Lagu Daerah, Budaya, Pengetahuan

5 Lagu Daerah Sulawesi Utara

Lagu Daerah Sulawesi Utara

Monumen Yesus Memberkati di Sulawesi Utara - Sumber : lifestyle.okezone.com

Lagu Daerah Sulawesi Utara – Kamu pasti udah tau kan kalau Indonesia itu kaya akan seni dan budaya ? Hal ini nggak lepas dari banyaknya daerah dan suku bangsa yang di miliki oleh Indonesia.

Setiap daerah di Indonesia punya kesenian dan budaya masing – masing lho. Biasanya kesenian dan budaya ini memiliki ciri khas tersendiri contohnya bahasa.

Bahasa yang di miliki setiap daerah pasti beda antara satu dengan yang lainnya. Selain bahasa, setiap daerah juga memiliki lagu daerah masing – masing. Kamu tau nggak ? Lagu daerah umumnya sarat akan makna dan pembelajaran.

Nah, berikut ini saya sudah merangkum beberapa lagu yang berasal dari Pulau Sulawesi, tepatnya Sulawesi Utara.

Ini dia beberapa lagu daerah Sulawesi Utara yang wajib kamu tau

Yuk cari tau juga lagu daerah lainnya :

1. O Ina Ni Keke

5 Lagu Daerah Sulawesi Utara 1

Notasi dan Lirik Lagu O Ina Ni Keke – Sumber : Infoana.com

Ada yang tahu lagu O Ina Ni Keke ? Ada yang tahu dari mana asalnya ? Ya, O Ina Ni Keke adalah salah satu lagu daerah Sulawesi Utara. Lagu ini cukup populer di Indonesia.

Lagu ini diciptakan oleh R. C. Hardjosubroto. Lirik lagu dibuat dengan menggunakan bahasa Manado. Ketukan lagu O Ina Ni Keke adalah 4/4 dan tempo lagu moderato ( menengah ).

Bercerita tentang O Ina Ni Keke, ada yang tahu apa makna lagu ini ? Lagu ini menceritakan tentang kasih sayang orangtua ke anaknya. Namun, rasa sayang yang diberikan terlalu berlebih sehingga membuat anak menjadi manja. Akibatnya, tidak ada timbal balik dari anaknya.

Kamu bisa mendengarkan lagu O Ina Ni Keke disini.

2. Si Patokaan

5 Lagu Daerah Sulawesi Utara 2

Notasi dan Lirik Lagu Si Patokaan – Sumber : Seputarmusikal.com

Ada yang ingat lagu ini ? Biasanya lagu ini dipelajari ketika kamu berada di sekolah dasar. Si Patokaan juga merupakan lagu daerah Sulawesi Utara yang cukup populer.

Lagu ini menceritakan tentang seorang ibu yang memberikan petuah kepada anaknya yang hendak pergi merantau. Ibu juga mengingatkan anaknya agar selalu berhati – hati kala berpergian ke tempat yang jauh.

Mau denger lagu Si Patokaan ? Klik disini

Ayo cari tau lebih banyak tentang Sulawesi Utara :

3.  Gadis Taruna

5 Lagu Daerah Sulawesi Utara 3

Notasi dan Lirik Lagu Gadis Taruna – Sumber : Indonesianfolksongs.wordpress.com

Kamu pasti udah nggak asing sama Ismail Marzuki ? Ya, Beliau adalah pencipta lagu Indonesia Pusaka. Ternyata Beliau juga yang menciptakan lagu Gadis Taruna ini lho.

Lagu Gadis Taruna menggambarkan kesedihan dan kegundahan seorang gadis. Jadi, ceritanya gadis itu sedang menunggu kekasihnya yang sedang berlayar. Wah, romantis ya? Akhir kisah ini ketika sang kekasih kembali pulang dan penantian gadis ini berbuah kebahagiaan.

Lagu ini memiliki tempo andante moderato dengan ketukan 4/4.

Yuk dengerin lagu Gadis Taruna disini

4. Esa Mokan

5 Lagu Daerah Sulawesi Utara 4

Notasi dan Lirik Lagu Esa Mokan – Sumber : Seputarmusikal.com

Lagu daerah Sulawesi Utara yang selanjutnya ada Esa Mokan. Ternyata makna lagu ini cukup romantis lho. Lagu ini bercerita tentang kekasih yang meminta kekasihnya untuk setia. Selain itu, sang kekasih pun mengingatkan untuk selalu berdoa pada Tuhan agar cinta mereka selalu dijaga dan mereka selalu dipersatukan. Romantis, kan?

Lagu Esa Mokan diciptakan oleh Nova Sondakh. Ketukan lagu 4/4 dengan tempo sedang. Yuk dengerin lagu romantis ini disini.

5. Rambadia

5 Lagu Daerah Sulawesi Utara 5

Notasi dan Lirik Lagu Rambadia – Sumber : not2lagu.blogspot.com

Kamu pernah tau lagu Rambadia ? Lagu ini berasal dari Sulawesi Utara juga lho, tepatnya dari daerah Tapanuli. Pencipta lagu ini bernama Hamiedan A.C.

Rambadia menceritakan tentang tegur sapa orang Batak ke orang yang baru dikenal. Dalam lagu ini orang Batak menanyakan tentang asal dan marga. Perlu kamu tau, orang Batak itu lebih mengutamakan marga daripada nama lho.

Lagu bertempo Allegro moderato ( lebih cepat dari moderato ) ini memiliki ketukan 4/4.

Yuk dengerin lagu Rambadia disini

Nah, gimana ? udah nambah kan pengetahuan mu ? Jangan lupa baca artikel lainnya ya.

Leave a Reply