Info Lengkap Wisata Taman Nasional Meru Betiri - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Taman Nasional, Alam, Pantai

Info Lengkap Wisata Taman Nasional Meru Betiri

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember - foto @tnmerubetiri

Taman Nasional Meru Betiri – Indonesia memiliki beragam keindahan alam dan sudah banyak yang dijadikan sebagai taman nasional yang artinya wilayah tersebut merupakan kawasan wisata dengan pelestarian lingkungan karena memiliki ekosistem makhluk hidup yang wajib dijaga kelangsungannya. Terutama didaerah Provinsi Jawa Timur, yang memiliki banyak lokasi wisata alam dan patut dikunjungi oleh para traveler.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri – foto @tnmerubetiri

Salah satu lokasi yang patut dikunjungi oleh para traveler adalah Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kawasan ini merupakan lokasi wisata alam yang menyuguhkan pesona keindahan alam yang menakjubkan dan menarik bagi para travel yang berkunjung.

Keindahan Alam Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan kawasan yang terletak diantara dua wilayah yang secara administrative terletak diantara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Magelang, nama Meru Betiri sendiri diambil dari nama gunung tertinggi didaerah tersebut yaitu Gunung Meru yang memiliki ketinggian 500 mdlp dan Gunung Betiri 1.223 mdpl.

Baca Juga :

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri – foto milik @purwohanjarprasetya

Didalam kawasan ini pengunjung dapat melihat beragam keindahan yang muncul dari dari tanaman-tanaman langka yang dijaga dan dilestarikan seperti bakau, api-api, raflessia zollingeriona, rengas dan lainnya. selain itu ada banyak hewan-hewan yang juga dijaga kelestariannya seperti penyu, banteng, macan tutul, kijang dan lainnya.

Satwa langka yang menjadi ciri khas dari Taman Nasional Meru Betiri adalah hewan penyu beberapa penyu langka seperti penyu hijau, penyu belimbing, penyu lekang, dan penyu sisik yang ditangkarkan di pantai sukamade, ujung timur meru betiri dan dibudidayakan serta terus dijaga kelestariannya karena kelangkaan dari penyu-penyu itu sendiri.

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember

Penyu Langka di Taman Nasional Meru Betiri di Jember – foto @tnmerubetiri

Tidak hanya menjadi rumah bagi sebagian tanaman-tanaman langka, hal ini dikarenakan tempat tersebut menjadi lokasi penelitian tanaman obat dari 518 jenis tumbuhan yang berhasil diinvetarisasi di Taman Nasional Meru Betiri sebanyak 239 jenis diantaranya merupakan tanaman obat.

Salah satu tanaman endemis dari Taman Nasional Meru Betiri adalah tanaman cabai jawa yang menajdi contoh tanaman obat dari taman nasional tersebut.

Tempat Wisata di Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

wisata Taman Nasional Meru Betiri – foto by merubetiri.id

Taman Nasional Meru Betiri memang sudah terkenal memiliki keindahan alam dan hayati yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Selain banyaknya tanaman-tanaman langka yang dapat dilihat disekitar taman nasional ini juga hewan-hewan langka yang dilestarikan ada beberapa lokasi wisata lainnya seperti pantai batu, teluk hijau, pantai sukamade atau pengunjung juga dapat melakukan perjalanan menuju goa jepang,

Selain itu ada taman nasional lainnya di dekat wilayah Taman Nasional Meru Betiri seperti taman nasional baluran yang berjarak 170km dari Taman Nasional Meru Betiri, taman nasional alas purwo yang terkenal dengan banyaknya hal mistis disini. Sehingga sangat disayangkan apabila pengunjung tidak ikut menyambangi tempat-tempat wisata disekitar Taman Nasional Meru Betiri yang menyimpan keindahan alami dan menakjubkan.

Rute Menuju Taman Nasional Meru Betiri

Rute menuju Taman Nasional Meru Betiri

Rute menuju Taman Nasional Meru Betiri – foto @chputriw

Taman Nasional Meru Betiri dapat diakses baik melalui wilayah Kabupaten Banyuwangi di timur, ataupun melalui Kabupaten Jember di sebelah barat. Yakni melewati tempat-tempat sebagai berikut.

Banyuwangi – Jajag – Pesanggaran – Sungai Lembu – Kandangan – Sarongan – Pantai Rajegwesi (pintu gerbang taman nasional) – Sumbersuko – Sukamade. Sukamade adalah wilayah pantai yang terkenal sebagai tempat peneluran penyu.

Jember – Ambulu – Tempurejo – Curahnongko – Andongrejo (lokasi gerbang taman nasional) – Bande Alit. Bandealit juga merupakan wilayah pantai, yang berlokasi disebuah perkebunan kecil di tengah hutan.

Leave a Reply