai

Bukit Sembinai dapat Anda nikmati secara gratis tanpa biaya masuk terlebih juga dibuka setiap hari. Dengan tanpa mengeluarkan biaya, wisata yang murah meriah ini bisa memberikan Anda sensasi mendaki dan juga pemandangan luar biasa dan memberikan pengalaman yang mahal. Apabila Anda sudah mencapai puncak bukit, Anda akan melihat banyak spot foto yang instagramable.

6. Air Terjun Doyam Gerigu

Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser, Air Terjun Doyam Gerigu

Tempat Wisata Populer di Kabupaten Paser, Air Terjun Doyam Gerigu – Foto: sengkatel.blogspot.com

Kabupaten Paser memiliki banyak air terjun dan salah satunya yang terkenal adalah Air Terjun Doyam Gerigu. Dalam Bahasa Indonesia Doyam Gerigu artinya adalah air terjun gemuruh. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan air terjun dengan ketinggian air yang bervariasi.

Medan menuju lokasi Air Terjun Doyam Gerigu ini terbilang masih cukup terjal karena memang kondisi alam sekitar air terjun yang masih alami. Masih banyak semak belukar dan pepohonan hijau yang ditemui ditambah dengan air yang dingin dan segar. Sehingga, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan rasa penat dengan rutinitas.

Harga Masuk ke Air Terjun Doyam Gerigu

Untuk menikmati keindahan alam dan kesegaran air di Air Terjun Doyam Gerigu, Anda tidak perlu merogoh kocek sepeser pun karena harga tiket masuk ke wisata ini gratis. Air Terjun ini dibuka setiap hari. Apabila Anda tidak begitu menyukai tempat ramai, Anda bisa datang di hari Senin- Jumat dan menghindari weekend atau Sabtu dan Minggu.

Artikel terkait:

Leave a Reply