Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gunung

Mengenal Gunung Karangetang di Siau Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara

Gunung Karangetang Sitaro - foto @mr.kla_

Gunung Karangetang adalah Jenis gunung Stratovolcano. Gunung Karangetang lebih dikenal sebagai Gunung Api Siau. Gunung Api Siau Karangetang ini masih sangat aktif dan bisa jadi masuk kedalam daftar gunung berapi di indonesia yang paling sering meletus.

Gunung Karangetang Sitaro Sulawesi utara – foto @radenpanjibambangkuntjoro

Berapa Ketinggian gunung Karangetan ?

Gunung Api Karang etan memiliki ketinggian sekitar 1827 Mdpl. Gunung ini terletak di kawasan bagian kepulauan Sutara Sulawesi Utara, Indonesia. Meski tak terlalu tinggi namun bentuknya sangat tajam kerucut keatas. Bahkan dari tengah gunung sudah tidak ada lagi tanaman yang tumbuh seperti gunung-gunung lainnya sebab karena seringnya erupsi mengakibatkan tanaman disekitarnya mati terkena lahar atau debu vulkanik.

Baca juga :

Gunung Karangetang Sitaro – foto @mr.kla_

Gunung Karangetang tercatat pernah meletus sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak tercatat. Hal ini terkait dengan jalur Sirkum Pasifik yang melintasi wilayah Siau. Hal ini ditandai dengan keberadaan sejumlah gunung berapi dikabupaten Siau seperti Gunung Api Karangetang di Pulau Siau dan Gunung Api Ruang di Pulau Tagulandang yang hingga saat ini masih aktif menyemburkan material perut bumi sebagai pupuk alami.

Lokasi Gunung Karangetang

Pulau Siau Sitaro dan gunung Karangetang – foto @kataomed

Gunung Karangetang terletak dikota Siau, Pulau Siau yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau disingkat Kabupaten Sitaro, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro beribu kota di Ondong Siau.

Cara Menuju Siau dan Gunung Karangetan

Jalur pendakian ke gunung Karangetang Siau – @marijokasitaro

Buat kalian yang ingin menginjakan kakinya ke kota Siau dan ingin melihat langsung tajamnya Gunung Karangetang ini maka kalian harus ke kota Manado atau Bitung terlebih dahulu. Dari sana kalian harus naik kapal cepat atau kapal Lambat menuju Kota Siau kabupaten Sitaro selaa sekitar 4-6 jam pelayaran. Gunung Karangetang ini berada tepat dipusat sebelah sisi kota Siau. Jadi kalo dah mendarat dipulau Siau, kalian akan melihat sendiri bentuk dan keindahan gunung Karangetang.

73 Comments

  1. Jujur baru tahu gunung Karangetang dan kota Siau, duh jadi malu nih.
    Indah ya gunung ini, walau ngeri ngeri sedap karena masih sangat aktif.

  2. Wah menarik sih. Tapi gak bisa ngecamp di gunung Karangetang ya? Kalaupun bisa ada sumber mata airnya juga gak ya di atasnya?

    • seringjalan

      bisa ko, sampe pos tengah. nah dari sana baru summit. dia sama kek gunung2 lainnya, airnya bawa dari bawah

  3. Belum pernah ke Sulawesi buat liburan.. tiketnya mahal. Tapi liat destinasi begini seru juga..

    • seringjalan

      banyak jalan menuju roma, termasuk naik kapal pelni kan gampang

  4. Sitaro ternyata singkatan ya. Sepertinya di Sulawesi banyak nama yang disingkat, termasuk Wakatobi.
    Sama seperti penulis yang bernama Emye, singkatan juga kan ya….

  5. Yah kok ceritanya tau2 abis. Padahal kan masih pengen mbacaaa

  6. Jujur saya ngga terlalu suka naik gunung. Tapi kalo lihat pemandangan yang indah kayak gitu kayaknya saya pingin mencoba untuk naik gunug Karangetang.

  7. Saking banyaknya gunung berapi saya jadi baru ngeh nama gunung Karangetang di Siau Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara ini.
    Dan, jika sering meletus bagaimana dengan penduduk sekitar kaki gunung, apa mereka juga sudah terbiasa dengan kondisi ini?

  8. Tuty prihartiny

    Baiklah, saat kunjungan ke Menado menyempatkan nyebrang ke Kota Siau tapi untuk motret dan melihat berbagai hal tentang gunung karang etang, sambil menunggu kelanjutan tulisan omed yang kali aja ada suatu kejutan.

  9. Semakin penasaran untuk mendaki gunung2 berapi di luar pulau jawa. Thank you for sharing this!

  10. Gunung runcing gini mirip kali ya sama gunung Inerie di Bajawa, NTT

    • seringjalan

      Lebih runcing gunung inerie sih cuma aktifnya lebih aktif ini

  11. Gw seumur2 belon pernah Naik gunung nih. Pengen Naik tp takut ga kuat napasnya wkwk

  12. Tulisannya menarik tapi nanggung. Btw.. kenapa kita harus ke gunung ini kak? Apa hal paling menarik sehingga kita harus belain2 datang ke sini?

  13. Kakak yang ganteng/cantik, kira2 habis berapa duit kak kalau mau maen2 ke sini dari Jakarta?

    • seringjalan

      selain tiket ya.. misal dari bitung atau manado cuma butuh pp 400 rebu saja

  14. Wah keren sudah sampai gunung Karangetang aja. Syarat untuk pendaki tentunya tinggi nih ya kalo mau daki

    • seringjalan

      Sebenarnya ga super tinggi2 amat sih cuma ya treknya itu nanjak banget

  15. Informatif sekali kak tulisannya. Terimakasih ya

  16. Viewnya kereeen banget bikin fallin in luv, tapi serem juga klo sering meletus. Saya belum punya nyali buat naik gunung ini kayanya. Thank youuu buat sharingnya

  17. Salah satu ciri khas gunung di sulawesi itu memang terjal, runcing mengerucut dan didominasi bebatuan ya..
    Btw apakah gunung karangetang bisa didaki?

  18. foto gunungnya bagus banget… coba aku bisa mendaki gunung melewati lembah..

  19. Cha

    Viewnya bagus banget, suka kepengen ikutan nanjak tapi gak berani, takut engap ditengah jalan. Omed luar biasa sekaliihh.. mainannya jauh aja.

    -cha-

  20. Kayaknya gunungnya masih asri banget ya, masih cenderung sepi juga dari pendaki. Lumayan menantang nih kalau mendaki Gunung Karangetang di Kota Siau ini.

  21. Fanti

    Butuh waktu brp lama summit nya?? Viewnya ajib banget…

  22. Tambah pelajaran geografi baru. Soalnya baru ngerti ada nama gunung Karangetang.
    Kereen bgt yah

  23. Saya kira tulisannya catatan perjalanan mendaki gunung ini hehe. Ternyata mukaddimah dulu ya. Mungkin catper nya di tulisan berikutnya..

  24. Kayaknya belum banyak yang nulis tentang gunung ini. Dan pen nyoba rasanya naik gunung selain di jawa & sumatera euy.

  25. Awalnya saya pikir ini di Jawa loh. Ternyata ada di Sulawesi Utara. Saya pernah ke Bitung dan Manado tapi belum tahu info ini. Cita2 ingin ke Sangihe.

  26. jangankan nama gunungnya, nama daerahnya aja baru dengar

    beda penjelajah nusantara mah ya

  27. Harus kuakui fotonya bagus semua sampai bolak balik dilihat lagi. Sebagai orang yang belum pernah ke Sulawesi (baeklah. Ini memalukan hahhahaaa) aku pengen banget liat keindahan gunung Karangetang ini

  28. Meskipun setengah vegetasi ke atas sudah kosong, gunung ini tetap indah yaa..fotonya bagus pun 🤭

  29. Sepertinya menarik ya mendaki gunung Karangetang, tapi pas baca sering meletus jadi agak serem.

  30. Baru dengar nama Gunung Karangetang hahaha. Maklum, bukan anak gunung, apalagi gunung-gunung di luar pulau Jawa. Anw, nice info

  31. gak pernah naik gunung, karena ada masalah di tulang kaki dan persendian. tapi, pengalaman yang paling unik menurutku ya naik gunung.. jadi pengen

  32. Setiap ke Manado gagal terus mau ke Siau.. dari bawah aja cakep banget fotonyaa..

  33. Keren ih! Aku kapan diajak nanjak bareng? Anyway, gunung Jenis gunung Stratovolcano itu gunung yang kayak gimana ya?

    • seringjalan

      kek kamu ada waktu aja. Gunung stratovolkano itu gunung berapi kerucut yang makin kepuncak atau semakin tinggi semakin mengerucut terdiri dari lava dan abu vulkanik yang mengeras

  34. Sampe puncak ga ka? Hehe kayanya termasuk gunung yg agak sulit dijangkau yaa

  35. Untung pas kamu naik ga meletus yaa, kalau meletus suaranya kaya balon hijau ga? Door .

    Dan kamu juga juru cekrek yang handal gan. Ihiww

Leave a Reply