6 Tari Adat Tradisional Dari Sulawesi Utara

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

6 Tari Adat Tradisional Dari Sulawesi Utara

tari adat tradisional dari sulawesi utara

Sumber: tradisional18.blogspot.com

Tari adat tradisional dari Sulawesi Utara merupakan informasi budaya yang sangat penting disampaikan kepada semua warga Indonesia seperti lagu adat tradisional Sulawesi Utara dan pulau yang ada di Sulawesi Utara. Informasi budaya ini penting untuk kalangan anak muda dan anak-anak sehingga semua warga Indonesia peduli dengan tari adat tradisional dari nusantara dan mau menjaganya.

Semua provinsi yang ada di Indonesia mempunyai beragam etnis yang memperkaya kebudayaan suatu daerah, begitu juga dengan Sulawesi Utara. Meski masyarakat asli tetap memiliki kekhasan Sulawesi Utara namun, pengaruh budaya pendatang juga turut mewarnainya.

Peleburan 2 budaya dari Sulawesi Utara dengan Portugis dan Spanyol bisa dilihat dari produk budaya yang ada, contohnya seni tari. Tari adat tradisional dari Sulawesi Utara memiliki persamaan dan perbedaan dengan tari adat tradisional di daerah-daerah Sulawesi.

Hal ini mencerminkan ciri khas dari budaya setempat. Tari adat tradisional dari Sulawesi Utara merupakan kesenian penting yang harus terus dilestarikan. Tari adat tradisional dari Sulawesi Utara mempunyai alur cerita yang berbeda-beda, misalnya tari yang diangkat dari cerita rakyat, tari yang menceritakan tentang perang melawan musuh, dan menceritakan kisah romantis.

Beberapa fungsi seni tari mengalami perubahan seperti yang dulunya hanya ditampilkan untuk kalangan tertentu, kini bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Berikut ini pembahasan tentang tari adat tradisional dari Sulawesi Utara:

1. Tari Maengket

tari adat tradisional dari sulawesi utara - tari maengket

Sumber: negerikuindonesia.com

Tari maengket yang dari daerah Sulawesi Utara  sudah ada sejak zaman dahulu dan sampai sekarang masih eksis. Tari ini sudah ada sejak masyarakat Minahasa mengenal pertanian. Pada zaman dahulu, masyarakat Minahasa menarikan tari maengket dengan gerakan-gerakan sederhana pada saat menanam padi.

Tari maengket sekarang sudah mengalami perkembangan pada gerak tariannya, meski tidak meninggalkan keasliannya.

2. Tari Tempurung

tari adat tradisional dari sulawesi utara - tari tempurung

Sumber: youtube.com

Tari tempurung adalah tari adat tradisional dari Sulawesi Utara yang memiliki nama lain cangkang kelapa karena saat pementasannya, banyak dekorasi yang dibuat dari tempurung. Cerita yang diceritakan pada tari tempurung ini berupa penghargaan keluarga petani untuk panenan kopra.

Tari tempurung dilakukan oleh pasangan pria dan wanita.

3. Tari Katrili

tari adat tradisional dari sulawesi utara - tari katrili

Sumber: helloindonesia.id

Leave a Reply