Taman Nasional Berbak Jambi, Amazon-nya Indonesia - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Taman Nasional

Taman Nasional Berbak Jambi, Amazon-nya Indonesia

Taman Nasional Berbak

Provinsi Jambi memiliki satu destinasi wisata yang tak kalah unik dengan Amazon di Amerika sana. Namanya adalah Taman Nasional Berbak yang saat ini namanya sudah viral di seluruh Indonesia.

Salah satu keunikan taman konservatif ini ialah masih belum terjamah manusia. Artinya, alam Taman Berbak Jambi masih asri, alami dan natural yang tentunya marga satwa di dalamnya juga dipenuhi dengan spesies langka dan unik.

Taman Nasional Berbak Jambi

Taman Nasional Berbak

Taman Nasional Berbak

Taman Nasional Berbak adalah taman konservatif yang ada di provinsi Jambi. Ini tidak hanya diakui oleh Indonesia tetapi juga kalangan internasional dan dianggap sebagai lahan basah internasional menurut Ramsar 1992.

Menurut kabarnya, Taman Berbak adalah taman konservatif perlindungan hutan rawat paling luas se-Asia Tenggara. Ini wajar, karena di dalam taman ini terdapat lahan hutan gambut yang bersambung dengan hutan rawa air tawar, sehingga luasnya sangat luar biasa.

Kabarnya Taman Berbak berukuran sepanjang pesisir timur Sumatera. Sungguh sebuah taman konservatif yang membanggakan Jambi secara khusus dan Indonesia secara umum.

Aneka Satwa Langka di Taman Berbak Jambi

Taman Berbak Provinsi Jambi tidak hanya terkenal dengan suasana hutan yang rimbun dan pemandangan yang asri, tetapi satwa langka yang ada di dalamnya juga menyimpan pesona tersendiri. Bahkan alasan satwa inilah yang terkadang menjadikan taman ini sebagai lahan yang pas untuk riset ilmu pengetahuan.

Salah satu satwa terkenal Taman Berbak dari segi tumbuhan adalah Pohon Meranti. Selain itu juga ada beberapa spesies baru dari Tanaman Palem. Tumbuhan-tumbuhan ini dianggap langka karena sudah banyak hutan yang tidak memilikinya.

Satwa dari jenis binatang langka juga banyak di Taman Berbak. Bahkan taman konservatif ini menjadi kesukaan ribuan burung migran untuk dijadikan sebagai tempat singgah. Maka dari itu, jangan heran jika di hutan ini dipenuhi dengan burung langka yang bergerumbul atau berkelompok.

Sungai Hitam Dalam, Keunikan Taman Berbak

Taman Berbak

Salah satu keunikan Taman Berbak Provinsi Jambi adalah adanya Sungai Hitam Dalam. Ini tidak hanya sebuah nama, melainkan memang sungai yang memiliki warna air hitam pekat seperti kopi.

Leave a Reply