Mengenal Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, City Tour, Daftar Wisata, Danau, Rumah Adat, Tari Adat, Tentang Kota

Mengenal Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat

Mengenal Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat

Sumber: kompas.com

Kota Sendawar merupakan ibukota kabupaten dan pusat pemerintahan dari Kabupaten Kutai Barat. Umumnya sebuah ibukota kabupaten merupakan satu kecamatan yang mengkota. Namun, kota ini bukan merupakan kota administratif maupun suatu kecamatan. Kota sendawar merupakan bagian-bagian dari kecamatan yang dibentuk menjadi pusat kabupaten. Tiga kecamatan yang kelurahan dan kampungnya dijadikan Kota Sendawar antara lain Kecamatan Melak, Kecamatan Sekolaq Darat, dan Kecamatan Barong Tongkok.

Penduduk Kota Sendawar pada tahun 2018 berkisar 68.982 jiwa. Jumlah tersebut hampir sampai ke setengah dari total penduduk Kabupaten Kutai Barat. Kota ini memiliki 2 kelurahan dan 16 kampung. Kabupaten Kutai Barat awalnya bergabung bersama Kabupaten Mahakam Ulu. Namun, tahun 2012 terjadi pemekaran dan Kabupaten Kutai Barat dibagi dua menjadi Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Sejarah Kota Sendawar

Mengenal Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat

Sumber: persakmi.or.id

Jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, terdapat sebuah kerajaan Dayak di wilayah Kutai Barat, tepatnya di sekitar Kecamatan Melak dan Kecamatan Barong Tongkok. Kerajaan tersebut bernama Kerajaan Sendawar atau Sentawar. Kerajaan tersebut merupakan kerajaan besar suku Dayak dan merupakan cikal bakal dari anakan suku Dayak.

Kemunculannya berada sekitar abad ke-13 Masehi. Kerajaan ini menurunkan bagian-bagian suku Dayak, yaitu suku Dayak Bahau, suku Dayak Tunjung, suku Dayak Benuaq, dan suku Dayak Kutai. Wilayah kekuasaan kerajaan tersebut kini menjadi Kota Sendawar sebagai ibukota Kabupaten Kutai Barat.

Kabupaten Kutai Barat awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Kutai. Pada tahun 1999, kabupaten tersebut dipecah menjadi  wilayah. Wilayah tersebut antara lain Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kertanegara, dan Kota Bontang. Kabupaten Kutai Barat juga merupakan bagian dari Daerah Istimewa Kutai dan juga merupakan eks kekuasaan Kerajaan Kutai.

Baca juga: Mengenal Ujoh Bilang, Kabupaten Mahakam Ulu

Wisata Kota Sendawar

Danau Aco

Mengenal Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat

Sumber: kompas.com

Danau Aco merupakan salah satu danau di Kutai Barat yang terletak di Kampung Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bingun. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Sendawar dan menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Kutai Barat. Kata Aco berarti “memberi” dalam bahasa Dayak Tunjung Rentenung. Danau ini dianggap sebagai pemberian dari alam melalui bencana sebagai akibat dari kelalaian masyarakat dahulu dalam menjaga tradisi.

Baca juga: 6 Wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Lamin Tolan

Mengenal Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat

Sumber: kemdikbud.go.id

Lamin menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rumah adat kolektif milik suku Dayak Kenyan. Bentuknya besar, memanjang, dan bertingkat karena mampu menampung beberapa keluarga. Satu lamin umumnya bisa ditinggali 12 hingga 30 keluarga.

Leave a Reply