Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata, Gua, Gunung, Harga Tiket, Info Pendakian

Air Terjun Nyarai Padang, Surga Tersembunyi Bagi Petualang di Tanah Sumatra Barat

Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai Layaknya SUrga Tersembunyi Google Maps: Tjarli Suhendra

Air Terjun Nyarai Padang – Pulau Sumatra begitu terkenal akan wisata air terjunnya, salah satu yang begitu eksotik dan menjadi banyak perbincangan adalah Air Terjun Nyarai. Bahkan di tahun 2013 lalu, wisata ini sempat menghebohkan karena kemunculan fotonya di Instagram. Dalam foto itu terdapat sebuah air terjun dengan kolam bening yang dikelilingi pepohonan hijau.

Tak sedikit yang menyebut jika foto di Instagram itu adalah tempat wisata di luar negeri. Namun semua itu terpatahkan saat terdapat tulisan Air Terjun Nyarai di Sumatra Barat sebagai keterangan foto. Bukan hanya lokasinya saja yang menakjubkan, namun pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun juga tak kalah indah.

Terinspirasi dan Persembahan Bagi Para Petualang

Air Terjun Nyarai ini begitu terkenal di kalangan para pecinta alam dan juga petualang. Hal itu tak lepas juga dari ditemukannya tempat ini hingga pada akhirnya bisa dijamah oleh wisatawan. Dibalik lokasi menakjubkan ini terselip satu nama yang cukup memberikan kontribusinya. Sosok tersebut adalah Ritno Kurniawan, alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai Layaknya SUrga Tersembunyi Google Maps: Tjarli Suhendra

Bermula dari niatnya pulang kampung setelah menamatkan kuliah demi membangun kampung halamannya. Kala itu Rito masih kebingungan akan melakukan apa pada tanah kelahirannya tersebut. Sehingga Rito melanjutkan hobi berpetualang yang pada akhirnya menuntun Rito berjumpa dengan Air Terjun Nyarai.

Berbekal informasi keberadaan lokasi dari warga sekitar, Rito nekat berkunjung. Semuanya terbayar lunas saat pertama kali melihat keindahan yang terpampang di hadapannya. Dari situ idenya muncul untuk membuat Nyarai sebagai objek wisata layaknya di Yogyakarta, tempat kuliahnya terdahulu. Usaha demi mengembangkan tanah kelahirannya tersebut tidaklah mudah, terlebih menghadapi masyarakat sekitar.

Sebagian besar masyarakat menolak akibat takut mengganggu pekerjaan utama mereka untuk mencari kayu. Selain itu masyarakat setempat tidak begitu berkenan untuk menerima orang baru, hingga pada akhirnya Rito mulai mendekati tokoh berpengaruh di sana. Rupanya ide tersebut diterima dengan baik dan Rito pun memulai aksinya.

Melibatkan para masyarakat sekitar yang nantinya akan diberdayakan sebagai pemandu wisata maupun pengelola lokasi wisata. Selama tiga bulan masyarakat diwajibkan mengikuti pembekalan, dan setelah dirasa cukup mereka akan langsung terjun sebagai pemandu wisata. Setelah gebrakan yang dilakukan Rito Kurniawan, Air Terjun Nyarai pun semakin populer setiap tahunnya, bahkan di tahun 2014 objek wisata ini telah dikunjungi sekitar 8.000 pengunjung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nyarai

Demi menikmati keindahan Air Terjun setinggi 8 meter itu, wisatawan tidak perlu merogoh kocek dalam. Hanya dengan Rp 20.000,- wisatawan bisa masuk, harga tersebut sudah termasuk biaya parkir, kemanan, kebersihan hingga pemandu wisatanya. Namun ada beberapa wahana di dalam yang harganya terpisah dari tiket masuk yaitu tracking sebesar Rp 20.000 dan camping Rp 40.000,-

Mengenai jam operasional di lokasi wisata ini adalah 24 jam non stop. Meskipun demikian, wisatawan tetap harus waspada dan hati-hati mengingat lokasinya yang berada di tengah hutan.

Kolam Renang dan Kolam Ikan

Destinasi yang paling diincar ketika mengunjungi wisata air tentu saja menikmati kesegarannya, hal itu bisa dinikmati di Air Terjun Nyarai. Tepat di tengah-tengah terdapat kolam dengan air yang begitu jernih dan dingin. Dasar dari kolam tersebut berwarna kehijauan, sehingga dari kejauhan orang akan berpikir airnya pun berwarna serupa.

Air Terjun Nyarai Padang, Surga Tersembunyi Bagi Petualang di Tanah Sumatra Barat 1

Kolam Renang di Air Terjun Nyarai

Banyak wisatawan yang tak ingin melewatkan pengalaman untuk sekedar berendam dalam kolam tersebut. Sebagian lagi menikmati keindahan dalam airnya dengan berenang dan bersenang dengan orang-orang tersayang. Namun, bagi pecinta tantangan berenang saja tidaklah cukup. Mereka akan rela menaiki tebing untuk terjun bebas kemudian berenang di kolam tersebut.

Bagi yang tidak ingin berenang bisa juga menikmati hari dengan memancing. Jika tidak sabar menanti terlalu lama, wisatawan bisa menangkap langsung menggunakan pisau tombak. Banyak yang penasaran sebab terdapat ikan khas tempat tersebut yang jarang dijumpai di daerah lain.

Baca Juga:

Fasilitas Lengkap

Rito Kurniawan sebagai penggagas tempat ini rupanya telah memprediksikan bagaimana ramainya Air Terjun Nyarai di kemudian hari. Sehingga dia pun juga telah memersiapkan segalanya dengan matang. Termasuk segala fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh para wisatawan.

Salah satu yang paling dicari adalah toilet untuk membersihkan diri maupun ganti baju bagi yang ingin berenang. Meskipun terkesan sederhana, namun wisatawan merasa ini sudah cukup. Selain itu ada juga mushala bagi umat muslim untuk menunaikan kewajibannya. Seperti yang kita tahu, untuk berwisata seperti ini tentu tidak akan cukup hanya dalam waktu satu atau dua jam saja.

Fasilitas lainnya yang tak kalah penting dan begitu dicari banyak orang adalah warung. Meskipun tidak besar, namun warung-warung itu menyediakan berbagai makanan kecil untuk pendamping makanan utama para wisatawan.

Rute dan Lokasi Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai ini berada di Pulau Sumatra tepatnya Sumatra Barat yaitu di kota Padang. Dari kota Padang masih harus menempuh perjalanan sekitar satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Lokasinya agak terpelosok dan untuk masuk ke dalam membutuhkan waktu sekitar tiga jam hiking dari mulut Hutan Gumaran. Perjalanannya memang cukup berat itu;ah sebabnya lokasi ini begitu cocok untuk para petualang sejati.

Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai – foto Henkqie Anantha

Bagi pemula tidak perlu khawatir karena akan ada tim adventure yang mengawal perjalanan wisatawan. Selain melewati hutan dan sawah tim adventure memberikan waktu beristirahat sebelum melewati sungai. Selama perjalanan banyak sekali spot menarik yang saying untuk dilewatkan seperti goa, bendungan dan beberapa bebatuan dengan bentuk yang unik.

Lokasinya sendiri tepat di nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat.

 

Leave a Reply