Taman Nasional, Alam, Pantai

Info Lengkap Wisata Taman Nasional Meru Betiri

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember - foto @tnmerubetiri

Taman Nasional Meru Betiri – Indonesia memiliki beragam keindahan alam dan sudah banyak yang dijadikan sebagai taman nasional yang artinya wilayah tersebut merupakan kawasan wisata dengan pelestarian lingkungan karena memiliki ekosistem makhluk hidup yang wajib dijaga kelangsungannya. Terutama didaerah Provinsi Jawa Timur, yang memiliki banyak lokasi wisata alam dan patut dikunjungi oleh para traveler.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri – foto @tnmerubetiri

Salah satu lokasi yang patut dikunjungi oleh para traveler adalah Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kawasan ini merupakan lokasi wisata alam yang menyuguhkan pesona keindahan alam yang menakjubkan dan menarik bagi para travel yang berkunjung.

Keindahan Alam Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan kawasan yang terletak diantara dua wilayah yang secara administrative terletak diantara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Magelang, nama Meru Betiri sendiri diambil dari nama gunung tertinggi didaerah tersebut yaitu Gunung Meru yang memiliki ketinggian 500 mdlp dan Gunung Betiri 1.223 mdpl.

Baca Juga :

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri – foto milik @purwohanjarprasetya

Didalam kawasan ini pengunjung dapat melihat beragam keindahan yang muncul dari dari tanaman-tanaman langka yang dijaga dan dilestarikan seperti bakau, api-api, raflessia zollingeriona, rengas dan lainnya. selain itu ada banyak hewan-hewan yang juga dijaga kelestariannya seperti penyu, banteng, macan tutul, kijang dan lainnya.

Satwa langka yang menjadi ciri khas dari Taman Nasional Meru Betiri adalah hewan penyu beberapa penyu langka seperti penyu hijau, penyu belimbing, penyu lekang, dan penyu sisik yang ditangkarkan di pantai sukamade, ujung timur meru betiri dan dibudidayakan serta terus dijaga kelestariannya karena kelangkaan dari penyu-penyu itu sendiri.

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember – foto @tnmerubetiri

Tidak hanya menjadi rumah bagi sebagian tanaman-tanaman langka, hal ini dikarenakan tempat tersebut menjadi lokasi penelitian tanaman obat dari 518 jenis tumbuhan yang berhasil diinvetarisasi di Taman Nasional Meru Betiri sebanyak 239 jenis diantaranya merupakan tanaman obat.

Salah satu tanaman endemis dari Taman Nasional Meru Betiri adalah tanaman cabai jawa yang menajdi contoh tanaman obat dari taman nasional tersebut.

Tempat Wisata di Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

wisata Taman Nasional Meru Betiri – foto by merubetiri.id

Taman Nasional Meru Betiri memang sudah terkenal memiliki keindahan alam dan hayati yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Selain banyaknya tanaman-tanaman langka yang dapat dilihat disekitar taman nasional ini juga hewan-hewan langka yang dilestarikan ada beberapa lokasi wisata lainnya seperti pantai batu, teluk hijau, pantai sukamade atau pengunjung juga dapat melakukan perjalanan menuju goa jepang,

Selain itu ada taman nasional lainnya di dekat wilayah Taman Nasional Meru Betiri seperti taman nasional baluran yang berjarak 170km dari Taman Nasional Meru Betiri, taman nasional alas purwo yang terkenal dengan banyaknya hal mistis disini. Sehingga sangat disayangkan apabila pengunjung tidak ikut menyambangi tempat-tempat wisata disekitar Taman Nasional Meru Betiri yang menyimpan keindahan alami dan menakjubkan.

Rute Menuju Taman Nasional Meru Betiri

Rute menuju Taman Nasional Meru Betiri

Rute menuju Taman Nasional Meru Betiri – foto @chputriw

Taman Nasional Meru Betiri dapat diakses baik melalui wilayah Kabupaten Banyuwangi di timur, ataupun melalui Kabupaten Jember di sebelah barat. Yakni melewati tempat-tempat sebagai berikut.

Banyuwangi – Jajag – Pesanggaran – Sungai Lembu – Kandangan – Sarongan – Pantai Rajegwesi (pintu gerbang taman nasional) – Sumbersuko – Sukamade. Sukamade adalah wilayah pantai yang terkenal sebagai tempat peneluran penyu.

Jember – Ambulu – Tempurejo – Curahnongko – Andongrejo (lokasi gerbang taman nasional) – Bande Alit. Bandealit juga merupakan wilayah pantai, yang berlokasi disebuah perkebunan kecil di tengah hutan.

Atau melalui rute Jember lainnya seperti alur Jember – Genteng – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Sukamade. Jalur ini  sepanjang 109 km dapat ditempuh dalam waktu 3,5 – 4 jam dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Para traveler dapat memilih jalur manapun untuk dapat menuju Taman Nasional Meru Betiri atau bahkan bisa mengikuti Google maps dibawah ini :

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Gerbang Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Gerbang Masuk Taman Nasional Meru Betiri – foto @fahmil_aziz

Memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri sendiri tidak akan membuat dompet kering karena bagi pengunjung lokal cukup membayar Rp2000 – Rp5000 akan tetapi harga tiket tersebut berbeda untuk wisatawan dari mancanegara yang dikenai tiket masuk sebesar Rp150.000 per orangnya.

Jam operasional Taman Nasional Meru Betiri dibuka pada jam 08.00 WIB pagi dan ditutup 18.00 WIB sore. Untuk pengunjung yang berkunjung pun juga bisa mencari penginapan disekitar Taman Nasional Meru Betiri selain penginapan, dikawasan ini juga terdapat fasilitas lainnya seperti mushola, toilet, kantin makan dan lainnya.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Nasional Meru Betiri

1. Mengamati Tumbuhan dan Hewan Langka

satwa langka di taman nasional meru betiri - foto by merubetiri.id

satwa langka di taman nasional meru betiri – foto by merubetiri.id

Taman Nasional Meru Betiri memang menjadi rumah untuk satwa dan tumbuhan-tumbuhan langka, maka, akan sangat mneraik bagi pengunjung yang datang mengamati dan melihat bagaimana para satwa dan tumbuhan tersebut hidup di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Tapi tetap diingat jangan sembarangan untuk menyentuh atau memberi makan para satwa dan tumbuhan tersebut karena mereka dilindungi oleh negara.

2. Wisata Air Meru Betiri

Wisata Greenbay di Taman Nasional Meru Betiri

Wisata Greenbay di Taman Nasional Meru Betiri – foto by nativeindonesia

Dikawasan Meru Betiri, masih banyak pantai yang terjaga kealamiannya, sangat disayangkan apabila traveler yang datang tidak menikmati keindahan pantai-pantai tersebut. Pantai Meru, Greenbay, Pantai Permisan Barat, Pantai Permisan Timur, dan Pantai Bandealit dimana para pengunjung dapat bersantai dan bermain – main dengan guyuran ombak dan pasir.

3. Surfing di Taman Nasional Meru Betiri

surfing  di taman nasional meru betiri

surfing di taman nasional meru betiri – foto by nativeindonesia

Bagi pengunjung yang menyukai debur ombak, pantai disekitar kawasan Taman Nasional Meru Betiri sangat tepat untuk melakukan body surfing, Di daerah Pantai Bandealit pengunjung dapat belajar bagaimana cara berselancar yang baik. Dimana untuk para pemula sangat dibuka dengan pintu lebar.

Ombak yang tidak begitu besar menjadikan wisata belajar berselancar ini menjadi kegiatan yang menarik bagi para pengunjung di Taman Nasional Meru Betiri.

4. Wisata Pengamatan Penyu

Taman Nasional Meru Betiri

wisata Taman Nasional Meru Betiri – foto by antarafoto.com

Penyu memang menjadi satwa khasmeru betiri sehingga banyak pengunjung yang ingin melihat kegiatan penyu-penyu laut tersebut selama berkeunjung dikawasanmeru betiri.

Para pengunjung dapat melihat penyu bergerak secara bergerombol dari darat ke laut untuk berenang ataupun dari laut ke darat untuk bertelur. Keberadaan penangkaran penyu ini merupakan sebuah sarana yang bagus dalam menjaga habitat asli penyu jawa di Taman Nasional Meru Beriti.

**

Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan selama mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri dan beberapa informasi mengenai harga tiket, akses dan kegiatan wisata Taman Nasional Meru Betiri.

Leave a Reply