Air Terjun, Alam, Harga Tiket, Inspirasi

Mengenal Air Terjun Blang Kolam yang Eksotis

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam yang Indah

Air Terjun Blang Kolam – berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang mana merupakan provinsi di ujung barat Indonesia, atau juga dikenal sebagai Serambi Mekkah.

Seperti yang kita ketahui bahwa kekayaan alam kita sangatlah melimpah, dan salah satu yang pada saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah adalah kekayaan alam berupa wisata.

Banyak wisatawan yang datang ke Aceh untuk melihat berbagai jenis pantai yang ada dan juga berusaha untuk mengeksplor berbagai pulau yang tersebar di ujung barat Indonesia.

Air Terjun Blang Kolam

Panorama Air Terjun Blang Kolam

Namun ternyata Aceh memiliki potensi lain yang perlu dimaksimalkan, salah satunya adalah wisata alam berupa air terjun yang tersimpan di balik hutan belantara.

Air terjun yang akan dibahas pada artikel kali ini bernama Air Terjun Blang Kolam. Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 75 meter dan dihiasi dengan berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh di sekitaran air terjun tersebut.

Air yang terjatuh dari ketinggian 75 meter dan menghantam batu – batu yang ada dibawahanya memberikan suara alam yang indah sehingga mampu menyihir para pengunjung untuk berlama – lama menghabiskan waktu di air terjun ini.

Air Terjun Blang Kolam diberi nama demikian karena bentuk kolamnya menyerupai cawan raksasa dengan air yang kehijaun sehingga mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati kesegaran air alami yang turun dari air terjun tersebut.

Selain bentuk kolamnya yang seperti cawan raksasa, ternyata keunikan berikutnya terdapat pada bentuk air terjunnya yang terbagi menjadi dua dan saling berdampingan. Keunikan tersebut semakin mempercantik wisata alam satu ini.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung ketika berekreasi ke Air Terjun Blang Kolam, seperti menikmati panorama yang disuguhkan oleh air terjun, menginap atau camping, kemudian bisa juga hunting foto, dan berendam.

Bagi para pengunjung yang melakukan aktivitas seperti berendam ataupun berenang tak perlu khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan, karena di Air Terjun Blang Kolam ini sudah tersedia beberapa orang yang bersiaga ketika suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Suasana Asri Milik Danau Dariza Garut

Baca Juga: Keindahan Wisata Alam Curug Cipurut Wanayasa

Lokasi Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam

Pengunjung Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam ini berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya di Desa Sidomulyo Kec. Kuta Makmur Kab. Aceh Utara, Naggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, maka setidaknya akan menempuh perjalanan selama 40 menit dari Kota Lhokseumawe, namun apabila berangkat dari Ibukota Aceh Utara maka akan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 15 menit.

Setelah sampai di gerbang air terjun, maka para pengunjung harus menuruni 99 anak tangga sebelum bisa menikmati keindahan alami yang disuguhkan oleh Air Terjun Blang Kolam ini.

Para pengunjung dihimbau untuk selalu waspada ketika menuruni anak tangga karena sebagian anak tangga telah rusak dan juga ditumbuhi oleh lumut sehingga membuatnya menjadi licin.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Blang Kolam

Untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan, para pengunjung diminta untuk membayar sebesar Rp 5.000 untuk HTM, kemudian apabila membawa kendaraan maka diharuskan membayar parkir. Untuk roda dua sebesar Rp 5.000 dan untuk roda empat sebesar Rp 10.000.

Berbagai fasilitas sudah disediakan di Air Terjun Blang Kolam ini, seperti musholla, kamar mandi, dan warung.

Sekian informasi terkait Air Terjun Blang Kolam, semoga bermanfaat bagi kamu.

Leave a Reply