Air Terjun

3 Air Terjun Nias yang Terindah

Air Terjun Mondrowe, air terjun Nias yang Indah

Air Terjun Mondrowe, air terjun Nias yang Indah - foto staticflickr

Tiga Air Terjun Nias yang Terindah – Nias merupakan sebuah kepulauan yang terletak persis di sebalah barat Pulau Sumatra, Indonesia. Pulau Nias ini termasuk kedalam wilayah administrative Sumatra Utara dan terkenal sebagai pulau terbesar di antara gugusan pulau di pantai barat Sumatra.

Sebagai informasi bahwa perjalanan ke Pulau Nias ini bisa ditempuh melalui perjalanan darat-laut yang mungkin akan menghabiskan banyak waktu walaupun biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Selain melalui jalur darat-laut tersebut, para wisatawan bisa melewati jalur udara dengan menggunakan maskapai pesawat terbang yang tersedia menuju bandara di Pulau Nias.

Mungkin banyak wisatawan yang datang kepulau ini hanya untuk melihat keindahan dari pantai dan juga budaya masyarakatnya, namun sebenarnya ada berbagai obyek wisata yang belum terjamah dan terekspos ke massa, salah satunya adalah air terjun nias yang memiliki keindahan tidak kalah dari air terjun yang ada di pulau jawa.

Berikut adalah ulasan dari tiga air terjun nias yang terkenal karena keindahannya:

1. Air Terjun Humogo Nias

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kesegaran dari air terjun adalah yang terbaik. Salah satu Air Terjun Nias yang terkenal adalah Humogo, dimana air terjun ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi wisata yang berkunjung ke air terjun tersebut, seperti panoramanya yang indah dan juga kesegaran dari air yang mengalir.

Air Terjun Humogo Nias

Air Terjun Humogo Nias – foto iytimg.com

Air Terjun Humogo ini berada di Desa Fadoro Idanoi Dusun II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, atau terletak sekitar 18 Km dari pusat kota GunungSitoli. Air terjun Humogo ini tingginya mencapai 8 meter dan lebarnya juga kurang dari 8 meter.

2. Air Terjun Mondrowe

Air terjun Mondrowe adalah air terjun paling tinggi dan paling indah dari banyak air terjun Nias. Tinggi air terjun ini sekitar 18 meter dan terdapat danau yang sejuk di kaki air terjun tersebut.

Baca Juga :

Air Terjun Mondrowe, air terjun Nias yang Indah

Air Terjun Mondrowe, air terjun Nias yang Indah – foto staticflickr

Air terjun ini terletak di Desa Mondrowe, Kecamatan Sidua Ori Kabupaten Nias Selatan. Akses ke lokasi air terjun ini sangat mudah, karena hanya memakan waktu 2 jam perjalanan dari Kota Gunungsitoli atau 1.5 Jam dari Teluk Dalam.

Tantangan bagi para wisatawan ketika ingin berkunjung ke air terjun Nias satu ini adalah tangga yang tersedia setinggi 10 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat harus dilalui untuk bisa menikmati air terjun Mondrowe.

3. Air Terjun Baho Ndra

Air terjun ini berada persis di Desa Simanaere, Kec GunungSitolo Idanoi, Kota Gunungsitolo, Sumatra Utara. Air terjun ini berjarak sekitar 17 Km dengan waktu tempuh selama 32 menit. Lokasi air terjun ini sebenarnya cukup tersembunyi, sehingga mengharuskan para wisatawan untuk melanjutkan perjalanan tanpa menggunakan kendaraan melalui jalan setapak.

Air Terjun Baho Ndra

Air Terjun Baho Ndra – foto wisato.id

Ketika menuju air terjun ini, para wisatawan akan ditemani oleh rindangnya pohon dan keasrian wisata alam yang masih terjaga, sehingga hal tersebut akan membuat para wisatawan merasa lebih bersemangat untuk mencapai Air Terjun Baho Ndra.

Air Terjun Baho Ndra bukanlah air terjun yang tinggi dan deras, karena ketinggian dari air terjun ini adalah sekitar 10 meter dan kedalaman kolammya hanya 0,5 hingga 2 meter.

Jadi ketika kamu ke Pulau Nias, Kamu udah tau kalo di Nias itu gak cuman ada pantai dan laut doang yang bisa dijadikan tempat untuk berwisata. Air Terjun Nias juga merupakan wisata yang worth it untuk dikunjungi.

 

Leave a Reply