Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Taman, Alam

Taman Nasional di Sulawesi Tengah

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean - foto @goandred

Tahukah kalian jika di provinsi Sulawesi Tengah memiliki 2 buah taman nasional yang sangat terkenal hingga ke manca negara? yap kedua taman tersebut adalah Taman Nasional Lore Lindu dan taman Nasional Laut yakni Taman Nasional Kepulauan Togean. Kedua Taman Nasional di Sulawesi Tengah in ie miliki ciri dan keindahan masing-masing terlebih keduanya memang berbeda jenis taman nasionalnya.

Peta Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah – foto wartawisata

Taman Nasional di Sulawesi Tengah ini kini banyak dikunjungi wisatawan yang tidak hanya datang dari Warga sulteng saja tetapi juga dari luar sulawesi hingga mancanegara. Taman Nasional Togean misalnya, hampir semua wisatawan yang menyukai Diving pasti mengenal Taman Nasional cantik ini.

Baca Juga ya :

Rumah Adat Sulawesi tengah Tambi

Rumah Adat Sulawesi tengah Tambi – foto apbaxter

Begitupun dengan Taman Nasional Lore Lindu yang sangat identik dan banyak terdapat sisa peradaban Zaman Megalitikum hingga banyak para arkeolog yang tertarik datang ketaman nasional bersejarah ini. Untuk lebih jelasnya kita simak ulasan singkat tentang kedua Taman Nasional di Sulawesi Tengah ini yang saya ambil dari wikipedia.

1. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) terletak di selatan kabupaten Donggala dan bagian barat kabupaten Poso. Taman Nasional Lore Lindu terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu. Taman nasional ini terbagi atas tiga kawasan, yakni Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, Hutan Wisata Danau Lindu, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa.

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu – foto @dittobirawa

Taman Nasional Lore Lindu juga menjadi daerah tangkapan air bagi 3 sungai besar di Sulawesi Tengah, yakni sungai Lariang, sungai Gumbasa dan sungai Palu. Taman Nasional Lore Lindu memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia.

Flora dan Fauna Taman Nasional Lore Lindu

Flora dan Fauna Taman Nasional Lore Lindu – foto @donnypalutok80

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi. Anoa, babirusa, rusa, kera hantu (Tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi hidup di taman ini. Taman Nasional Lore Lindu juga memiliki paling sedikit 5 jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikusnya, termasuk jenis endemik.

Baca juga ya :

Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi tengah

Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi tengah – foto @donnypalutok80 .

Sedikitnya ada 55 jenis kelelawar dan lebih dari 230 jenis burung, termasuk maleo, 2 jenis enggang Sulawesi yaitu julang Sulawesi dan kengkareng Sulawesi. Burung Enggang Benbuncak juga disebut Rangkong atau burung allo menjadi penghuni Taman Nasional Lore Lindu.

Situs Megaltikum di Taman Nasional Lore Lindu

Situs Megaltikum di Taman Nasional Lore Lindu – foto @imranrosadi_imee

Peninggalan megalitikum di Taman Nasional Lore Lindu berupa Patung-patung megalitikum yang usianya diprediksi mencapai ratusan bahkan ribuan tahun banyak tersebar di kawasan Taman Nasional Lore Lindu seperti dikawasan Lembah Napu, Behoa dan Bada. Hingga kini Tercatat ada 1.466 temuan megalitik dari 83 situs yang telah diungkap. Patung-patung ini sebagai monumen batu terbaik di antara patung-patung sejenis di Indonesia.

2. Taman Nasional Kepulauan Togean

Satu lagi Taman Nasional di Sulawesi tengah yakni Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) . Taman laut yang sangat indah ini merupakan sebuah taman nasional yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una.

Taman Nasional Kepulauan Togean Sulawesi tengah

Taman Nasional Kepulauan Togean Sulawesi tengah – foto @togeantravel

Taman Nasional Kepulauan Togean dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Di Taman Nasional Kepulauan Togean ini kita bisa menyelam dan snorkelling di kawasan Pulau Kadidiri. Kita juga bisa memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan.

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean – foto @goandred

Hingga saat ini tercatat ada 262 spesies karang yang tergolong kedalam 19 Familia pada 25 titik terumbu karang yang tersebar di Taman Nasional Kepulauan Togean. Hasil Marine RAP juga mencatat adanya jenis karang endemik Togean, yaitu Accropora togeanensis pada 11 titik pengamatan terumbu karang.

Biota Laut Taman Nasional Kepulauan Togean

Biota Laut Taman Nasional Kepulauan Togean – foto @gonax.travel

Terumbu Karang Taman Nasional Kepulauan Togean

Terumbu Karang Taman Nasional Kepulauan Togean – foto @togeantravel

Terumbu karang di Kepulauan Togean juga sangat kaya akan keanekaragaman hayati laut dengan 4 type terumbu karang : karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll). Untuk menuju ke kepulauan Togean dapat ditempuh Dari Palu ke Ampana via Poso (375 kilometer) dengan bis atau mencarter mobil, kemudian dengan perahu dari Ampana ke Wakai dan Malenge dengan jadwal rutin setiap hari, berangkat jam 10.00 – 11.00 pagi. Jika Dari Gorontalo, Kita bisa naik mobil ke Marisa, selanjutnya naik perahu ke Dolong atau Wakai.

**

Jadi Taman Nasional mana yang akan kalian datangi lebih dulu guys Jangan lupa tetap jaga kebersihan ya selama mengunjungi Taman Nasional di Sulawesi Tengah.

Leave a Reply