Air Terjun, Alam, Desa Wisata, Harga Tiket

Pesona Air Terjun Kedung Kandang Yogyakarta

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang-sumber: Jogjapost.com

Air Terjun Kedung Kandang – Yogyakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan dari masyarakatnya sendiri maupun dari berbagai daerah bahkan wisatawan asing pun tak segan untuk berkunjung ke sini.

Salah satu tempat wisata alam yang patut untuk dikunjungi adalah wisata air terjun unik yaitu air terjun Kedung Kandang. Air terjun Kedung Kandang ini terletak di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Yang membuat air terjun ini tampak unik karena memiliki enam tingkatan.

Kalian juga bisa menaiki tingkatan tersebut tanpa khawatir karena struktur bebatuannya yang rendah dan airnya yang tidak terlalu deras. Meskipun kalian harus tetap berhati-hati saat menaiki setiap tingkatan bebatuan di air terjun tersebut karena bisa saja licin dan terpeleset.

Pesona Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun Kedung Kandang ini juga memiliki 3 kedung yang punya nama berbeda yaitu Kedung Temanten, Kedung Keris, dan Kedung Kandang yang merupakan kedung dengan kubangan air paling luas.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang-sumber: Kompas.com

Tidak hanya air terjun dengan bebatuan bertingkat saja yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata Kedung Kandang ini. Di kawasan tempat wisata air terjun Kedung Kandang ini juga memiliki ciri khas berupa tebing-tebing batu vulkanik. Bebatuan di air terjun Kedung Kandang ini pun memang didominasi dengan batuan vulkanik khas gunung api purba Nglanggeran yang lokasinya juga tidak begitu jauh dengan gunung api purba.

Selain itu ciri khas lain dari tempat wisata di air terjun Kedung Kandang adalah pemandangan hamparan padi atau area persawahan hijau yang sedap dipandang mata. Sudah terbayang bagaimana hawa sejuk dan segar apabila kita berkunjung ke air terjun Kedung Kandang. Kemudian jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen di tempat ini dengan berswafoto baik bersama teman ataupun mungkin dengan keluarga.

Air Terjun Kedung Kandang

Pesawahan di Air Terjun Kedung Kandang-sumber: Piknikasik.com

Di air terjun Kedung Kandang terdapat larangan bagi pengunjung agar tidak mandi atau turun ke kedung tersebut. Air terjun Kedung Kandang ini sebetulnya belum dikelola secara resmi oleh Pemerintah setempat dan hanya dikelola oleh warga sekitar saja.

Oleh karena itu tidak heran, jika tempat wisata air terjun Kedung Kandang ini bisa dibilang tempat wisata musiman. Di tempat wisata ini juga belum terdapat banyak fasilitas, jadi kalau berkunjung ke sini sebaiknya membawa bekal agar bisa dinikmati dan tidak kelaparan.

Apabila kalian ingin berkunjung ke air terjun Kedung Kandang ini sebaiknya di musim penghujan pada saat debet airnya banyak dan deras. Namun, jika kalian berkunjung ke tempat ini pada musim kemarau, bisa saja kedungnya kering dan tidak ada airnya sama sekali. Jadi, percuma sudah jauh-jauh datang, tetapi tidak bisa melihat keindahan air terjun dengan debet air yang mengalir deras.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Untuk bisa berkunjung di tempat wisata ini kalian harus membayar harga tiket masuk sebesar 8000 rupiah dan terbilang cukup terjangkau. Kemudian ada biaya parkir sebesar 2000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang ini berada di kawasan Gunung Api Purba dan berdekatan dengan tujuan wisata lainnya. Tepatnya berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang-sumber: Jogjapost.com

Rute menuju ke lokasi air terjun Kedung Kandang yang berada di kawasan Gunungkidul ini cukup baik, meskipun terdapat jalanan yang berupa tanah di 100 meter sebelum menuju ke tempat parkir. Kemudian kalian juga akan menemui tanjakan ketika melewati pertigaan piyungan menuju Kecamatan Patuk.

Baca juga ya : Inilah tempat wisata baru di Jogja, Lava Bantal  Unik dan ngehits

Jika kalian dari arah kota Yogyakarta harus melewati perjalanan menuju Jalan Jogja-Wonosari hingga pertigaan Piyungan kemudian lurus menuju arah Kecamatan Patuk. Sampai di persimpangan Koramil Patuk atau persimpangan Pusat Informasi Pariwisata Patuk kalian belok ke kiri kemudian mengikuti jalan hingga menjumpai jembatan kemudian belok ke arah kanan.

Jarak dari kota Jogja menuju ke tempat wisata air terjun Kedung Kandang ini kurang lebih sekitar 25 kilometer. Apabila kalian berkunjung dengan menggunakan fasilitas motor akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 55 menit dari kota Jogja.

 

Sumber: alodiatour, pesona.travel.com

Leave a Reply