Air Terjun, Alam, Bukit, Desa Wisata, Gua, Gunung, Harga Tiket

Eksotika Sumber Air Panas di Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan - akhmad taufik

Air Terjun Blawan Bondowoso – Kota Bondowoso tak hentinya membuat kagum akan potensi wisata alamnya. Setelah terkenal dengan Air Terjun Nigara Mini-nya, di lokasi yang berdekatan ada wisata serupa bernama Air Terjun Blawan. Air terjun ini merupakan hilir dari sungai pahit yang berupa rembesan berasal dari kawah air terjun.

Eksotika Sumber Air Panas di Air Terjun Blawan Bondowoso 1

Eksotika Air Terjun Blawan. Google Maps: Mbahmbong

Kawah air terjun Blawan Bondowoso ini mengandung zat belerang serta dikeliling oleh tumbuhan macadamia. Sejenis tumbuhan kacang-kacangan yang tersebar di Australia Timur dan Sulawesi. Daya tarik utama dari Air Terjun Blawan ini adalah pemandangan yang menakjubkan dengan derasnya debit air disertai suaranya yang bergemuruh.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Blawan Bondowoso

Eksotika yang disajikan Air Terjun Blawan rupanya bisa dinikmati wisatawan dengan harga yang sangat terjangkau, Tiap orang hanya dikenakan Rp 2.000,- sedangkan biaya parkirnya yang sedikit lebih tinggi. Kendaraan roda dua Rp 5.000,- sedangkan untuk mobil Rp 10.000,-.

Selain itu pihak pengelola juga menyediakan tempat bagi wisatawan yang ingin bermalam. Penginapan tersebut berada di daerah Kalisat dengan kisaran harga mulai Rp 200.000,- tiap malamnya. Jam operasional tempat wisata ini mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Daerah Petilasan Damar Wulan

Hampir setiap wisata alam di Indonesia selalu memiliki cerita dan legenda masing-masing, termasuk Air Terjun Blawan. Nama lain dari air terjun ini adalah Air Terjun Damar Wulan, berasal dari nama tokoh legenda dari Pulau Jawa. Diceritakan dalam sebuah perjalanannya, Damar Wulan ini pernah mandi di sebuah bendungan yang tak jauh dari Air Terjun Blawan.

Air Terjun Blawan

Petilasan Damar Wulan di Air Terjun Blawan . Ala Mas Edy

Wisatawan yang datang pun diperbolehkan untuk melihat maupun membasuh mukanya di bendungan tersebut. Karena airnya berasal langsung dari sumbernya, tak heran jika masih segar dan bersih. Konon katanya, siapapun yang membasuh mukanya di sana, bisa membuat awet muda. Rasanya hal tersebut harus dibuktikan secara langsung ya.

Berendam di Air Panas Blawan

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Air Terjun Blawan ini mengandung zat belerang, jadi tak heran jika di sana tersedia wisata untuk air panasnya. Sumber aliran airnya ini dari Kawah Ijen dan bermuara di sebuah obyek tambahan di sekitar air terjun. Wisatawan dapat memilih lokasi yang airnya tidak terlalu panas untuk merendam kaki bahkan membasuk muka.

Air Terjun Blawan

Warna Air Terjun Blawan adalah kuning dihasilkan karena belerang. Ala Mas Edy

Seperti yang diketahui banyak orang bahwa air belerang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Jangan mengharapkan tampilan warna air di sini bening, karena kandungan belerangnya mengubah air menjadi warna kuning. Hal yang patut diperhatikam saat mengunjung tempat wisata ini adalah selalu berhati-hati, sebab tebing-tebing yang ada di sana rawan longsor, dan sesekali waktu ditutup. Itulah sebabnya, Air Terjun Blawan hanya bisa dinikmati dari satu sisi sebelah kanan, karena bagian depan dan kirinya adalah tebing.

Baca Juga:

Rute dan Lokasi Air Terjun Blawan

Lokasi dan alamat lengkap Air Terjun Blawan ini berada di Dusun Rengaherjo, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kode Pos: 68288. Wisatawan tidak perlu bingung mengenai akses kendaraannya, karena cukup banyak kendaraan pribadi dan umum mangarah ke lokasi tersebut. Dari pusat kota Bondowoso ke lokasi air terjun sekitar 57 km.

Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan – akhmad taufik

Jarak tempuh yang diperlukan sekitar dua jam, bisa menggunakan kendaraan umum dari Bondowoso ke Blawan. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan ojek, setelah sampai di obyek wisata wisatawan masih harus melanjutkan dengan berjalan kaki.

Perjalanan melalui tangga sekitar lima menit dengan medan berupa dua tebing di sepanjang perjalanan. Setelah melalui perjalanan yang cukup menantang, rasanya akan terbayar lunas dengan keindahan yang ditawarkan.

Leave a Reply