Daftar Wisata, Masjid, Museum, Taman, Tentang Kota

5 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Sumatera Utara

Masjid Agung Tebing Tinggi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Masjid Agung Tebing Tinggi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Tempat Wisata di Tebing Tinggi – Ketika mendengar provinsi Sumatera Utara, tempat wisata apa yang ada di benakmu? Tak lain tak bukan pastinya Danau Toba, kan? Nah, di artikel ini, kamu akan mengetahui tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di Sumatera Utara, terutama di kota Tebing Tinggi.

Kota Tebing Tinggi sendiri berjarak kurang lebih 80 km dari kota Medan Ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara. Durasi perjalanan yang diperlukan kurang lebihnya sekitar 1 jam 10 menit melalui Jalan Tol Medan – Kuala Namu.

Nah berikut ini kami sampaikan mengenai beberapa Tempat Wisata di Tebing Tinggi Sumatera Utara yang mungkin bisa jadi refrensi kamu buat dikunjungi.

1. Taman Kota Tebing Tinggi

taman kota tebing tinggi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Taman kota tebing tinggi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi – Sumber: tebingtinggikota.go.id

Taman kota memiliki fungsi sebagai ruang terbuka hijau yang sering didatangi oleh warga bersama keluarga sebagai tempat rekreasi yang terjangkau. Sangat nyaman untuk dikunjungi karena tidak ada tiket masuk dan terbuka selama 24  jam.

Nah buat kamu yang suka nuansa Taman di perkotaan, janagn lupa mampir ke Taman Kota Tebing  yang Tinggi berlokasi di Jalan Diponegoro, Rambung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi.

Dulunya, Tempat Wisata di Tebing Tinggi ini adalah bekas terminal Pingkrah yang terlantar, dan kemudian diubah menjadi suatu tempat yang menjadi andalan warga Tebing Tinggi untuk refreshing  yakni sebuah Taman yang cantik.

Apa saja nih yang bisa dilakukan bersama keluarga di sini? Anak-anak bisa bermain di beberapa permainan anak, seperti perosotan dan ayunan. Orang tua yang sambil menunggu dapat duduk bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati jajanan tradisional yang dijual di taman.

2. Masjid Agung Tebing Tinggi

Masjid Agung Tebing Tinggi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Masjid Agung Tebing Tinggi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi – Sumber: tebingtinggikota.go.id

Sebagai kota persinggahan, kota Tebing Tinggi mempunyai masjid yang sangat nyaman bagi masyarakatnya. Bagi kamu yang sedang dalam perjalanan dari atau ke kota Medan, kamu tetap bisa menajalankan tugas ibadahmu dengan mampir ke Masjid Agung Tebing Tinggi yang bersebelahan dengan Taman Kota.

Masjid Agung Tebing Tinggi kini tidak hanya sekedar tempat Ibadah saja sebab Masjid yang memiliki design megah dan indah ini juga sudah menjadi salah satu Tempat Wisata di Tebing Tinggi yang sering dikunjungi.

Masjid Agung Tebing Tinggi memiliki bentuk bangunan yang megah dengan luas 1.500  m2 . Ketika hari raya, masjid ini mampu menampung hingga 3.000 jemaah. Bisa terbanyang betapa besarnya masjid ini kan?

Baca juga ya :

3. Istana Negeri Padang

Istana negeri padang, Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Istana negeri padang, Tempat Wisata di Tebing Tinggi – Sumber: travel.detik.com

Tempat Wisata di Tebing Tinggi lainnya adalah sebuah istana bernama Istana negeri padang. Istana ini adalah peninggalan Kerajaan Negeri Padang yang dibangun 200 tahun yang lalu. Istana Negeri Padang menjadi kebanggaan masyarakat Melayu di Sumatera Utara karena bangunannya yang kokoh.

Meski telah melakukan beberapa renovasi, bentuk asli dari rumah panggung khas Melayu ini tetap dipertahankan. Istana ini terletak di Jl. KF Tendean, Bandar Utama, Kecamatan Tebing Tinggi.

Saat kamu mengunjungi Istana Negeri Padang ini, kamu bisa mendapatkan dua hal: wisata budaya dan wisata sejarah. Di Istana ini, terdapat Makam Raja Negeri Padang selama 4 generasi. Tiket masuknya gratis ya. Untuk jam operasionalnya sendiri, Istana Negeri Padang buka hari Sabtu – Kamis pukul 9 pagi sampai 3 sore.

4. Museum Kota Tebing Tinggi

Tempat wisata yang berisikan sejarah dan edukasi tentunya ada di dalam Museum. Nah alah satunya adalah Tempat Wisata di Tebing Tinggi ini yakni Museum Kota Tebing Tinggi . Museum Tebing Tinggi berlokasi di Jalan Kotamadya, Tebing Tinggi Lama, Kecamatan Tebing Tinggi.

Yang membuat museum kota Tebing Tinggi spesial adalah beragamnya koleksi benda yang dimiliki – mulai dari pedang, keris, mandau, guci, hingga sejarah mata uang. Museum ini menampilkan asal koleksi benda yang multi etnis, terdiri dari Batak, Toba, Nias, hingga Jawa.

Liburan menjadi menyenangkan karena kamu juga bisa memanfaatkannya sambil belajar ketika mengunjungi tempat wisata ini. Kamu dapat belajar mengenai sejarah Kerajaan Padang secara mendalam! Jam operasional museum ini adalah jam 8 pagi – 4 sore pada hari Senin – Sabtu. Tiket masuk per orangnya adalah 5.000,-.

5. Waterpark Gundaling, Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Waterpark Gundaling, Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Waterpark Gundaling, Tempat Wisata di Tebing Tinggi – Sumber: Kompasiana

Tempat wisata air ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Tebing Tinggi. Waterpark Gundaling tidak pernah sepi ketika musim libur sekolah. Dengan beragamnya wahana bermain air yang tersedia, para pengunjung tidak akan merasa bosan menghabisakan waktu liburannya di sini.

Dibandingkan dengan waterpark di kota lain, harga tiket masuk Waterpark Gundaling sangat terjangkau – hanya Rp 10.000,- per orangnya. Waterpark Gundaling berlokasi di Jl. Soekarno Hatta LK III, Tambangan, Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi. Jam operasional Tempat Wisata di Tebing Tinggi ini adalah dari pukul 6 pagi – 6 malam.

***

Demikianlah sekilas informasi 5 tempat wisata yang wajib kamu datangi saat kamu mampir ke kotaTebing Tinggi. Bila masih ada tempat wisata lain yang menjadi favoritmu di kota ini, bisa tambahkan di kolom komentar ya.

Leave a Reply