Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pulau

5 Pulau Terindah di Sulawesi Utara

sumber-travellingyuk.com

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan tempat pariwisatanya yang indah. Bahkan keindahan tempat wisata yang ada disana seperti Taman Nasional Bunaken, Cagar Alam Tangkoko Batunangus, dan masih banyak lagi bisa menyaingi keindahan Raja Ampat.

Sulawesi Utara  terdiri  dari 15 kabupaten/kota dengan luas wilayah sekitar 15.376 km persegi. Tak heran jika banyak terdapat pulau indah yang dijadikan tempat wisata dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi warga disana.

Indahnya bukan maen gaes, kamu pasti bakalan beruntung bisa menginjakkan kaki di salah satu pulau yang ada di Sulawesi Utara. Mau tau pulau apa saja 5 Pulau Terindah di Sulawesi Utara? Yuk baca artikel ini sampai habis.

1. Pulau Bangka

sumber-detiktravel.com

Kalo diliat dari namanya, pasti kamu akan mengira kalau pulau yang dimaksud berada di Bangka Belitung. Tapi ternyata, pulau Bangka merupakan salah satu pulau yang ada di Sulawesi Utara dan bukan di Bangka Belitung, meskipun namanya “Pulau Bangka”.

Pulau cantik ini berada di Kabupaten Minahasa Utara, Kecamatan Likupang Timur. Memiliki luas sekitar 3.319 hektar dengan jumlah penduduk 2.649 jiwa.

Keindahan yang dimiliki pulau ini diantaranya adalah terdapat hewan laut dan terumbu karang, pasir putih serta batu tinggi di tengah laut yang menjadi spot foto paling indah, adanya kerangka tulang ikan paus yang mati terdampar, serta dari sektor pertaniannya mampu menghasilkan koprah hingga 10 ton.

Tercatat sudah lebih dari 3000 turis mancanegara yang datang untuk berwisata setiap tahunnya. Ayo, jangan kalah dengan dengan turis mancanegara, pastikan kamu juga bisa berkunjung ke pulau yang super duper indah ini.

2. Pulau Bunaken

sumber-tentangnews.blogspot.com

Mendengar namanya pasti sudah tidak asing lagi kan ya. Pulau ini sangat terkenal denagan keindahan bawah lautnya yang memikat hati para pengunjung.

Dari mulai pemandangan alamnya, kemudian ikan-ikan bawah laut yang terlihat jelas karena airnya yang sangat jernih. Terumbu karang juga menjadi sesuatu yang menyihir para pengunjung untuk menyelam. Disana terumbu karangnya terlihat unik karena berupa dinding atau tebing yang menjorok ke bagian bawah. Semakin kamu selami, semakin kamu akan menemukan keindahan yang tak ternilai.

3. Pulau Lembeh

sumber-idntimes.com

Tak jauh-jauh dari kata menyelam, salah satu tujuan wisatawan berkunjung pastinya adalah ingin menyelam untuk melihat pesona alam bawah laut. Ya, Pulau Lembeh juga tak kalah saing dengan pulau-pulau lainnya.

Mulai dari kawasan ekowisata mangrove, batu karang, ikan-ikan, terumbu karang, dan masih banyak lagi. Bagi yang ingin berlama-lama disini tak perlu khawatir. Karena terdapat resort yang pastinya mempunya fasilitas lengkap dan bisa memanjakanmu selama berwisata.

Untuk rute perjalanan, jika kamu sedang berada di Manado, maka kamu harus pergi ke kota Bitung dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan bus atau taksi. Setelah sampai di Bitung,  pergilah ke Dermaga Ruko Pateten. Selanjutnya kamu akan tiba di Pulau Lembeh namun harus menyebrang dengan biaya per orang nya sekitar Rp 8000

4. Pulau Nain

sumber-travellingyuk.com

Ada yang pernah ke Pulau Nain? ya surga dunia yang satu ini benar-benar nyata ada di Indonesia. Tak kalah populer dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Taman Nasional Bunaken dan Raja Ampat.

Daya tarik pulau ini adalah adanya fenomena pasir timbul di sekitar pulaunya. Namun fenomena ini hanya bisa dilihat jika air laut sedang surut dan terbentuklah permukaan dengan pasir putih yang cantik dan bagus sekali untuk dijadikan spot berfoto. Seakan-akan sedang berada di sebuah pulau kecil bagian dari Pulau Nain.

Ada yang seru dari perjalanan menuju ke pulau ini. Jika kamu datang dari pulau Bunaken, kamu akan sampai dalam waktu 2 jam perjalanan. Namun di perjalanan tersebut, kamu akan menghadapi ombak-ombak besar yang justru membuat seru perjalananmu. Setelah itu kamu akan disambut hangat oleh keindahan Pulau Nain yang bisa membayar lunas penatmu selama perjalanan.

5. Pulau Miangas

sumber-news.detik.com

Yang terakhir adalah Pulau Miangas yang jaraknya lebih dekat ke negara Filipina daripada ke wilayah Indonesia. Keberadaan pulau ini sebenarnya  tidak menjadi masalah karena dekat dengan Filipina. Tapi kebanyakan informasi malah didapatkan dari Filipina daripada Indonesia. Oleh karena itu pembangunan pulau ini mulai digencarkan.

Pulau ini sering disebut pula menangis karena memang sering terjadi sasaran penyerbuan para perompak. Alhasil penduduk asli pun merasakan kehidupan yang perih dan penuh dengan tangisan air mata.

Fakta lainnya adalah ternyata pulau ini pernah diperebutkan oleh Belanda dan Spanyol, Amerika dan Belanda, dan juga letaknya yang jauh dari pusat pemerintahan.

Namun tenang saja, karena sekarang pemerintah sudah mulai menaruh perhatiannya untuk memajukan pulau ini. Terbukti bahwa sekarang sudah ada sistem telekomunikasi hingga pembangunan bandara.

Leave a Reply