Air Terjun, Alam

Keindahan yang Tiada Tara di Air Terjun Piala

Air Terjun Piala

Air Terjun Piala - Sumber: pusatinfowisata26

Air Terjun Piala – Berwisata di alam dipercaya dapat menghilangkan stress dan beban yang ada di pikiran. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi air terjun yang airnya masih hijau, jernih, dengan alam sekeliling yang sangat asri, tempat wisata yang satu ini bisa jadi pilihanmu yakni Air Terjun Piala.

Air Terjun Piala di Luwuk

Air Terjun Piala di Luwuk – Sumber: instagram.com/willy_photograph

Air Terjun Piala sendiri berada di tengah hutan lebat dan masih sagat asri terutama pemandangan alam disekitarnya. Jai bagi kalian yang ingin mengunjungi air terjun piala tentunya selain bisa menyegarkan mata juga dapat menyegarkan pikiranmu. Air Terjun Piala ini baru mulai popular satu tahun belakangan terakhir jadi masih tergolong sepi.

Lokasi Air Terjun Piala

pesona, Air Terjun Piala

pesona, Air Terjun Piala – Sumber: pusatinfowisata26

Air Terjun Piala berlokasi di kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Untuk tiba di air terjun ini, para pengunjung dapat berangkat dari Kelurahan Hanga-Hanga. Setelah melalui perjalanan kurang lebih 20 menit, kamu akan tiba di pintu air PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro).

Oh ya, jadi air terjun piala ini dijadikan sebagai Pembangkit Listrik yang awalnya dikelola oleh swasta dan kemudian dijual ke PLN. Setelah melewati pintu air ini, kamu perlu berjalan sekitar 10 menit melewati medan yang cukup curam dan licin, dan tibalah kamu pada keindahan alam dan air terjun yang akan membuat hatimu terkagum.

Baca Juga ya :

Ciri Khas Air Terjun Piala

Ciri Khas Air Terjun Piala

Ciri Khas Air Terjun Piala – Sumber: Bonauli/detikTravel

Beberapa ciri khas Air Terjun Piala yang membuatmu jatuh cinta adalah airnya yang berwarna hijau, dan bentuk air terjunnya yang berundak seperti tangga. Untuk yang suka mengambil foto, berfoto dengan air terjun hijau yang dikelilingi pepohonan dan air terjun yang bertingkat-tingkat tentunya akan sangat menarik.

Sebenarnya Tidak semua air terjun memiliki ciri khas seperti ini, hanya saja Air Terjun Piala memang terlihat istimewa. Jadi jangan sampai terlewatkan momen untuk berfoto di Air Terjun Piala yang indah ini ya.

Aktivitas di Air Terjun Piala

Bersantai dan Bakar- Bakar Ikan

Bila kamu mengunjungi tempat ini bersama keluarga, kamu bisa bersantai, berfoto, dan juga membakar ikan untuk disantap bersama. Pada hari Minggu dan akhir pekan, ada banyak pengunjung yang bakar-bakar ikan. Bila sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan semua sisa bebakaran kamu ya karena alam kita yang sangat indah ini sayang sekali kalau kita cemari dengan sampah dari kita.

Berenang di Air Terjun Piala

Berenag di Air Terjun Piala

Berenag di Air Terjun Piala – Sumber: instagram.com/andrikilua

Air terjun piala ini memiliki beberapa tingkatan. Tingkat pertama yang tertinggi dan tingkatan terbawahnya adalah kolam luas tempat kamu bisa berenang. Namun, untuk yang tidak bisa berenang dan yang mau berfoto, kamu harus hati-hati ya. Lho, kenapa begitu? Karena kolam di bawah air terjun ini sangat dalam, diperkirakan sampai 4 meter.

Sekilas Tentang Kota Luwuk

Pantai Kilo Lima luwuk bangai

Pantai Kilo Lima luwuk bangai – foto justrulife.com

Kota Luwuk adalah pusat pemerintahan Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kota Luwuk berjarak sekitar 610 KM dari ibukota provinsi Sulawesi Tengah, yaitu kota Palu. Selain air terjun piala, ada banyak objek wisata alam lain di kota Luwuk yang tidak kalah indah dan menarik.

Beberapa objek wisata atau tempat wisata di luwuk di antaranya:

  1. Pantai Kilo 5, yang merupakan wisata kebanggaan masyarakat Luwuk karena luasnya pantai ini yang membentang di sepanjang kota Luwuk.
  2. Bukit Teletubbies Luwuk, objek wisata yang menyuguhkan pemandangan hamparan rerumputan hijau yang sangat memanjakan mata.

***

Jadi bagaimana? tertarik untuk datang ke Luwuk khususnya melihat keindahan Air Terjun Piala?

Leave a Reply