Taman Nasional di Sulawesi Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Taman, Alam

Taman Nasional di Sulawesi Tengah

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean - foto @goandred

Tahukah kalian jika di provinsi Sulawesi Tengah memiliki 2 buah taman nasional yang sangat terkenal hingga ke manca negara? yap kedua taman tersebut adalah Taman Nasional Lore Lindu dan taman Nasional Laut yakni Taman Nasional Kepulauan Togean. Kedua Taman Nasional di Sulawesi Tengah in ie miliki ciri dan keindahan masing-masing terlebih keduanya memang berbeda jenis taman nasionalnya.

Peta Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah – foto wartawisata

Taman Nasional di Sulawesi Tengah ini kini banyak dikunjungi wisatawan yang tidak hanya datang dari Warga sulteng saja tetapi juga dari luar sulawesi hingga mancanegara. Taman Nasional Togean misalnya, hampir semua wisatawan yang menyukai Diving pasti mengenal Taman Nasional cantik ini.

Baca Juga ya :

Rumah Adat Sulawesi tengah Tambi

Rumah Adat Sulawesi tengah Tambi – foto apbaxter

Begitupun dengan Taman Nasional Lore Lindu yang sangat identik dan banyak terdapat sisa peradaban Zaman Megalitikum hingga banyak para arkeolog yang tertarik datang ketaman nasional bersejarah ini. Untuk lebih jelasnya kita simak ulasan singkat tentang kedua Taman Nasional di Sulawesi Tengah ini yang saya ambil dari wikipedia.

1. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) terletak di selatan kabupaten Donggala dan bagian barat kabupaten Poso. Taman Nasional Lore Lindu terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu. Taman nasional ini terbagi atas tiga kawasan, yakni Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, Hutan Wisata Danau Lindu, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa.

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu – foto @dittobirawa

Taman Nasional Lore Lindu juga menjadi daerah tangkapan air bagi 3 sungai besar di Sulawesi Tengah, yakni sungai Lariang, sungai Gumbasa dan sungai Palu. Taman Nasional Lore Lindu memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia.

Flora dan Fauna Taman Nasional Lore Lindu

Flora dan Fauna Taman Nasional Lore Lindu – foto @donnypalutok80

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi. Anoa, babirusa, rusa, kera hantu (Tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi hidup di taman ini. Taman Nasional Lore Lindu juga memiliki paling sedikit 5 jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikusnya, termasuk jenis endemik.

Baca juga ya :

Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi tengah

Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi tengah – foto @donnypalutok80 .

Sedikitnya ada 55 jenis kelelawar dan lebih dari 230 jenis burung, termasuk maleo, 2 jenis enggang Sulawesi yaitu julang Sulawesi dan kengkareng Sulawesi. Burung Enggang Benbuncak juga disebut Rangkong atau burung allo menjadi penghuni Taman Nasional Lore Lindu.

Leave a Reply